slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisa Penambahan Bulbous Bow pada Kapal Ro-ro Guna Memperkecil Nilai Hambatan Kapal | Hanzallahh | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisa Penambahan Bulbous Bow pada Kapal Ro-ro Guna Memperkecil Nilai Hambatan Kapal

*Muhammad Thareq Fajri Hanzallahh  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Andi Trimulyono  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh (IMO), Emisi rumah kaca yang disebabkan oleh aktivitas perkapalan telah meningkat dari 977 juta ton pada tahun 2012 menjadi 1.076 juta ton pada tahun 2018 salah satu upaya adalah dengan mengurangi hambatan kapal. Hambatan gelombang menunjukan potensi desain yang cukup besar. Perubahan moderat pada rancangan garis dapat mengakibatkan perubahan yang cukup besar dari hambatan gelombang. Salah satu komponen kapal yang dapat didesain untuk mempengaruhi hambatan kapal adalah dengan penambahan bulbous bow. Bulbous bow merupakan suatu bentuk haluan yang dapat mempengaruhi aliran fluida disekitar lambung kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar performa hambatan kapal kebutuhan daya mesin yang ketika kapal ditambahkan bulbous bow. Variasi yang digunakan untuk menghitung hambatan kapal adalah variasi kecepatan, 3,75 knot, 7,5 knot, 11,25 knot, dan 15 knot. Berdasarkan hasil simulasi dengan CFD, Pada kecepatan lebih tinggi pengaruh bulbous lebih terlihat. Kapal dengan bulbous bow tipe V menghasilkan nilai hambatan total paling optimal, sebesar 97,9574 kN dibandingkan dengan kapal tanpa bulbous bow sebesar 114,4592 kN. Nilai hambatan yang rendah maka daya mesin yang dibutuhkan pada kapal dengan bulbous bow tipe V adalah sebesar 1692,51 HP dan membutuhkan penggunaan bahan bakar sebesar 21,99 ton pada jarak pelayaran 1000 Nm.
Fulltext View|Download
  1. J. Faber, S. Hanayama, S. Zhang and etc, "Forth IMO GHG Study 2020," International Maritime Organization (IMO), London, UK, 2021
  2. M. E. P. C. (MPEC), "Resolution MPEC.304(72) Initial IMO Strategy on Reduction of GHG Emissions From Ship," International Maritime Organization , London , 2018
  3. Bertram dan Volker, Practical Ship Hydrodynamics, Oxford: Elsevier Ltd., 2012
  4. Hochkirch, Karsten, Betram dan Volker, "Options for Fuel Saving for Ships," DNVGL, New York, 2010
  5. T. G. Tran, C. V. Huynh dan H. C. Kim, “Optimal Design Method of Bulbous Bow for Fishing Vessel,” International Jurnal of Naval Architecture and Ocean Engineering, pp. 858-876, 2021
  6. M. Raju, P. Sivabalan, T. Thamby dan B. saravanan, “Effect of Bulbous Bow on Resistance of a Tuna Longliner,” Intenational Journal of Advanced Research in Engineering and Technology (IJARET), vol. 11, no. 2020, pp. 136-145, 2020
  7. H. Díaz-Ojeda, F. Pérez-Arribas dan S. R. Turnock, “The influence of dihedral bulbous bows on the resistance of small fishing,” Ocean Engineering, vol. 281, no. April 2023, pp. 1-12, 2023
  8. B. N. Haksa, E. H. Sasmito dan M. Iqbal, “Analisa Penambahan Bulbous Bow Pada Kapal Perintis 750 DWT Guna Mengurangi Efek Slaming,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 05, no. 01, pp. 253-261, 2017
  9. P. W. Putra, H. Poernomo dan B. D. Alfanda, “Analisis Pengaruh Bulbous Bow Tipe Δ, O, V Terhadap Hambatan Kapal, Konsumsi Bahan Bakar, Dan Rotasi Per Menit Motor Pada Kapal Dengan LPP 160,7 M,” Conference on Marine Engineering and its Application, vol. 3, no. 1, 2020
  10. G. Watson dan David, Practical Ship Design, Scotland: Elsevier, 1998
  11. M. Kracht dan Alfred, “Design of Bulbous Bow,” Transactions SNAME, 1978
  12. V. Lewis dan Edward, Principles of Naval Architecture Second Revision, Jersey City: The Society of Naval Architects and Marine Engineers, 1988
  13. Djatmiko, Kasih dan Perlambang, “Analisa Pengaruh Penerapan Bulbous Bow Terhadap Pemakaian Bahan Bakar Pada Kapal Trawler Vessel di Perairan Laut Arafura,” Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, 2016
  14. R. Undap dan F. Arif, “The Effect of Trim On Tanker, Container, and Bulk Carrier Ship Toward The Reduction of Ship's Exhaust Gas Emission,” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, vol. 18, no. 2, pp. 58-68, 2021
  15. J. D. Anderson, Computational Fluid Dynamics The Basics with Applications, New York: McGraw-Hill, Inc, 1995

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.