skip to main content

HUBUNGAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL DAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN LOW BACK PAIN MEKANIK DI INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUP DR. KARIADI SEMARANG

*Esya Adetia Tanderi  -  , Indonesia
Tanti Ajoe Kusuma  -  , Indonesia
Meita Hendrianingtyas  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Low Back Pain (LBP) adalah gejala ketidaknyamanan pada daerah punggung bagian bawah yang berupa rasa sakit dan gangguan pada sistem muskuloskeletal terkait. Penggunaan tulang belakang yang berlebih menyebabkan kemampuan fungsional penderitanya terganggu. Penderita LBP mekanik sering merasakan nyeri yang berkaitan dengan aktivitas kerja yang berat dan dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Tujuan Penelitian : Mengetahui adanya hubungan tingkat kemampuan fungsional dan derajat nyeri pada pasien LBP mekanik di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP dr Kariadi Semarang

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan data primer BPFS dan VAS yang diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh pasien. Subjek penelitian adalah pasien penderita LBP mekanik di Poliklinik Rehabilitasi Medik RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Hasil Penelitian : Hasil uji hubungan BPFS dan VAS menggunakan Spearman correlation negatif sangat kuat bermakna (r = -0,920 , p = 0,000). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai BPFS akan semakin rendah nilai VAS.

Kesimpulan : Rerata pasien LBP mekanik memiliki kemampuan fungsional yang buruk dan derajat nyeri yang sedang hingga buruk.Terdapat hubungan kuat antara kemampuan fungsional dan derajat nyeri pada pasien LBP mekanik di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP dr. Kariadi Semarang.

Fulltext View|Download
Keywords: Low Back Pain (LBP) mekanik, Kemampuan Fungsional, Derajat Nyeri.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.