skip to main content

PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN INSTAGRAM TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU GIZI SEIMBANG UNTUK PENCEGAHAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 2 PADANG

Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas, Indonesia

Received: 15 Nov 2020; Published: 28 May 2021.

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Angka kejadian anemia di dunia dan Indonesia meningkat setiap tahun. Asupan makan yang tidak seimbang adalah salah satu penyebab anemia. Asupan makan yang tidak seimbang dapat disebabkan oleh pengetahuan yang rendah. Melalui edukasi gizi, remaja dapat mengubah perilaku makan ke arah yang lebih baik.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh edukasi gizi melalui Instagram terhadap perilaku gizi seimbang dalam mencegah anemia pada remaja putri.

Metode: Design penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental pre-post test with control group design. Media yang digunakan adalah Instagram sebagai media untuk kelompok intervensi dan WhatsApp sebagai media untuk kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Padang pada bulan Oktober 2019 - April 2020. Sampel penelitian terdiri dari 60 remaja putri, yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu 30 remaja putri kelompok intervensi dan 30 remaja putri kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada kelompok Instagram. Ada perbedaan pengetahuan yang signifikan antara Instagram dan kelompok kontrol. Pemberian edukasi gizi melalui Instagram berdampak pada peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada remaja putri untuk mencegah anemia di SMA Negeri 2 Padang.

Kesimpulan: Pemberian edukasi gizi melalui Instagram mempengaruhi pengetahuan tentang gizi seimbang pada remaja putri. Ahli gizi di Kota Padang diharapkan dapat menggunakan media sosial sebagai media edukasi gizi dan pengembangan media yang efektif dan efisien.

Fulltext View|Download
Keywords: anemia; instagram; edukasi gizi; media sosial

Article Metrics:

  1. Sandra F, Ahmad S, Arinda V. Gizi Anak dan Remaja. Depok: Rajagrafindo Persada. 2017
  2. Kementerian Kesehatan RI. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar tahun 2013. Jakarta: Kemenkes RI 2013
  3. Kementerian Kesehatan. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 [Internet]. Jakarta; 2018. Available from: http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf
  4. Dinas Kesehatan Kota Padang. Rekapitulasi Hasil Penjaringan Kesehatan Peserta didik di Wilayah Kab/Kota Tahun 2018. 2018
  5. Hapzah, Ramlah Y. Hubungan tingkat pengetahuan dan status gizi terhadap kejadian anemia remaja putri pada siswi kelas III di SMAN 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Media Gizi Pangan. 2012; 8(1): 20-25
  6. Fitriani K. Hubungan asupan makanan dengan kejadian anemia dan nilai praktik pada siswi kelas XI Boga SMKN 1 Buduran Sidoarjo. Jurnal Online Tata Boga. 2014; 3(1): 46-53
  7. Mahshid P. The association between nutrition knowledge and eating behavior in male and female adolescents in the US. International Journal of Food Sciences and Nutrition. 2001;52: 127-132
  8. Li L, Yue L, Jing W, Li A, Jian. Use of a knowledge-attitude-bahavior education promamme for chinese adults undergoing maintenance haemodialysos: randomized controlled trial. Journal of International Medical Research. 2016; 44(3): 557-568
  9. Supariasa, IDN. Pendidikan dan Konsultasi Gizi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. 2011
  10. Firmansyah, Didik G T, Risya C. Nutritional booklet and social media: their effects on adolescents’ fattening-food knowledge and consumption. Dalam Prosiding International Conference on Food Science and Engineering; Materials Science and Engineering. 12 – 14 Agustus 2019; Nanjing; 2019
  11. Mahendra, IT. Peran media sosial instagram dalam pembentukan kepribadian remaja usia 12-17 tahun di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. UIN Jakarta. Skripsi. 2017
  12. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: APJII. 2018
  13. Hamdan H. Pengaruh revolusi industri pada kewirausahaan demi kemandirin ekonomi. Jurnal Nusamba. 2018; 3(2):
  14. Abdullah, F. Fenomena digital era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain. 2019; 4(1): 47-58
  15. Rosini, SN. Pemanfaatan media sosial untuk pencarian dan komunikasi informasi kesehatan. Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 2018; 14(2): 226-237
  16. Indriani L Zaddana C, Nurdin NM, Sitinjak JSM. Pengaruh pemberian edukasi gizi dan kapsul serbuk daun kelor (moringa oleifera l.) terhadap kenaikan kadar hemoglobin remaja putri di universitas pakuan. Media Pharmacautica Indonesia. 2019; 2(4): 200-207
  17. Ibnu Z, Hesti P S. Edukasi gizi berbasis media sosial meingkatkan pengetahuan dan asupan remaja putri dengan kurang energi kronik (KEK). Gizi Indonesia. 2014; 42(2): 111-122
  18. Utami RP, Probosari RM, Fatmawati UMI. Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantu instagram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi. 2015;4(1):47–52
  19. Noa D, Daniel B, Mayer B, Ben Y R. Effects of social network exposure on nutrition learning: development of an online educational platform. JMIR Serious Games 2015; 3(2): 1-13
  20. Ningsih THS. Pengaruh edukasi pedoman gizi seimbang terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri kurus. Journal Of Midwifery Science 2018; 2(2); 90-99
  21. Lestari T. Kumpulan Teori untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2014
  22. Adi WP, Kintoko R, Namora L. Pengaruh media sosial dalam peningkatan pengetahuan dan sikap siswa perokok terhadap pencegahan stain gigi di SMA Negeri 1 Sei Lepan Kabupaten Langkat Tahun 2019. Jurnal Kesmas Jambi. 2019; 3(1): 31-40
  23. Michelle MC, Marissa B, Lena M. The use of social media in nutrition interventions for adolescents and young adults – a systematic review. International Journal Medical Informatics. 2018; 120: 77-91
  24. Nelia S. Does dietary knowledge influence eating behaviour of adolescents? South African Journal of Clinical Nutrition, 2010; 23(2): 62-6
  25. Norsakira J, Farha SMS, Nurul AK, Norazmir MN, Azrulhizam S, Ruzita AT. Use of instagram® to educate adolescents on nutrition labelling: a feasibility study in Selangor, Malaysia. Jurnal Gizi Pangan. 2020;15(3): 149-158

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.