skip to main content

Perancangan Kapal Container 4000 TEU Untuk Rute Jakarta – Shanghai

*Muhammad Affan Abizar  -  Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sarjito Jokosisworo  -  Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Dibutuhkan pengangkutan muatan kargo melalui transportasi laut sebagai konektivitas antar pulau dan juga mendorong pertumbuhan perekonomian global. Kapal container yang akan dirancang untuk menunjang proses distribusi muatan dari Jakarta Shanghai akan memperhitungkan ukuran utama, rencana garis, rencana umum, analisa hambatan kapal, stabilitas kapal dan hidrostatis kapal. Metode perancangan kapal container tersebut memerlukan kapal pembanding sebagai acuannya. Tujuan penelitian tersebut ialah untuk merancang kapal container yang dimana perancangan tersebut memudahkan dalam pengiriman pada muatan barang melalui jalur laut dan data yang didapatkan sesuai dalam kriteria di perairan wilayah Jakarta Shanghai. Pada perancangan kapal ini perancang menggunakan metode perbandingan untuk mendapatkan ukuran utama kapal, menggunakan aplikasi Maxsurf sebagai pemodelan dan sebagai analisa karakteristik dari kapal tersebut. Ukuran utama kapal didapatkan yaitu Lpp = 175,41 m, B = 27,67 m, H = 17,19 m, T = 11,34 m, Vs = 13,90 knot, dengan displacement 44352 ton dan Cb = 0,78

 

Fulltext View|Download
Keywords: : Container, 4000 TEU, Rencana Umum, Stabilitas Kapal, Hambatan Kapal
  1. Surjana I Gede Pasek, 2004, “Sistem Angkutan Container,”
  2. Santosa, I Gusti Made, 1999, Diktat Kuliah Perencanaan Kapal. ITS Surabaya
  3. Wignar, D. (2021). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Lama Waktu Tunggu (Dwelling Time) Bongkar Muat Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Studi Pada Pt. Pelabuhan Indonesia Iii Persero Surabaya). Skripsi
  4. Nainggolan, S. Rikardo, “Perancangan Kapal Container 120 Teu Untuk Rute Pelayaran Tanjung Mas - Tanjung Pinang,” Kapal, Vol. 5, No. 4, Pp. 1 - 2, 2017
  5. Kamilia, A. (2018). Pembangunan Model Prediksi Container Throughput Volume Dengan Mempertimbangkan Indikator Ekonomi Menggunakan Artificial Neural Network (Studi Kasus: Terminal Petikemas Semarang, Indonesia)
  6. Hutapea, T. (2019). Analisis Kinerja Dan Produktivitas Bongkar Muat Peti Kemas Pada Pt. Pelabuhan Indonesia I Cabang Belawan
  7. Pratama, Y. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Pengurusan Transportasi (Jpt) Pt. Pelabuhan Wapnor Biak (Doctoral Dissertation, Iisip Yapis Biak)
  8. Maulidi, R., & Suryani, E. (2015). Perencanaan Kapasitas Terminal General Cargo Dengan Pendekatan Sistem Dinamik. Sisfo, 5
  9. Supriyono, S. (2010). Analisis Kinerja Terminal Petikemas Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Studi Kasus Di Pt. Terminal Petikemas Surabaya) (Doctoral Dissertation, Universitas Diponegoro)
  10. Yulianto, A., Purnaningratri, I., & Purwaningsih, I. (2021). Efektivitas Penerapan Port Waste Management System Pada Inaportnet Terhadap Pelaporan Data Limbah Di Atas Kapal Di Pelabuhan Tanjung Priok. Journal Marine Inside, 1-13
  11. Tegela, S., Lumumba, P., & Noor, S. M. (2011). Suatu Analisis Tentang China-India (Chindia) Sebagai Negara Maju Di Kawasan Asia (Doctoral Dissertation)
  12. Pedrason, R. P. R. (2021). Belt And Road Initiative Peluang Dan Tantangan. Jakad Media Publishing
  13. Djamaluddin, A. (2023). Perencanaan Pelabuhan Dan Terminal Petikemas. Nas Media Pustaka
  14. Gaidai, O. , Sheng, J. , Cao, Y. (2024) Urban, Planning And Transport Research
  15. Karso, A. J. (2021). Implementasi Kebijakan Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Sebagai Kepala Pemerintahan Di Pelabuhan Guna Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik Secara Profesional Dan Akuntabel Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Lingkungan Kepelabuhanan. Penerbit Insania
  16. Hakim, L. (2016). Penentuan Rute Pelayaran Terbaik Untuk Mendukung Program Tol Laut NKRI (Studi Kasus: Rute Pelayaran Pelabuhan Belawan Menuju Pelabuhan Tanjung Priok). Jurnal Geografi Gea, 16(2), 160-168
  17. Lewis, Edward V, (1989), “Motion In Waves and Controllability”, Principles of Naval Architecture Volume III Second Revision, The Society of Naval Architects and Marine Engineers, USA

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.