skip to main content

PERBEDAAN LUARAN MATERNAL DAN PERINATAL PREEKLAMPSIA BERAT DENGAN DAN TANPA SINDROM HELLP

*Wahyu Choerul Tamsir  -  , Indonesia
Julian Dewantiningrum  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang: Preeklampsia berat dengan sindrom HELLP memiliki risiko untuk mendapatkan komplikasi kehamilan dan persalinan yang lebih banyak dari preeklampsia berat.
Tujuan: Memberi gambaran pada ibu tentang penyulit kehamilan dan persalinan pada preeklampsia berat dengan sindrom HELLP.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional retrospektif dengan pendekatan studi cross sectional, dari data rekam medis RSUP Dr. Kariadi Semarang. Data diambil dari periode Januari 2013 sampai April 2016. Sampel penelitian terdiri 136 sampel, 42 subyek preeklampsia berat dengan sindrom HELLP, 34 subyek preeklampsia berat dengan sindrom HELLP parsial dan 60 subyek preeklampsia berat. Data dianalisis dengan uji Chi Square, Fisher’s Exact test dan analisis uji regresi logistik
Hasil: Terdapat perbedaan preeklampsia berat dengan dan tanpa sindrom HELLP. Dari luaran maternal yaitu eklampsia p=0,03 dan perawatan ICU p=<0,01. Pada luaran perintal yaitu mortalitas perinatal p=<0,01, IUGR p=<0,01, IUFD p=<0,01, asfiksia p=<0,01, gawat janin p=<0,01, kelahiran prematur p=<0,01 dan kelainan pemeriksaan doppler arteri umbilikalis p=<0,01. Terdapat perbedaan preeklampsia berat dengan dan tanpa sindrom HELLP parsial. Dari luaran maternal yaitu perawatan ICU p=<0,01. Pada luaran perintal yaitu mortalitas perinatal p=0,02, IUGR p=<0,01, IUFD p=<0,01, asfiksia p=<0,01, gawat janin p=<0,01, kelahiran prematur p=<0,01 dan kelainan pemeriksaan doppler arteri umbilikalis p=<0,01.
Simpulan: Luaran maternal dan perintal pada preeklampsia berat dengan sindrom HELLP tidak lebih baik dari preeklampsia berat.
Fulltext View|Download
Keywords: Luaran maternal, perintal, preeklampsia berat dengan sindrom HELLP, preeklampsia berat.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.