skip to main content

PERBEDAAN PENGARUH KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA) REBUS DAN PANGGANG TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA WANITA HIPERKOLESTEROLEMIA

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 20 Jan 2014; Published: 27 Jan 2014.

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Hiperkolesterolemia merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Kacang Tanah mengandung MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid) dan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh kacang tanah rebus dan panggang terhadap kadar kolesterol total pada wanita hiperkolesterolemia.

Metode : Jenis penelitian adalah true experimental dengan rancangan random pre-post group design. Subyek adalah wanita hiperkolestrolemia dengan kadar kolesterol total ≥200 mg/dl, dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan, yaitu kelompok 1 diberikan kacang tanah rebus 77 g /hari (serat 6,77 g dan MUFA 8,39 g) dan kelompok 2 diberikan kacang tanah panggang 77 g /hari (serat 7,28 g dan MUFA 19,93 g). Intervensi dilakukan selama ±4 minggu. Metode CHOD-PAP digunakan untuk menganalisis kadar kolesterol total, darah diambil setelah subyek berpuasa 10 jam. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk. Analisis statistik menggunakan  paired t-test, Wilcoxon, independent t-test dan Mann Whitney.

Hasil : Rerata kadar kolesterol total sebelum intervensi kelompok rebus dan panggang berturut-turut yaitu 241,11 mg/dl dan 228,56 mg/dl. Rerata kolesterol total setelah intervensi kelompok rebus dan panggang berturut-turut  yaitu 238,67 mg/dl dan 212,22 mg/dl. Tidak ada perbedaan penurunan kadar kolesterol antara kedua kelompok (p=0,329).

Kesimpulan :Tidak ada perbedaan perubahan penurunan kadar kolesterol total antara  kelompok rebus dan panggang (p>0,05).

 

*)Penulis Penanggungjawab

 Kesimpulan :Tidak ada perbedaan perubahan penurunan kadar kolesterol total antara  kelompok rebus dan panggang (p>0,05).
Fulltext View|Download
Keywords: kacang tanah; kolesterol total; hiperkolesterolemia

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.