skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN INJEKSI KETOROLAC TROMETHAMINE INTRAPERITONEAL TERHADAP GAMBARAN MIKROSKOPIS GASTER TIKUS WISTAR DEWASA DENGAN FRAKTUR KRURIS

*Rifqi Raihan Haris  -  , Indonesia
Ani Margawati  -  , Indonesia
Abdul Mughni  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang: Penyakit dan kondisi abnormal dapat menimbulkan nyeri yang kuat, misalnya patah tulang. Diperlukan penatalaksanaan yang tepat, dimana opioid merupakan pilihan terbaik. Tetapi opioid memiliki efek ketagihan dan efek sentral merugikan, karenanya digunakan ketorolac tromethamine golongan OAINS, dengan efek analgesik yang cukup kuat. Namun OAINS memiliki efek samping menimbulkan lesi histopatologis pada gaster. Tujuan : Mengetahui pengaruh pemberian injeksi ketorolac tromethamine intraperitoneal terhadap gambaran mikroskopis gaster tikus Wistar dewasa dengan fraktur kruris.
Metode : Penelitian eksperimental dengan rancangan post test only control group design. Sampel tikus Wistar 20 ekor dibagi menjadi 2 kelompok, kemudian difrakturisasi pada kruris kanan. Dimana 2 kelompok tersebut yaitu kelompok kontrol yang mendapat makanan dan minuman standar sejumlah 10 ekor, dan kelompok perlakuan yang diberi ketorolac tromethamine 5 mg/KgBB sejumlah 10 ekor. Ketorolac tromethamine diberikan secara injeksi intraperitoneal selama 5 hari awal pelitian. Pada hari ke-8, dilakukan terminasi pada tikus Wistar dengan pemberian choloroform overdose. Dilakukan pengambilan organ gaster dan dilakukan pembuatan preparat histologi menggunakan pengecatan HE. Setiap preparat dibaca pada 5 lapangan pandang dan dinilai integritas epitel mukosanya menggunakan mikroskop cahaya.
Hasil : Rerata integritas epitel mukosa gaster kelompok kontrol adalah 0,50 ± 0,170, rerata integritas epitel mukosa gaster kelompok perlakuan adalah 1,240 ± 0,158. Pada uji Mann Whitney didapatkan perbedaan bermakna dengan nilai p=0,00012. Simpulan : Terdapat pengaruh pemberian injeksi ketorolac tromethamine intraperitoneal terhadap gambaran mikroskopis gaster tikus Wistar dewasa dengan fraktur kruris.
Fulltext View|Download
Keywords: Fraktur, Ketorolac Tromethamine, Mikroskopis gaster

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.