skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN YOGHURT KACANG MERAH TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA WANITA DISLIPIDEMIA

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Dislipidemia merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Kacang merah mengandung proantosianidin, isoflavon dan serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol total. Bakteri asam laktat yang terkandung dalam yoghurt menurunkan kadar kolesterol total melalui inkorporasi dengan membran sel bakteri, perubahan aktivitas garam empedu terhidrolasi, dan peningkatan aktivitas isoflavon .

Tujuan: Menganalisis pengaruh pemberian yoghurt kacang merah terhadap kadar kolesterol total pada wanita dislipidemia

Metode : Jenis penelitian adalah true experiment dengan rancangan pre-post-test with control group. Subjek penelitian adalah 26 wanita pre-menopause dengan kadar kolesterol total ≥200 mg/dL (tanpa obat) yang dibagi menjadi dua kelompok, 13 pada kelompok kontrol dan 13 pada kelompok perlakuan. Kelompok perlakuan mendapatkan 225 ml yoghurt kacang merah/hari selama 15 hari. Kedua kelompok mendapatkan konseling gizi di awal penelitian. Kadar kolesterol total diukur menggunakan metode CHOD-PAP. Asupan makanan selama intervensi diukur dengan metode food recall 3x24 jam dan dianalisis dengan nutrisurvey. Aktivitas fisik dianalisis dengan IPAQ. Analisis data menggunakan uji Paired t-test, Wilcoxon, Independent t-test dan Mann Whitney.

Hasil : Ada penurunan rerata kadar kolesterol total kelompok perlakuan dari 248,5±28,4 mg/dL menjadi 205,2±31,1 mg/dL (p=0,0001) dan kelompok kontrol dari 233,5±16,6 mg/dL menjadi 213,0±20,6 mg/dL (p=0,009). Penurunan kadar kolesterol total pada kelompok perlakuan lebih tinggi (43,3 mg/dL atau 17,7%) daripada kelompok kontrol (20,5 mg/dL atau 8,6%) dengan p=0,001. Kadar kolesterol total 46,2% subjek kelompok perlakuan dan 23,1% subjek kelompok kontrol menjadi normal setelah perlakuan.

Kesimpulan : Pemberian yoghurt kacang merah 225 ml/hari selama 15 hari menurunkan kadar kolesterol total pada wanita pre-menopause dengan dislipidemia yang diberi konseling gizi.

Fulltext View|Download
Keywords: Yoghurt kacang merah; kolesterol total; dislipidemia; wanita pre-menopause
Funding: expocpnsbumn.blogspot.com

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.