ANALISA LEADING EDGE PROTUBRANCES TERHADAP GAYA ANGKAT DAN HAMBATAN PADA KAPAL PATROLI 14 METER DENGAN KONFIGURASI CANARD MENGGUNAKAN METODE CFD

Received: 19 Apr 2020; Published: 3 Jun 2020.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal patroli sebagai salah satu sarana penjaga keamanan wilayah teritorial laut harus memiliki perfomance yang baik. Salah satu performa yang dimaksud adalah hambatan kapal. Terdapat beberapa cara agar hambatan kapal yang timbul dapat dibuat sekecil mungkin, antara lain penambahan foil di bawah lambung kapal. Penambahan foil dalam kasus ini leading edge protubrances ditujukan agar kapal dapat terangkat sehinggga WSA (wetted surface area) dari kapal akan berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai hasil hambatan paling kecil serta gaya angkat paling besar dengan konfigurasi hydrofoil canard dan variasi model foil pada bagian leading edge protuberances yang bentuknya menyerupai sirip ikan paus bungkuk (megaptra novaengliae). Analisa dilakukan menggunakan perangkat lunak komputer berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD), yaitu Tdyn 15.1.01. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari keseluruhan model variasi, model 4L dengan angle of attack 2° mampu menurunkan nilai hambatan total kapal Patroli sebesar 38% dan memiliki kenaikan Lift sebesar 32,137% dibandingkan kapal original pada froude number 0,712.

Keywords: leading edge protuberances, Patroli Boat, hydrofoil, lift force, hambatan, CFD (Computational Fluid Dynamic)

Article Metrics:

  1. B. Saputra, I. P. Mulyanto, and W. Amiruddin, Analisa Pengaruh Bilge Keel Tipe Bulb Terhadap Lambung V Dan U Pada Kapal Patroli Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD), vol. 5, no. 2. 2017.
  2. N. P. B. Mannam, P. Krishnankutty, H. Vijayakumaran, and R. C. Sunny, “Experimental and Numerical Study of Penguin Mode Flapping Foil Propulsion System for Ships,” J. Bionic Eng., vol. 14, no. 4, pp. 770–780, Oct. 2017.
  3. F. E. Fish, P. W. Weber, M. M. Murray, and L. E. Howle, “The tubercles on humpback whales’ flippers: Application of bio-inspired technology,” Integr. Comp. Biol., vol. 51, no. 1, pp. 203–213, 2011.
  4. D. S. Miklosovic, M. M. Murray, L. E. Howle, and F. E. Fish, “Leading-edge tubercles delay stall on humpback whale (Megaptera novaeangliae) flippers,” Phys. Fluids, vol. 16, no. 5, pp. 1–5, 2004.
  5. M. Salas, R. Luco, P. K. Sahoo, N. Browne, and M. López, “Experimental and CFD resistance calculation of a small fast catamaran,” Int. Conf. high Perform. Veh., pp. 215–229, 2004.
  6. R. Bhattacharyya, Dynamics of marine vehicles. 1978.
  7. D. N. Azis, D. Chrismianto, and B. A. Adietya, “Analisa Gaya Angkat dan Hambatan pada Dihedral Surface Piercing Hydrofoil Katamaran Menggunakan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic),” J. Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 4, Sep. 2019.
  8. Chang Cai, Zhigang Zuo, Shuhong Liu and Yulin Wu, “Numerical investigations of hydrodynamic performance of hydrofoils with leading-edge protuberances”, Advances in Mechanical Engineering 2015, Vol. 7(7) 1–11
  9. R. Bhattacharyya, Dynamics of Marine Vehicles with Aerodynamic Surfaces. New York: John Wiley & Sons, 1978.
  10. M. Salas, R. Luco, P. K. Sahoo, N. Browne, and M. López, “Experimental and CFD resistance calculation of a small fast catamaran,” Int. Conf. high Perform. Veh., no. October 2015, pp. 215–229, 2004.A.K.
  11. Rizki Darmawan, Muhammad, “Analisa Pengaruh Posisi Foil Terhadap Gaya Angkat dan Hambatan Pada Kapal Catamaran Menggunakan Metode CFD”, Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 14, no. 2, pp. 58-64, 2017.