skip to main content

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI, EMOTIONAL QUOTIENT (EQ), DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

1Program Pendidikan Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta, Indonesia

2Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta, Indonesia

3Program Studi Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia

4 Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta, Indonesia

View all affiliations
Received: 9 Aug 2021; Published: 29 Jul 2022.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: Prestasi belajar sebagai alat ukur perilaku, keterampilan, dan pengetahuan siswa. Kekurangan zat gizi akan menurunkan kemampuan dan konsentrasi belajar. Selain itu, seseorang yang tidak memiliki satu atau lebih unsur kecerdasan emosional akan menghasilkan kinerja yang buruk.
Tujuan: Mengetahui hubungan usia dan jenis kelamin dengan status gizi, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar
Metode: Jenis penelitian Ini adalah desain kuantitatif korelasional dengan cross sectional. Penelitian dilakukan di Yogyakarta, Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability proportional to size dengan simple random sampling sebanyak 117 orang. Instrumen penelitian berupa angket, timbangan digital, dan microtoise. Analisis bivariat menggunakan Kendal Tau.
Hasil: Sebagian besar responden adalah laki-laki (52,1%) dan 20 tahun (55,4%). Sebagian besar berstatus gizi normal (71,8%), kecerdasan emosional baik (82,1%), dan prestasi belajar baik (47,9%). Uji bivariat umur dan jenis kelamin dengan status gizi diperoleh p=0,336 dan p=0,008. Analisis bivariat umur dan jenis kelamin dengan kecerdasan emosional diperoleh p=0,742 dan p=0,021. Analisis bivariat umur, jenis kelamin, status gizi, dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar diperoleh p=0,215, p=0,031, p= 0,012, dan p<0,001.
Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan status gizi, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar. Status gizi dan kecerdasan emosional memiliki hubungan dengan prestasi belajar. Usia tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan status gizi, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar siswa.
 

Fulltext View|Download
Keywords: Kecerdasan emosional; Prestasi belajar; Status gizi.

Article Metrics:

  1. Riswanto A, Aryani S. Learning motivation and student achievement : description analysis and relationships both. Int J Couns Educ. 2017; 2(1): 42–47. https://doi.org/10.23916/002017026010
  2. Almatsier S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2013
  3. Rahmatillah SU, Mulyono S. The relationship between the nutritional status of school-age children and their academic achievement and physical fitness levels. Comprehensive Child and Adolescent Nursing. 2019; 42: 147–153. https://doi.org/10.1080/24694193.2019.1578435
  4. Sa’adah RH, Herman RB, Sastri S. Hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padangpanjang. J Kesehat Andalas. 2014;3(3): 460-5. https://doi.org/10.25077/jka.v3i3.176
  5. Asmare B, Taddele M, Berihun S, Magnew F. Nutritional status and correlation with academic performance among primary school children, northwest Ethiopia. BMC Res Notes 2018; 11: 805. https://doi.org/10.1186/s13104-018-3909-1
  6. Henni, Jamaluddin M, Alam HA. Hubungan status gizi dengan prestasi akademik anak. J Ilm Kesehat Diagnosis 2020; 15(3): 216–220. Available from : http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/355
  7. Cahyanto EB, Mulyani S, Nugraheni A, Sukamto IS, Musfiroh M. Hubungan status gizi dan prestasi belajar. Placentum J Ilm Kesehat dan Apl. 2021; 9(1): 124–128. https://doi.org/10.20961/placentum.v9i1.45151
  8. Irawan H. Pengaruh motivasi, minat dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa semester VI di Akademi Keperawatan Dharma Husada. J Ilmu Kesehat. 2016; 4(2): 80. https://doi.org/10.20961/placentum.v9i1.45151
  9. Alang MS. Kecerdasan guru profesional : Intelektual , emosional , dan spiritual. J Ilmu Pendidik dan Kegur. 2020; 1(1): 9–20. https://doi.org/10.5281/zenodo.3952494
  10. Bariyyah K, Latifah L. Kecerdasan emosi siswa ditinjau dari jenis kelamin dan jenjang kelas. JPGI Jurnal Penelit Guru Indones. 2019; 4(2): 68–75. https://doi.org/10.29210/02379jpgi0005
  11. Padmaningrum RT. Kecerdasan emosional dosen ditinjau dari jenis kelamin. J Kependidikan. 2008; 38(2): 209-224 https://doi.org/10.21831/jk.v38i2.20732
  12. Fauziah F. Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa semester ii bimbingan konseling UIN Ar-Raniry. J Edukasi J Bimbing Konseling. 2015; 1(1): 90–98. https://doi.org/10.21831/jk.v38i2.20732
  13. Rachmadini NA, Zakir I. Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik elektro fakultas teknik Universitas Negeri Jakarta. J Electr Vocat Educ Technol 2019; 4: 27–31
  14. Darmawan I. Kiat jitu taklukkan psikotes. Jakarta: Pustaka Widyatama, 2008
  15. Lim JU, Lee JH, Kim JS, Hwang YI, Kim TY, Lim SY. Comparison of World Health Organization and Asia-Pacific body mass index classifications in COPD patients. Int J Chron Obstruct Pulmon Dis. 2017; 12: 2465-75. https://doi.ord/10.2147/COPD.S141295
  16. Desiani A, Yahdin S, Rodiah D. Prediksi tingkat indeks prestasi kumulatif akademik mahasiswa dengan menggunakan teknik data mining. J Teknol Inf dan Ilmu Komput. 2020; 7(6): 1237–1244. http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.2020722493
  17. Chakraborty M, Saswata G. Factors influencing the nutritional status among children of 6–11 years of age: a case study from an indian megacity. J Health Manag 2020; 22: 78–95. https://doi.org/10.1177/0972063420908394
  18. Jafar N, Indriasari R, Syam A, Kurniati Y. Pelatihan edukator sebaya dan pengetahuan tentang gizi seimbang pada siswa di SMUN 16 Makasar. Media Gizi Pangan 2018; 25(1): 1–10
  19. Kario AJ, Malonda NSH, Joseph WBS. Hubungan antara jenis kelamin, asupan energi, dan screen timedengan status gizi pada pelajar di SMP Katolik Santa Theresia Malalayang Kota Manado. 2015. Available from: https://adoc.pub/hugan-antara-jenis-kelamin-asupan-energi-dan-screen-time.html
  20. Nurrizka RH, Wicaksana DA. Faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi pada anak usia sekolah di SDN Bedahan 02 Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018. J Ilm Kesehat Masy Media Komun Komunitas Kesehat Masy 2019; 11(1): 35–48. https://doi.org/10.52022/jikm.v11i1.13
  21. Tarwoto, Aryani R, Nuraeni A, et al. Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya. Jakarta: Salemba Medika, 2010
  22. Apelabi MPP, Nugroho A, Handini KD. Perbedaan pengetahuan gizi dan status gizi mahasiswa tingkat 1 sampai tingkat akhir pada mahasiswa program studi S-1 Ilmu Gizi Universitas Respati Yogyakarta. 2012
  23. Mulati TS. Hubungan kecerdasan emosional dan umur mahasiswi semester I DIV Kebidanan Tahun 2017. Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Tradisional. 2017;2(1): 1–59. Available from : http://jurnal.poltekkes-solo.ac.id/index.php/JKK/article/view/302
  24. Saam, Z, & Wahyuni S. Psikologi Keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers, 2014
  25. Goleman D. Emotional Inteligen; Kecerdasan Emosional, Mengapa EI Lebih Penting dari IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2015
  26. Nyiagani PW, Kristinawati W. Kecerdasan emosi dengan resiliensi berdasarkan jenis kelamin pada remaja di panti asuhan. Philanthr J Psychol 2021; 5(2): 295–305. http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v5i2.4446
  27. Hidayah B, Ariyanto AA, Hariyadi S. Apakah emotional intelligence dipengaruhi gender?: Analisis perbedaan kecerdasan emosi kaitannya dengan manajemen konflik suami-isteri dalam masa kritis perkawinan. J Psikol Udayana 2020; 7(2): 43–52. https://doi.org/10.24843/JPU.2020.v07.i02.p05
  28. Utami NES, Yonanda DA. Hubungan gender terhadap prestasi belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 2020; 2: 144–149. Available from: https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/314
  29. Solissa J. Hubungan Status Gizi Dan Kemampuan Motorik Terhadap Prestasi Belajar Renang Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek Fkip Universitas Pattimura Ambon. J Menssana 2017; 2(1): 65–73. https://doi.org/10.24036/jm.v2i1.17
  30. Rima T, Yusuf IR, Nisa S, Aulia V, Kurniati T. Pengaruh ##wa. Pedago J Ilm Pendidik 2020; 4(1): 26–29. Available from: https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/1990
  31. Nugraheni EP, Wibowo ME, Murtadho A. Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar: analisis mediasi adaptabilitas karir pada prestasi belajar. J Bimbing Konseling 2017; 6(2): 127–134. https://doi.org/10.15294/JUBK.V6I2.21665
  32. Sumardha H, Siregar DR. Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswi semester II Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2017. J Matern Kebidanan 2019; 4(1): 2–3. https://doi.org/10.34012/jumkep.v4i1.501

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.