Analisa Kekuatan Sandwich Plate System pada Konstruksi Geladak Kendaraan Kapal Ferry Ro-Ro 500 GT Akibat Perubahan Muatan

*Rakhmat Aizzat Wahid  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro., Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro., Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro., Indonesia
Received: 10 Sep 2019; Published: 10 Sep 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kekuatan konstruksi kapal merupakan faktor utama dalam perancangan konstruksi kapal, terutama pada bagian geladak kendaraan. Kemajuan zaman pada saat ini menciptakan banyak inovasi dalam bidang kekuatan konstruksi kapal, terutama dalam pengembangan material untuk konstruksi struktur kapal. Salah satunya adalah hadirnya sebuah inovasi penggunaan material Sandwich Plate System yang merupakan material inovatif pengganti material berbahan baja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kekuatan yang memenuhi Safety Factor yang telah ditetapkan regulasi BKI (Indonesia), serta mendapatkan nilai perubahan berat konstruksi di bagian struktur geladak kendaraan Kapal Ferry Ro Ro 500 GT. Permodelan dan analisa menggunakan software berbasis finite element analysis untuk mengetahui besaran respons struktur berupa nilai tegangan. Hasil analisa pada penelitian ini  memenuhi batas maksimum tegangan rules BKI (tegangan max < 117 Mpa). tegangan tertinggi Loading Condition 1 terjadi pada saat sagging dengan konstruksi cardeck  menggunakan sandwich plate system sebesar 64,4 N/mm2 dan  nilai deformasi 1,99 mm, tegangan pada Loading Condition 2 terjadi pada saat hogging dengan konstruksi cardeck menggunakan sandwich plate system sebesar 63,7 N/mm2 dan nilai deformasi 1,94 mm. Reduksi berat yang terjadi sebesar 9,7 Ton dengan nilai presentase 5,1 persen. Sehingga berat konstruksi pada cardeck yang menggunakan sandwich plate system lebih ringan.

Keywords: Geladak kendaraan; Sandwich Plate System; Tegangan; Safety factor; Berat konstruksi

Article Metrics:

  1. Utomo E, Zubaydi A., Penggunan Sandwich Panel (Pelat Baja dan Syinthetic Resin) pada Konstruksi Kapal, Faculty of Marine Technology, ITS, Surabaya, Indonesia, 2016
  2. Ramakrishnan. K, Kumar, P., Application of Sandwich Plate System for Ship Structures, Aries Internasional Research Institute, UAE, 2016.
  3. Momcilovic.N., Motok.M., Estimation of Ship Lightweight Reduction by Means of application of Sandwich Plate System, Faculty of Mechanical Engineering, University of Belgrade, Serbia, 2009.
  4. Intelligent Engineering, Ltd., SPS The Sandwich Plate System Heavy Engineering Composite from Intelligent Engineering & Safe Concordia SPS Overlay, http://www.ie-sps.com, 2015.
  5. S. CORe., Best Practice Guide for Sandwich Structures in Marine Applications, 279, 2013.
  6. Llyod’s Register., Provisional Rules for the Application of Sandwich Panel Construction to Ship Structure, 2015.
  7. Djaya,I K., Teknik Konstruksi Kapal Baja 1. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2008.
  8. Dokkum, van Klaas, “Ship Knowledge – A Modern Encyclopedia”, Dokmar, The Netherlands, 2003.
  9. Utomo E, Baidowi A., “Prelimenary Study Of Sandwich Panel Application In Ship Construction : Combination Of Plywood And Polyurethane Foam Material”, Proceeding SENTA page 33-38, Faculty of Marine Technology, ITS, Surabaya, Indonesia, 2015.
  10. D. J. L. Kennedy, R. A. Dorton And S. D. B. Alexander, The Sandwich Plate System For Bridge Decks, Intelligent Engineering (Canada) Limited, Ottawa, Ontario
  11. Stephen J. Kennedy, Composite Steel Structural Sandwich Plate System. United States Patent, Ottawa, Canada.
  12. Doni Setyawan,dkk., Kekuatan Struktur Kapal. Jakarta : Pradnya Paramita, 1999.
  13. E. P. Popov, Mechanic of Materials, 2nd Edition, Englewood Cliffs, New.Jersey: Prentice-Hall, 1978.
  14. Ghali, A. and Neville, A., Analisa Struktur Gabungan Metode Klasik dan Matriks. Jakarta: Erlangga, 1977.
  15. Handayanu, "Pengantar Kuliah Metode Elemen Hingga", Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2012.
  16. Szilard Rudolph, Teori dan Analisis Pelat Metode Klasik dan Numerik, Jakarta: Erlangga, 1989.