skip to main content

Analisa Perubahan Material Kayu ke Fibreglass Terhadap Performa Kapal Tradisional Tipe Sopek di Daerah Tambak Lorok

*Vidya Karima Afidha  -  Department of naval architecture engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Wilma Amiruddin scopus  -  Department of naval architecture engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki scopus  -  Department of naval architecture engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kapal ikan Tambak Lorok dibuat dengan material kayu yang saat ini mulai terbatas keberadaannya di alam. Tujuan penelitian ini adalah memodifikasi material pembuat kapal ikan kayu menjadi fibreglass dengan tetap mempertahankan nilai L, B, dan H kapal ikan Tambak Lorok. Modifikasi yang diarahkan  dalam bentuk dua variasi lambung kapal yaitu kapal Hard Chine dan Round Bottom. Hasil modifikasi tersebut akan dianalisa untuk mengetahui performa stabilitas dengan kriteria IMO dan olah gerak menggunkanan ktiteria Tello.  Modifikasi kapal fiberglass memiliki berat lebih ringan 44% sebesar 0,285 ton. Pengujian kapal ikan Tambak Lorok pada kriteria nilai maksimal GZ pada θ ≥ 30o didapat  hasil terendah sebesar 0,182m pada saat kondisi pembebanan II dan  IV , kriteria tinggi minimal GMt  didapatkan nilai terendah sebesar 0,299m. Kinerja olah gerak kapal Hard Chine lebih baik daripada kapal Round Bottom. Parameter RMS of pitch diperoleh 2,11o pada sudut 180o  dan pada parameter RMS of roll diperoleh 4,57o, sedangkan kapal ikan Tambak Lorok pada paremeter RMS of pitch diperoleh 2,600 pada sudut 1800 dan nilai parameter RMS of roll diperoleh 5,810 pada sudut 900.

Fulltext View|Download
Keywords: Stabilitas; Olah Gerak; Kayu; fFberglass
  1. K. Karyanto, D. Darmawan, and T. W. Nurani, "Kajian pasokan dan kebutuhan kayu untuk pembuatan kapal di Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah," J. Ilmu Dan Teknol. Perikan. Tangkap, vol. 5, no. 2, pp. 54-56, 2020
  2. H. G. Saputra, "Analisis Perbedaan Nilai Hambatan Redesain Kapal Kayu Tambak Lorok Menjadi Kapal Fiberglass" Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 10, no. 4, pp. 41-47, 2022
  3. K. Kiryanto, “Analisa Teknis Stabilitas Dan Olah Gerak Kapal Patrol Speed Boat ‘Grass Carp’ Di Perairan Rawa Pening Jawa Tengah,” Kapal, vol. 7, no. 2, 2010
  4. M. R. Dariansyah, B. H. iskandar, & Y. Nopita, “Bentuk Kasko dan Pengaruhnya Terhadap Stabilitas dan Area Putar Kapal,” Repository IPB, vol. X, no. 3, pp. 6- 17, 2020
  5. A. P. Antika, “Analisa Perbandingan Ekonomis Pada kapal Ikan FRP KM. BBPI-3 Mesin Inboard Dengan Kapal Tradisional Mesin Outboard Longtail” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 8, no. 3, pp. 375-381, 2020
  6. A. Fadillah, "Stabilitas, Hambatan dan Olah Gerak Kapal Ikan Multi Purpose Net/Line Hauler 20 GT Berdasarkan Kajian Ukuran dan Bentuk Kasko Kapal" Marie Fidheries: Jurnal Teknologi dan Manajemen Perikanan Laut. vol. 10, no. 02, 2019
  7. FAO, ILO, and IMO, Safety Recommendations for Decked Fishing Vessels of Less than 12 metres in Length and Undecked Fishing Vessels. Rome, 2012
  8. M. Tello, S. Ribeiro E Silva, and C. Guedes Soares, “Seakeeping Performance of Fishing Vessels in Irregular Waves,” Ocean Eng., vol. 38, no. 5–6, pp. 763–773, 2011
  9. E. V Lewis, Principles of Naval Architecture Second Revision Volume I Stability and Strength, Second rev., vol. I. New Jersey: The Society of Naval Architects and Marine Engineers, 1988
  10. International Maritime Organization, “International Code On Intact Stability,” 2008
  11. World Meteorological Organization, Guide to Meteorological Instruments and Methods of Observation, Seventh ed., no. 8. Geneva: World Meteorological Organization, 2008
  12. K. Hasselmann, T. P. Barnett, E. Bouws, H.Carlson, D. E. Cartwright, K. Enke, J. A. Ewing, H. Gienapp, D. E. Hasselmann, P. Kruseman, A. Meerburg, P. Muller, D. J. Olbers, K. Richter, W. Sell, H. Walden, Measurements of Wind-Wave Growth and Swell Decay during the Joint North Sea Wave Project (JONSWAP). Hamburg: Deutsches Hydrographisches Institut, 1973
  13. A. Prasetyo, "Tinjauan Stabilitas dan Olah Gerak Hasil Modifikasi Kapal Ikan Tambak Lorok Bermaterial Kayu Menjadi Fiberglass Dengan Nilai DWT Tetap" Jurnal Teknik Perkapalan. vol. 11, no. 1, pp. 79-89, 2023

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.