skip to main content

HUBUNGAN LAMA PAPARAN BISING DAN TAJAM PENDENGARAN PADA KOMUNITAS BALAP RESMI DI SEMARANG

*Lindiana Puspitasari  -  , Indonesia
Budi Laksono  -  , Indonesia
Darmawati Ayu Indraswari  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Paparan bising terhadap anggota komunitas balap merupakan faktor risiko yang berbahaya dan dapat menyebabkan berkurangnya tajam pendengaran dan selanjutnya menjadi gangguan pendengaran.

Tujuan: Mengetahui tentang hubungan lama paparan bising dan tajam pendengaran pada  komunitas balap resmi di Semarang.

Metode: Penelitan observasional dengan rancangan Cross Sectional dilaksanakan di basecamp pusat komunitas balap resmi “SCORE” di Semarang. Sampel penelitian ini adalah anggota komunitas balap resmi “SCORE” (n=15). Tajam pendengaran diukur dengan tes Audiometri nada murni. Uji normalitas distribusi data yang digunakan adalah Saphiro-Wilk dan untuk uji hipotesis yang digunakan adalah One-way ANOVA.

Hasil: Lama paparan bising mempengaruhi tajam pendengaran pada subjek penelitian. Presentase subjek dengan kurang pendengaran dibawah normal pada telinga kanan adalah 6,7%  dengan pendengaran normal tanpa adanya kurang pendengaran pada telinga kanan adalah 93,3%.. Pada hasil pemeriksaan telinga kiri presentase subjek adalah 100% pendengaran normal tanpa adanya kurang pendengaran dari 100% presentase subjek. Hasil dari uji hipotesis didapatkan hasil p = 0,001 dan dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bermakna ditunjukkan pada variabel terikat yaitu tajam pendengaran.

Kesimpulan: Lama paparan bising mempengaruhi tajam pendengaran sesuai dengan intensitas   waktu paparan.

Fulltext View|Download
Keywords: Lama paparan bising, tajam pendengaran, anggota komunitas balap resmi Semarang

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.