skip to main content

Optimalisasi Penjadwalan Ulang Perbaikan Kapal Hiu Macan Tutul 02 dengan Menggunakan Metode CPM

*Iqbal Fuady Zanri  -  Department of Naval Architecture , Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Department of Naval Architecture , Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Department of Naval Architecture , Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pekerjaan industri galangan kapal cenderung memiliki realisasi yang berbeda dengan perencaan yang telah di rencanakan, termasuk dalam penjadwalan repair kapal di sebuah galangan. Untuk itu kita membutuhkan metode yang dapat mengoptimalkan perencanaan dalam proyek pekerjaan galangan kapal. Metode network planning atau network diagram digunakan untuk memperoleh critical path method atau jalur kritis dari pekerjaan tersebut. Metode network planning merupakan metode yanag digunakan untuk menentukan perencanaan jaringan kerja, dari jaringan kerja tersebut nantinya dapat di ketahui mana yang termasuk pekerjaan pada jalur kritis. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendapatkan jalur kritis dari pekerjaan yang telah di breakdown dan mendapatkan percepatan tenaga kerja, alokasi sumber daya serta biaya yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Metode ini digunakan untuk mendapatkan optimalisasi dalam penjadwalan ulang reparasi kapal hiu macan tutul 02 dengan menggunakan metode CPM dibantu dengan microsoft project.Pada pengerjaan pegecatan superstructure area memiliki pengerjaan selama 9 hari, sedangkan setelah crashing di lakukan dihasilkan pengerjaan selama 5 hari. Perhitungan proses produktivitas pekerjaan difokuskan pada pengecatan superstructure area, karena pekerjaan tersebut memiliki satuan yang tetap dan jelas (m2). Untuk hasil penelitian pada produktivitas didapatkan hasil sebesar 16,29 m2/orang dalam satu hari dan biaya produktivitas sebesar Rp. 7.977  m2/orang. Setelah dilakukan pemerataan dengan penambahan total  pekerja, didapatkan pendistribusian yang merata pada setiap tenaga kerja. Sedangkan untuk  produktivitasnya menurun menjadi 14,67 m2/orang perhari, hal ini dikarenakan jumlah pekerja ditambah sebanyak 3 orang. Untuk biaya produktivitasnya naik menjadi Rp. 8.863 m2/orang.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Data Analysis
Optimalisasi Penjadwalan Ulang Perbaikan Kapal Hiu Macan Tutul 02 dengan Menggunakan Metode CPM
Subject Network Planning, Critical Path Method, Levelling
Type Data Analysis
  Download (1MB)    Indexing metadata
 Research Results
Optimalisasi Penjadwalan Ulang Perbaikan Kapal Hiu Macan Tutul 02 dengan Menggunakan Metode CPM
Subject
Type Research Results
  Download (405KB)    Indexing metadata
  1. B. Setiani, “Prinsip-Prinsip Manajemen Pengelolaan,” J. Ilm. WIDYA, vol. 3, no 2, pp. 243-245 2015
  2. S. JOSHI and G. S. MOHAPATRA, “CONSTRUCTION DELAY FACTORS IN DEVELOPED COUNTRIES”, vol 10, no 3, pp 2278-4632, 2020
  3. S. Peng, “Studies on the Common Problems and Countermeasures of Cost Control Management of Construction Projects in China,” in Proceedings of the 5th International Conference on Economic Management and Green Development, vol 2 no 8, pp. 319–323, 2022
  4. W. Agyei, “Project Planning And Scheduling Using PERT And CPM Techniques With Linear Programming: Case Study,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 4, pp 123-141, 2015
  5. G. Vernoval, S. Jokosisworo, and berlian arswendo Adietya, “Analisis Network Planning Reparasi Kapal SPB TITAN 70 Dengan Metode Critical Path Method,” Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 2, pp 12-14 2019
  6. R. A. Richards, 2012 “Reduced Project Duration & Improved Critical Resource Determination via Intelligent Scheduling: Navy and Other Applications,”, USA, SNAME Maritime Convention
  7. S. W. Sriningsih and U. Wiwi, “Analisa Network Planning Reparasi KM Berlin Nakroma dengan Metode Cpm Untuk Mengantisipasi Keterlambatan Penyelesaian Reparasi Kapal di PT . Dok dan Perkapalan Surabaya,” J. Tek. Mesin, vol. 4, no. 2, pp 4-6, 2016
  8. Y. T. Andhani, I. P. Mulyatno, and A. W. B. Santosa, “Reschedule Reparasi Kapal KN. KUMBA 470 DWT Dengan Critical Path Method Di Galangan Semarang,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 3, pp 4-5, 2020
  9. M. Hariri and B. Danouj, “LEAN CONSTRUCTION: TOWARDS A DEVELOPED APPROACH OF CONSTRUCTION PROJECT MANAGEMENT”. vol 11, no 11, pp 0976-6480, 2020
  10. S. H. Kim, MANAJEMEN PROYEK (Dari Konseptual sampai Operasional). vol 2, no 3, pp 231-233, 2012
  11. A. Zuhriyah and W. Oetomo, “ANALISIS PERCEPATAN WAKTU DENGAN METODE FAST TRACK DAN CRASHING PADA PROYEK PT GRAYNENDA PUTRA KARYA,” J. Kacapuri J. Keilmuan Tek. Sipil, vol. 5, no. 1, pp. 341–350, 2022
  12. M. F. Fakhrija, I. P. Mulyatno, and A. F. Zakki, “Studi Penjadwalan Ulang Pekerjaan Reparasi Pada Kapal MT. Asumi XXVI Dengan Network Planning Dan Critical Path Method,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 3, pp. 435–442, 2020
  13. E. DARMANIARA, “ANALISA PENJADWALAN ULANG PADA PEKERJAAN KOMPONEN BENDUNG (INTAKE) DELI SERDANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERT PADA APLIKASI MICROSOFT PROJECT 2016,” vol 2, no 1, pp 12-18, 2022

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.