Analisis Kekuatan Puntiran Pada Kapal Tongkang TK.Nelly 34 Akibat Konversi Muatan Dari Batubara Menjadi Container

*Muhammad Akbar Ferbian  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Received: 7 Aug 2020; Published: 16 Nov 2020.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Pontoon atau kapal tongkang adalah  kapal dengan karakteristik lambung datar atau kotak  , biasanya kapal ini digunakan  untuk memuat batubara. Pada penelitian ini dilakukan analisis kekuatan puntiran pada kapal  tongkang TK. Nelly – 34 akibat konversi muatan dari batubara menjadi peti kemas. Perbandingan kekuakatan puntiran kapal ketika muatan batubara dan peti kemas menjadi fokus penelitian ini. Pembebanan yang dilakukan menggunakan dua variasi pembebanan, pertama adalah variasi muatan batubara dengan total beban 4174 ton dan  kedua adalah muatan peti kemas susunan muatan 147 kontainer dengan total beban 3528 ton. Metode yang digunakan yaitu metode elemen hingga dengan bantuan software  dan sesuai  aturan Biro Klasifikasi Indonesia. Analisis yang dilakukan merupakan  kekuatan puntiran statis pada kapal. Dari penelitian , kekuatan puntir yang terjadi pada kapal tongkang ini didapatkan tegangan maksimum tertinggi terjadi pada kondisi ketika kapal sedang memuat batubara pada frame 6 tepatnya pada node 104983 dengan nilai 2,088 x 108MPa, dan defleksi  maksimal terjadi pada frame 6 tepatnya pada node 104983 dengan nilai  5,468x10-2 m. Sedangkan pada kondisi muatan peti kemas tegangan maksimum terjadi pada frame 6 tepatnya pada node 104983 dengan nilai 1,92 x 108 MPa,dan defleksi sebesar terjadi pada frame 6 tepatnya pada node 104983 dengan nilai  5,027x10-2 m.
Keywords: Kapal Tongkang, Kekuatan Puntiran Kapal, Tegangan, Defleksi

Article Metrics:

  1. C. Deley, Engineering 5003 – Ship Structures I. St. John’s, 2015
  2. E.P. Popov, Mechanics Of Materials, Vol. 18, No. 1. 2010
  3. R. B. Daichi, A. F. Zakki, And G. Rindo, “Studi Kasus Puntiran Pada Konstruksi Bangunan Baru Kapal Kontainer Sunship Eurocoaster,” J. Tek. Perkapalan, Vol. 5, No. 4, 2017
  4. Irwan, “Analisis Kekuatan Puntiran Longitudinal Kapal Yang Dimodifikasi Dari General Cargo Ke Kontainer,” 2017
  5. A. Mathai, G. J. P, And M. J. Jin, “Ultimate Torsional Strength Analysis Of Container Ship,” Int. J. Eng. Sci. Technol., Vol. 5, No. 3, Pp. 512–518, 2013
  6. B. K. Indonesia, “Rules For Hull (Pt.1,Vol.Ii) 2019 Ed.,” Vol. Ii, 2019
  7. A. F. Zakki, Metode Elemen Hingga. 2014
  8. Suparmin, “Analisis Perilaku Torsi Pada Penampang Sirkular , Non Sirkular , Open Section , Dan Tubular,” Vol. 4, No. 1, Pp. 275–279, 2005