BibTex Citation Data :
@article{JTP43246, author = {Lantip Hamdani}, title = {Analisa Pengaruh Flettner Rotor Terhadap Hambatan Total Kapal Tanker 6500 DWT Dengan Metode CFD}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {12}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {Flettner Rotor; Hambatan Total Kapal; Magnus Effect; Thrust}, abstract = { Wind energy adalah teknologi yang memiliki potensi jangka panjang karena menerapkan green house gas (GSG) dalam menurunkan gas emisi seperti semua sector transportasi, industri perkapalan juga fokus dalam pengurangan gas emisi. Contoh inovasi dalam pengurangan gas emisi adalah pemasangan flettner rotor pada kapal tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan total kapal setelah penambahan flettner rotor pada kapal tanker MT. Kuang 6500 DWT. Variasi pada penelitian ini kecepatan angin 5, 10, dan 20 m/s, perputaran rotasi flettner rotor pada 300, 600, 900 dan 1200 RPM dan ukuran dimensi flettner rotor D = 5 meter H = 15, 20, 25 meter. Hasil analisa menunjukkan drag force dan lift force semakin besar jika kecepatan angin (m/s) dan tinggi flettner rotor. Drag force paling tinggi sebesar 108056 N dan Lift force paling tinggi sebesar 306902 N pada D = 5 meter H = 25 meter kecepatan angin 20 m/s RPM 1200. Hasil analisa menunjukkan thrust semakin besar jika kecepatan angin (m/s) dan tinggi flettner rotor. Pada kecepatan angin 5 dan 10 m/s dapat mengurangi hambatan saat diterapkan, sedangkan kecepatan 20 m/s thrust yang dihasilkan lebih besar daripada hambatan kapal tanpa flettner rotor sehingga kurang cocok jika diterapkan }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/43246} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License