skip to main content

KONTRIBUSI MP-ASI BISKUIT SUBSTITUSI TEPUNG GARUT, KEDELAI, DAN UBI JALAR KUNING TERHADAP KECUKUPAN PROTEIN, VITAMIN A, KALSIUM, DAN ZINK PADA BAYI

Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: MP-ASI biskuit bayi dengan substitusi tepung komposit garut, kedelai, dan ubi jalar kuning merupakan upaya perbaikan gizi masyarakat melalui pendekatan penganekaragaman pangan lokal. Dengan demikian dilakukan penelitian mengenai kontribusi MP-ASI biskuit substitusi pati garut, tepung kedelai, dan tepung ubi jalar kuning terhadap kecukupan protein, vitamin A, kalsium, dan zink pada bayi.

Tujuan: Menganalisis pengaruh substitusi tepung garut, kedelai, dan ubi jalar kuning terhadap kandungan zat gizi dan sifat fisik serta menentukan takaran saji untuk mengetahui kontribusi zat gizi.

Metode: Merupakan penelitian eksperimental rancangan acak lengkap satu faktor pada pembutan MP-ASI biskuit bayi dengan substitusi tepung garut, kedelai, dan ubi jalar kuning yaitu K (0 %:0 %:0 %), PI (40 %:15 %:25 %), P2 (30 %: 20 %: 30 %), dan P3 (35 %:25 %:20 %). Analisis statistik zat gizi dan sifat fisik menggunakan One Way Anova CI 95% dilanjutkan dengan analisis Multipel Comparation (Posthoct test).

Hasil: Substitusi tepung garut, kedelai, dan ubi jalar kuning meningkatkan kadar protein, lemak, β-karoten, zink, daya serap air, dan tingkat kekerasan pada biskuit, sedangkan kadar karbohidrat menurun. Kadar kalsium, densitas kamba dan uji seduh tidak berbeda nyata dengan biskuit kontrol. Konsumsi satu takaran saji biskuit P3 sebesar 50 g (2 keping biskuit) dapat memenuhi energi 40,63 %, protein 31,31 %, vitamin A 31,27 %, kalsium 62 %, dan zink 18,75 % pada bayi.

Simpulan: Konsumsi dua takaran saji biskuit dengan substitusi tepung garut 35 %, kedelai 25 %, dan ubi jalar kuning 20 % dapat memenuhi kecukupan zat gizi bayi kecuali zink. Selain itu, biskuit mempunyai sifat fisik yang baik dilihat dari daya serap air dan tingkat kekerasan.

Fulltext View|Download
Keywords: MP-ASI; kandungan zat gizi; sifat fisik biskuit; pati garut; tepung kedelai; tepung ubi jalar kuning

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.