BibTex Citation Data :
@article{JTP37225, author = {Artha Putra and Ari Wibawa Santosa and Untung Budiarto}, title = {Analisa Kekuatan Modifikasi Bracket Pada Ruang Muat Kapal Tanker 6500 DWT Akibat Internal Load Berbasis Finite Element Analysis (FEA)}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {11}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {CSR; FEA; Kapal Tanker; Fatigue}, abstract = { Kapal merupakan moda transportasi laut yang paling sering digunakan, baik sebagai angkutan manusia maupun angkutan barang. Selain sebagai sarana angkutan laut, kapal juga digunakan seb a gai sarana rekreasi atau pariwisata. Namun, berdasarkan investigasi KNKT angka kecelakaan kapal masih tinggi. Beberapa kecelakaan kapal terjadi karena adanya faktor kelelahan (fatigue) pada struktur. Oleh karena itu diperlukan adanya perhitungan umur kelelahan pada kapal, salah satunya menggunakan acuan Common Structural Rules (CSR) yang berbasis Finite Element Analysis (FEA). Analisa Fatigue dilakukan pada daerah midship kapal akibat pengaruh dari beban internal (static & dynamic liquid pressure), beban external (hydrostatic & hydrodynamic pressure) dan Pressure Sloshing yang mana beban tersebut dihitung berdasarkan rumus yang ada pada Common Structural Rules (CSR). Penelitian ini dilakukan pada kapal Tanker dengan mengaplikasikan 2 variasi geometri ( solid dan berlubang ). Proses Analisa dalam penelitian ini dibantu oleh software design berbasis NURB dan software Analisa berbasis FEA. Tegangan terbesar untuk kondisi solid yaitu 51.2729 MPa. Kondisi berlubang , yaitu 51.2753 MPa . Hasil perhitungan fatigue dari masing - masing load case adalah 67.07984 tahun dan 67.08034 tahun }, pages = {60--71} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/37225} }
Refworks Citation Data :
Kapal merupakan moda transportasi laut yang paling sering digunakan, baik sebagai angkutan manusia maupun angkutan barang. Selain sebagai sarana angkutan laut, kapal juga digunakan sebagai sarana rekreasi atau pariwisata. Namun, berdasarkan investigasi KNKT angka kecelakaan kapal masih tinggi. Beberapa kecelakaan kapal terjadi karena adanya faktor kelelahan (fatigue) pada struktur. Oleh karena itu diperlukan adanya perhitungan umur kelelahan pada kapal, salah satunya menggunakan acuan Common Structural Rules (CSR) yang berbasis Finite Element Analysis (FEA). Analisa Fatigue dilakukan pada daerah midship kapal akibat pengaruh dari beban internal (static & dynamic liquid pressure), beban external (hydrostatic & hydrodynamic pressure) dan Pressure Sloshing yang mana beban tersebut dihitung berdasarkan rumus yang ada pada Common Structural Rules (CSR). Penelitian ini dilakukan pada kapal Tanker dengan mengaplikasikan 2 variasi geometri (solid dan berlubang). Proses Analisa dalam penelitian ini dibantu oleh software design berbasis NURB dan software Analisa berbasis FEA. Tegangan terbesar untuk kondisi solid yaitu 51.2729 MPa. Kondisi berlubang, yaitu 51.2753 MPa. Hasil perhitungan fatigue dari masing-masing load case adalah 67.07984 tahun dan 67.08034 tahun
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License