skip to main content

Analisa Kekuatan Modifikasi Bracket Pada Ruang Muat Kapal Tanker 6500 DWT Akibat Internal Load Berbasis Finite Element Analysis (FEA)

*Artha Deri Putra  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Untung Budiarto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kapal merupakan moda transportasi laut yang paling sering digunakan, baik sebagai angkutan manusia maupun angkutan barang. Selain sebagai sarana angkutan laut, kapal juga digunakan sebagai sarana rekreasi atau pariwisata. Namun, berdasarkan investigasi KNKT angka kecelakaan kapal masih tinggi. Beberapa kecelakaan kapal terjadi karena adanya faktor kelelahan (fatigue) pada struktur. Oleh karena itu diperlukan adanya perhitungan umur kelelahan pada kapal, salah satunya menggunakan acuan Common Structural Rules (CSR) yang berbasis Finite Element Analysis (FEA). Analisa Fatigue dilakukan pada daerah midship kapal akibat pengaruh dari beban internal (static & dynamic liquid pressure), beban external (hydrostatic & hydrodynamic pressure) dan Pressure Sloshing yang mana beban tersebut dihitung berdasarkan rumus yang ada pada Common Structural Rules (CSR). Penelitian ini dilakukan pada kapal Tanker dengan mengaplikasikan 2 variasi geometri (solid dan berlubang). Proses Analisa dalam penelitian ini dibantu oleh software design berbasis NURB dan software Analisa berbasis FEA. Tegangan terbesar untuk kondisi solid yaitu 51.2729 MPa. Kondisi berlubang, yaitu 51.2753 MPa. Hasil perhitungan fatigue dari masing-masing load case adalah 67.07984 tahun dan 67.08034 tahun


Fulltext View|Download
Keywords: CSR; FEA; Kapal Tanker; Fatigue
  1. S. Hasugian, A. A. I. S. Wahyuni, and M. Rahmawati, “Pemetaan Karakteristik Kecelakaan Kapal di Perairan Indonesia Berdasarkan Investigasi KNKT Mapping of Vessel Accident Characteristics in Indonesia Based on,” 2017
  2. D. Single, H. Ke, D. Hull, D. Metode, and E. Hingga, “Jurnal teknik perkapalan,” vol. 5, no. 1, pp. 79–87, 2017
  3. D. Septiana and A. Imron, “Perkiraan Fatigue Life pada Bracket Kapal Tanker Berdasarkan Common Structural Rules,” vol. 1, no. 1, 2012
  4. G. Costa, “NURBS hyper-surfaces for 3D
  5. topology optimization problems NURBS
  6. Hyper-surfaces for 3D Topology Optimisation Problems,” no. May, 2019, doi: 10.1080/15376494.2019.1582826
  7. M. Okereke and S. Keates, “Finite element applications,” Cham Springer Int. Publ. AG, 2018
  8. S. W. Funke and A. Johansson, “Shape optimization using the finite element method on multiple meshes with nitsche coupling ∗.”
  9. “Rules for bulk carrier and oil tanker 2018,” vol. XVII, 2018
  10. P. M. Kurowski, Finite Element Analysis for Design Engineers.
  11. D. W. T. Menggunakan, M. Simplified, and A. Fatigue, “Analisis Fatigue Life Konstruksi Kapal Tanker Fatigue Analysis,” vol. 8, no. 1, 2019
  12. “Rigid elements.” [Online]. Available: https://abaqus-docs.mit.edu/2017/English/SIMACAEELMRefMap/simaelm-c-rigid.htm.[Accessed: 16-Aug-2020]
  13. A. B. Julie, J. C. Jess, and L. H. James, “Fundamentals of metal fatigue analysis,” Pretice Hall, pp. 178–193, 1990
  14. C. A. Castiglioni and R. Pucinotti, “Failure criteria and cumulative damage models for steel components under cyclic loading,” J. Constr. Steel Res., vol. 65, no. 4, pp. 751–765, 2009, doi: 10.1016/j.jcsr.2008.12.007

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.