BibTex Citation Data :
@article{JTP29612, author = {Yehezkiel Tubongkasi and Parlindungan Manik and Ari Santosa}, title = {Studi Karakteristik Hull Form Kapal General Cargo 5700 DWT Rute Pelayaran Jakarta – Belawan}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {9}, number = {1}, year = {2021}, keywords = {Studi Karakteristik Hull Form; Hidrostatik; Stabilitas; Hambatan; Olah Gerak}, abstract = { Dalam perancangannya, menjadi aspek penting bagi sebuah kapal untuk memperhatikan faktor keselamatan agar nantinya kapal tiba ditujuan dengan aman. Sebuah kapal harus memiliki stabilitas dan karakteristik seakeeping yang baik, dapat menunjukkan sifat – sifat badan kapal dalam kurva hidrostatik, mengetahui besarnya tahanan kapal sehingga didapat kebutuhan daya mesin kapal . Semuanya itu tercakup dalam Studi Karakteristik Hullform yang menjadi tujuan dalam penelitan kapal General Cargo 5700 DWT ini. Analisa hidrostatik, stabilitas, hambatan , dan olah gerak dilakukan menggunakan software Maxsurf Pro dengan standar dari IMO A.749 (18). Hasil dari perhitungan hidrostatik dan hambatan kapal General Cargo 5700 DWT memiliki displacement (8902,5 ton), cb(0,8), lcb (51,179 m), cm (0,57), dan cp (0,83) serta membutuhkan daya mesin sebesar 673,08 HP untuk mencapai kecepatan maksimumnya (10 knots). Hasil analisa stabilitas menunjukkan nilai lengan GZ pada semua 4 kondisi telah memenuhi syarat IMO. Hasil dari analisa olah gerak. kapal mengalami gerakan heaving tertinggi pada sudut 135 ° (bow quaertering seas) sebesar 0,980 m, gerakan rolling tertinggi pada sudut 90 ° (beam seas) sebesar 12,17 deg, dan gerakan pitching tertinggi pada sudut 180 ° (head seas) sebesar 1,90 deg. }, pages = {139--144} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/29612} }
Refworks Citation Data :
Dalam perancangannya, menjadi aspek penting bagi sebuah kapal untuk memperhatikan faktor keselamatan agar nantinya kapal tiba ditujuan dengan aman. Sebuah kapal harus memiliki stabilitas dan karakteristik seakeeping yang baik, dapat menunjukkan sifat – sifat badan kapal dalam kurva hidrostatik, mengetahui besarnya tahanan kapal sehingga didapat kebutuhan daya mesin kapal . Semuanya itu tercakup dalam Studi Karakteristik Hullform yang menjadi tujuan dalam penelitan kapal General Cargo 5700 DWT ini. Analisa hidrostatik, stabilitas, hambatan , dan olah gerak dilakukan menggunakan software Maxsurf Pro dengan standar dari IMO A.749 (18). Hasil dari perhitungan hidrostatik dan hambatan kapal General Cargo 5700 DWT memiliki displacement (8902,5 ton), cb(0,8), lcb (51,179 m), cm (0,57), dan cp (0,83) serta membutuhkan daya mesin sebesar 673,08 HP untuk mencapai kecepatan maksimumnya (10 knots). Hasil analisa stabilitas menunjukkan nilai lengan GZ pada semua 4 kondisi telah memenuhi syarat IMO. Hasil dari analisa olah gerak. kapal mengalami gerakan heaving tertinggi pada sudut 135° (bow quaertering seas) sebesar 0,980 m, gerakan rolling tertinggi pada sudut 90° (beam seas) sebesar 12,17 deg, dan gerakan pitching tertinggi pada sudut 180° (head seas) sebesar 1,90 deg.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License