Studi Karakteristik Hull Form Kapal General Cargo 5700 DWT Rute Pelayaran Jakarta – Belawan

*Yehezkiel Mizzi Nicole Tubongkasi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 21 Dec 2020; Published: 5 Jan 2021.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Dalam perancangannya, menjadi aspek penting bagi sebuah kapal untuk memperhatikan faktor keselamatan agar nantinya kapal tiba ditujuan dengan aman. Sebuah kapal harus memiliki stabilitas dan karakteristik seakeeping yang baik, dapat menunjukkan sifat – sifat badan kapal dalam kurva hidrostatik, mengetahui besarnya tahanan kapal sehingga didapat kebutuhan daya mesin kapal . Semuanya itu tercakup dalam Studi Karakteristik Hullform yang menjadi tujuan dalam penelitan kapal General Cargo 5700 DWT ini. Analisa hidrostatik, stabilitas, hambatan , dan olah gerak dilakukan menggunakan software Maxsurf Pro dengan standar dari IMO A.749 (18). Hasil dari perhitungan hidrostatik dan hambatan kapal General Cargo 5700 DWT memiliki displacement (8902,5 ton), cb(0,8), lcb (51,179 m), cm (0,57), dan cp (0,83) serta membutuhkan daya mesin sebesar 673,08 HP untuk mencapai kecepatan maksimumnya (10 knots). Hasil analisa stabilitas menunjukkan nilai lengan GZ pada semua 4 kondisi telah memenuhi syarat IMO. Hasil dari analisa olah gerak. kapal mengalami gerakan heaving tertinggi pada sudut 135° (bow quaertering seas) sebesar 0,980 m, gerakan rolling tertinggi pada sudut 90° (beam seas) sebesar 12,17 deg, dan gerakan pitching tertinggi pada sudut 180° (head seas) sebesar 1,90 deg.

Keywords: Studi Karakteristik Hull Form; Hidrostatik; Stabilitas; Hambatan; Olah Gerak

Article Metrics:

  1. P. Manik, E. S. Hadi, P. Studi, T. Perkapalan, F. Teknik, and U. Diponegoro, “Studi Hull Form Kapal Barang Penumpang Tradisional di Danau Toba Sumatera Utara,” vol. 5, no. 3, 2008, [Online]. Available: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal/article/view/3210
  2. D. Setiawan, “Analisis Peforma Kapal Cargo 7082 DWT Terhadap Variasi Muatan Curah Dengan Rute Pelayaran Jakarta - Surabaya,” vol. 6, no. 4, 2019, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/21366/0
  3. “IMO Sec. A.749 (18) Ch. 3 & Ch. 4.pdf.”
  4. S. P. Kusumo, “Studi Perancangan Kapal Kargo 14.715 Dwt Rute Pelayaran Tanjung Perak-Batu Ampar,” vol. 5, no. 2, 2017
  5. M. Yulianti, “Analisa Stabilitas Kapal Perintis 500 DWT Setelah Penambahan Variasi Posisi Sudut dan Lebar Bilga Keel,” vol. 5, no. 4, 2017, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/18830
  6. E. Sugianto, “Computational Model Tahanan Kapal untuk Menentukan Kebutuhan Daya Kapal Bulk Carrier 8664 DWT,” Univ. Hang Tuah Surabaya, vol. 10, no. 2, 2017, [Online]. Available: http://dspace.hangtuah.ac.id:8080/xmlui/bitstream/handle/dx/572/C1 Journal Trunojoyo Erik Sugianto.pdf?sequence=1
  7. A. F. Molland, S. R. Turnock, and D. A. Hudson, Ship Resistance of Propulsion. New York, 1978
  8. Kiryanto, “ANALISA TEKNIS STABILITAS DAN OLAH GERAK KAPAL PATROL SPEED BOAT‘GRASS CARP’ DI PERAIRAN RAWA PENING JAWA TENGAH,” vol. 7, no. 2, 2010, [Online]. Available: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal/article/view/3766
  9. E. V. Lewis, Ed., Principles of Naval Architecture Second Revision. Jersey City, NJ, 1988
  10. Harvald, Resistance and Propulsion of Ships. New York, 1978
  11. Santoso, Teori Bangunan Kapal, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta, 1983