skip to main content

Analisa Kelelahan Tongkat Kemudi Pada Kapal Skipi Kelas Orca Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga

*Herman Josef Emerald  -  Teknik Perkapalan, Universtitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departement Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Departement Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Salah satu kecelakaan kapal yang sering terjadi di Indonesia adalah kapal yang kehilangan kendali yang disebabkan karena kegagalan pada tongkat kemudi. Kapal SKIPI kelas Orca merupakan kapal patroli Indonesia yang diproduksi pada tahun 2016 lalu. Untuk mencegah terjadinya kegagalan tongkat kemudi pada saat kapal SKIPI beroperasi, maka dilakukan penelitian pada salah satu tongkat kemudi kapal SKIPI untuk memprediksi usia fatigue. Tongkat kemudi menggunakan material structural steel (SS 400). Untuk mendapatkan tekanan yang terjadi pada daun kemudi, dengan menggunakan software berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD), tekanan yang digunakan berdasarkan gerakan rolling kapal terhadap gelombang laut  yang selanjutnya nilai tekanan tersebut digunakan untuk melakukan analisis menggunakan software berbasi metode elemen hingga. Berdasarkan dari hasil penelitian, maka dapat diestimmasikan tongkat kemudi siklus sebesar 3924.

Fulltext View|Download
Keywords: Analisa fatigue; Rudder stock; Fatigue life; Element hingga
  1. I. Thompson, “Fatigue damage variation within a class of naval ships,” Ocean Eng., vol. 165, no. July, pp. 123–130, 2018, doi: 10.1016/j.oceaneng.2018.07.036
  2. A. Nugroho, “ANALISIS KEKUATAN SISTEM KONSTRUKSI KEMUDI PADA KAPAL SKIPI KELAS ORCA DENGAN METODE ELEMEN HINGGA,” vol. 5, no. 4, pp. 1–11, 2017
  3. D. J. Eyres, Ship Construction, Fifth edit. British Library Cataloguing in Publication Data, 2001
  4. A. S. Mujahid and W. H. Nugroho, “A Prediction Method of Fatigue Life at The Rudder Stock,” vol. 9, no. 9, pp. 1–6, 2017
  5. A. Nourian-avval and A. Fatemi, “Fatigue life prediction of cast aluminum alloy based on porosity characteristics,” Theor. Appl. Fract. Mech., vol. 109, no. July, p. 102774, 2020, doi: 10.1016/j.tafmec.2020.102774
  6. F. Han, C. Wang, and A. Hu, “Numerical investigation of wave-induced vibrations and their e ff ect on the fatigue damage of container ships,” Ocean Eng., vol. 142, no. June, pp. 245–258, 2017, doi: 10.1016/j.oceaneng.2017.06.064
  7. P. D. I. H. D. Harsokoesoemo, Kriteria Patah Lelah Untuk Perancangan Elemen Mesin, Diktat Kul. ITB press, 2000
  8. R. D. Cook, Konsep dan Aplikasi Metode Elemen Hingga, no. 3. 1998
  9. B. K. Indonesia, “Section 20 Fatigue Strength,” in Rules for Hull (Pt.1,Vol.II) 2019 ed., vol. II, 2019, p. Page 20–7
  10. M. H. Hutama et al., “Analisa Kelelahan Rantai Jangkar Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. Perkapalan, vol. 4, no. 3, pp. 638–648, 2016

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.