slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Reschedule Repair Kapal SPOB Akra 80 dengan Menggunakan Critical Path Method (CPM) | Rohman | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Reschedule Repair Kapal SPOB Akra 80 dengan Menggunakan Critical Path Method (CPM)

*Fatkhur Rohman  -  Department of Naval Architecture, Diponegoro University, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia, 50275, Indonesia
Untung Budiarto  -  Department of Naval Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Muhammad Luqman Hakim  -  Department of Naval Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pada proyek pekerjaan galangan kapal seringkali mengalamai keterlambatan dalam pelaksanannya yang mengakibatkan kerugian pada pihak galangan maupun owner kapal. Metode jalur kritis dan network diagram merupakan metode yang dapat membantu mengoptimalkan proses penyusunan jadwal pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh main schedule, network diagram atau network planning yang lebih optimal, agar diperoleh jalur kritis dan crashing yang dapat diterapkan dari pekerjaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode jalur kritis atau critical path method dalam analisis reschedule repair kapal SPOB Akra 80 yang melakukan perbaikan ulang di galangan kapal dari PT Dok. Bahari Nusantara, Cirebon. Proyek SPOB Akra 80 ini dilakukan selama 20 hari kerja, namun setelah dilakukan crashing pada pekerjaan tertentu dan khususnya pada 2 pekerjaan yang berada dalam jalur kritis, dengan melakukan penambahan tenaga kerja, proyek reparasi ini dapat dikerjakan selama 18 hari kerja, sehingga menghasilkan penurunan biaya keseluruhan pada proyek reparasi sebesar 4,55% dari biaya yang semula Rp. 145.860.000 menjadi Rp. 139.230.000. Dalam perhitungan produktivitas penelitian ini befokus pada pengerjaan pengecatan AF pada bottom area, dengan biaya sebelum crashing Rp. 2.340.000 dan setelah dilakukannya crashing 2 hari tidak terjadi penurunan biaya apapun. Hal ini disebabkan karena pekerjaan yang semula sebanyak 3 hari kerja menjadi 1 hari kerja dengan penambahan tenaga kerja sejumlah 12 orang dikarenakan crashing 2 hari yang telah mengurangi durasi keseluruhan pekerjaan.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Data Analysis
Reschedule Repair Kapal SPOB Akra 80 dengan Menggunakan Critical Path Method (CPM)
Subject Crashing, Critical Path Method, Network Planning
Type Data Analysis
  Download (496KB)    Indexing metadata
  1. J. Heagney, Fundamentals of project management. Amacom, 2016
  2. M. N. Hanioglu, A Cost Based Approach to Project Management: Planning and Controlling Construction Project Costs. Taylor & Francis, 2022
  3. P. Maranresy, B. F. Sompie, and P. Pratasis, “Sistem Pengendalian Waktu Pada Pekerjaan Konstruksi Jalan Raya Dengan Menggunakan Metode CPM,” J. Sipil Statik, vol. 3, no. 1, 2015
  4. A. M. Aliyu, “Project management using critical path method (CPM): a pragmatic study,” Glob. J. Pure Appl. Sci., vol. 18, no. 3–4, pp. 197–206, 2012
  5. S. Zareei, “Project scheduling for constructing biogas plant using critical path method,” Renew. Sustain. Energy Rev., vol. 81, pp. 756–759, 2018
  6. M. A. Handrian, I. P. Mulyatno, and P. Manik, “Analisa Reschedule Repair Kapal Survey Geomarin-III 649 DWT Dengan Menggunakan Critical Path Method,” J. Tek. Perkapalan, vol. 10, no. 2, 2022
  7. M. F. Fakhrija, I. P. Mulyatno, and A. F. Zakki, “Studi Penjadwalan Ulang Pekerjaan Reparasi Pada Kapal MT. Asumi XXVI Dengan Network Planning Dan Critical Path Method,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 3, pp. 435–442, 2020
  8. S. Anggriawan, “Analisa Network Planning Reparasi Km Tonasa Line Viii Dengan Metode Cpm Untuk Mengantisipasi Keterlambatan Penyelesaian Reparasi (Studi Kasus di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya),” J. Tek. Mesin, vol. 3, no. 03, 2015
  9. Y. T. Andhani, I. P. Mulyatno, and A. W. B. Santosa, “Reschedule Reparasi Kapal KN. KUMBA 470 DWT Dengan Critical Path Method Di Galangan Semarang,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 3, 2020
  10. A. Ahmadi, S. Suparno, O. S. Suharyo, and A. D. Susanto, “Time Scheduling And Cost Of The Indonesian Navy Ship Development Project Using Network Diagram And Earned Value Method (Evm)(Case Study Of Fast Missile Boat Development),” J. ASRO, vol. 9, no. 2, pp. 87–106, 2018
  11. E. Y. Nijhof, “Planning interdependent tasks in house construction-an extension to the critical path method,” University of Twente, 2022

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.