skip to main content

HUBUNGAN KONSUMSI CAIRAN DENGAN STATUS HIDRASI PADA PEKERJA INDUSTRI LAKI-LAKI

Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Pekerja industri merupakan populasi yang paling sering melakukan kegiatan fisik di lingkungan panas dalam waktu yang lama sehingga berpotensi untuk mengalami dehidrasi karena kehilangan cairan akibat peningkatan pengeluaran air melalui keringat dan pernapasan. Hal tersebut menyebabkan kebutuhan cairan pada pekerja meningkat. Padahal beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cairan pada pekerja masih kurang memenuhi kebutuhan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan konsumsi cairan dengan status hidrasi pada pekerja industri laki-laki.

Metode : Penelitian Observasional dengan desain cross sectional, bertempat di PT Komatsu Indonesia Jakarta dengan jumlah sampel 73 subjek yang dipilih dengan simple random sampling. Data yang dikumpulkan meliputi karakteristik subjek, status gizi, suhu dan kelembaban lingkungan kerja, konsumsi cairan, gejala dehidrasi, dan status hidrasi. Konsumsi cairan diukur dengan menggunakan recall selama 3x24 jam dan status hidrasi diketahui dengan pemeriksaan berat jenis urin. Gejala dehidrasi diukur dengan kuesioner.

Hasil : Pada penelitian ini ditemukan sebanyak 2,7% pekerja mengonsumsi cairan 6,0-7,9 liter per hari, 53,4% mengonsumsi cairan 4,0-5,9 liter per hari, dan 43,9% mengonsumsi cairan 2,0-3,9 liter per hari (rerata total konsumsi cairan 4208,05 ± 790,78 ml dan kebutuhan cairan 6000-8000 ml). Hanya 28,8% pekerja yang memiliki status hidrasi baik. Sisanya ditemukan mengalami pre-dehidrasi (dehidrasi ringan 37,0% dan dehidrasi sedang 15,1%), sedangkan yang mengalami dehidrasi sebesar 19,2%. Konsumsi cairan berhubungan dengan status hidrasi (r = - 0,319 dan p = 0,006). Status gizi tidak berhubungan dengan status hidrasi (r = 0,212 dan p = 0,072).

Simpulan : Terdapat hubungan konsumsi cairan dengan status hidrasi pada pekerja industri laki-laki.

Fulltext View|Download
Keywords: konsumsi cairan; status hidrasi; pekerja; laki-laki

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.