Studi Perancangan Kapal Ikan Katamaran Dengan Alat Tangkap Purse Seine dan Longline Pengganti Cantrang, Untuk Perairan Utara Jawa Tengah

*I Gede Bayu Pradnya Subagia  -  Departement Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departement Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Departement Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 18 Dec 2020; Published: 22 Dec 2020.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Peraturan menteri kelautan dan perikanan Republik Indonesia tentang pelarangan penggunaan alat tangkap cantrang (trawl) menjadi permasalahan bagi nelayan terkhusus di wilayah utara jawa tengah, Karena dinilai penggunaan cantrang dapat merusak lingkungan ekosistem laut. Nelayan pantai utara Jawa Tengah memiliki kesamaan di tiap daerah yaitu alat tangkap yang digunakan dan bentuk lambung kapal yang akan dioperasikan, berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan pendekatan ilmu perkapalan sebagai solusi bagi para nelayan pantai utara Jawa Tengah dalam menyikapi peraturan menteri tersebut. Sebuah solusi yang paling tepat adalah melakukan perencanaan kapal ikan dengan variasi alat tangkap, tujuan lain dari dilakukan perencanaan kapal adalah untuk mendapatkan hullform kapal ikan yang efisien. model hull katamaran menjadi pilihan dalam perancangan ini, Kapal Ikan Katamaran yang dirancang dengan panjang LPP 19,13 m , LOA 19,90 m , Lebar 6,90 m , Sarat 1,32 m dan kecepatan 12 knot. Kapal ini dirancang untuk perairan laut Jawa terkhusus untuk wilayah utara Jawa Tengah. Dengan acuan nilai RMS, Pitching, Rolling pada tinggi gelombang 0,875 (slight wave), 1,875 (moderate wave), 3,25(rough wave) pada spektrum gelombang JONSWAP di sudut heading 45o, 90o,135o dan 180o. Pada tinjauan stabilitas dan olah gerak pada model kapal ikan katamaran yang dirancang ini telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

 

Keywords: Kapal ikan; Hambatan; Stabilitas; Olahgerak; Purse Seine; Longline

Article Metrics:

  1. Kementerian Kelautan dan Perikanan, “Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 71/Permen-Kp/2016 Tentang Jalur Penangkapan Ikan Dan Penempatan Alat Penangkapan Ikan Di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia,” Jalur Penangkapan Ikan dan Penempatan Alat Penangkapan Ikan di Wil. Pengelolaan Perikan. Negara Republik Indones., pp. 1–43, 2016
  2. D. Darmawan, “Desain Kapal Penangkap dan Pengolah Ikan Berbasis Optimisasi Biaya Operasional Kapal untuk Wilayah Perairan Pasuruan,” 2017
  3. R. Prasetyo, D. Chrismianto, and A. W. B. Santosa, “Jurnal teknik perkapalan,” Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 2, pp. 421–430, 2017
  4. H. Firman, E. Sasamito, and Wilma Amiruddin, “Jurnal teknik perkapalan,” Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 2, pp. 421–430, 2017
  5. A. Fadlilah, D. Chrismianto, and W. Amiruddin, “Analisis Pengaruh Penggantian Alat Tangkap Alternatif Jaring Lingkar Terhadap Stabilitas Serta Olah Gerak Kapal Tradisional Trawls Juwana,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 4, pp. 632–641, 2017
  6. A. L. Pambudi, W. Amiruddin, and E. S. Hadi, “Analisis Perbedaan Performa Pada Kapal Ikan Dengan Mengubah Bentuk Monohull Menjadi Katamaran,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 1, pp. 113–119, 2017
  7. P. Publishers, A. R. Bakker, G. G. Harrap, K. J. Rawson, and E. C. Tupper, “Teori Bangunan Kapal 1,” 2002
  8. I. Kusna, Teknik Konstruksi Kapal Jilid I. 2008
  9. A. F. Zakki, A. Windyandari, D. Chrismianto, and I. Habib, “Development of monohull fish processing vessel hullform to support domestic fishing activities in Indonesia,” Int. J. Innov. Technol. Explor. Eng., 2019, doi: 10.35940/ijitee.A4181.119119
  10. Kiryanto, H. Sasongko, D. Chrismianto, and B. Arswendo, “Stability and total resistance analysis of catamaran fishing boat for Java North Sea area with hullform model and fishing gear variation,” Int. J. Mech. Eng. Technol., 2019
  11. U. Chodriyah and T. Hariati, “Musim Penangkapan Ikan Pelagis Kecil di Laut Jawa,” J. Penelit. Perikan. Indones., vol. 16, no. 3, pp. 217–223, 2010