Analisa Drag Force Pada Anoda Korban Variasi Bentuk Fin Shaped Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic

*Ridwan Muhammad  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 19 Sep 2019; Published: 19 Sep 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 38 32
Abstract

Perlindungan katodik pertama kali dipakai pada tahun 1824 sebagai perlindungan korosi pada pelapis tembaga di bagian lambung yang tercelup air sebuah kapal. Namun penggunaan anoda korban pada kapal menyebabkan timbulnya tonjolan (appendages) yang menyebabkan pengurangan axial loses pada gaya dorong propeller yang disebabkan oleh turbulensi air yang berakselerasi di belakang propeller. Perancangan desain model anoda korban lebih streamline diperlukan untuk mengurangi drag force pada anoda korban konvensional. Dalam penelitian ini, berfokus untuk mengetahui perbedaan nilai drag force antara anoda korban konvensional dan variasi anoda korban berbentuk fin shape dengan investigasi numerik. Sehingga dapat memberikan inovasi baru dalam dunia perkapalan terkhususnya pada perancangan geometri anoda korban yang ada di pasaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD) yaitu dengan menggunakan software Tdyn. Hasilnya menunjukan dari 4 variasi anoda korban fin shape yang di kalkulasi secara perunit, model ke-1 dapat memberikan penurunan hambatan 51.2% dari bentuk anoda korban konvensional (original) pada kecepatan 5.144 m/s atau 10 knot. Simulasi buritan kapal pada kecepatan yang sama terjadi penurunan hambatan total sebesar 69.66% pada posisi pertama dan 64.51% pada posisi kedua. Dengan hasil ini, anoda korban berbentuk fin shape dapat menjadi alternatif desain dalam perancangan anoda korban.

Article Metrics:

  1. Ashworth, V. (2013) Principle of Cathodic Protection.[Online]. http://www.elsevierdirect.com/brochures/shreir/PDF/PrinciplesofCathodicProtection.pdf
  2. Ilham Rahmat, Komalasari, I. Rozanna Sri, “Proteksi Katodik dengan Menggunakan Anoda Korban pada Struktur Baja Karbon dalam Larutan Natrium Klorida,” 2015.
  3. R. Fratesi,G. Roventi T. Bellezze, "Cathodic protection of a ship propeller shaft,"Metall. Ital, pp. 3-7, 2014.
  4. Sasono, Eko Julianto, “Efektivitas Penggunaan Anoda Korban Paduan Alumunium Pada Pelat Baja Kapal AISI E 2512 Terhadap Laju Korosi Di Dalam Media Air Laut,” 2010.
  5. A. Voermans, "Propulsion improvement – fuel saving by means of upgrading ship propulsion," Scandinavian Shipping Gazette, vol. 18, 2006.
  6. K. Anderssson H. Lassesson, "Energy efficiency in shipping," Chalmers University of Technology, Göteborg, 2009.
  7. Wärtsilä. (2009, February) Boosting Energy Efficiency, Presentation: Energy Efficiency Catalogue/ShipPower.[Online]. http://www.wartsila.com/Wartsila/global/docs/en/ship_power/energyeffici ency/boosting-energy-efficiency-presentation.pdf.
  8. U. Nany Praharsiwi, M. Ali, S. Bagiyo, “Performance of the Zinc Anode Shape Design Installation on the Seabus, Alu-01 Fastship” ICSOT Indonesia, 2014.
  9. Maxemow, Shane "That's a Drag:The Effects of Drag Forces,"Undergraduate Journal of Mathematical Modeling: One + Two: Vol. 2: Iss. 1, Article 4, 2009.
  10. S. F. Hoerner, “Fluid-Dynamic Drag” theoretical, experimental and statistical information, 1965.