skip to main content

PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN METODE CERAMAH BERBASIS BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO) DAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK GIZI PADA REMAJA TULI SLB DI SEMARANG

Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 25 Nov 2019; Published: 25 Nov 2019.

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang   : Sebanyak 73,6% siswa remaja Tuli SLB Negeri Semarang tidak mengonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran. Edukasi gizi dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap gizi, dimana keduanya memiliki peran dalam perubahan perilaku gizi remaja. Metode ini memanfaatkan indera Tuli yang bekerja dengan optimal yaitu penglihatan. Akan tetapi Tuli memiliki perbendaharaan kata yang cukup terbatas. Metode ceramah yang diterapkan di sekolah (lip-reading) diharapkan meningkatkan kemampuan Tuli menyesuaikan diri dalam kelompok sosial. Namun, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa lip-reading akan lebih optimal apabila dibersamai dengan penggunaan isyarat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh edukasi gizi dengan metode ceramah berbasis BISINDO dan booklet terhadap pengetahuan, sikap dan praktik gizi pada remaja Tuli SLB di Semarang.

Metode : Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan rancangan pre-post test group design. Subjek penelitian adalah 27 siswa SMP dan SMA LB di Semarang, yang dibagi menjadi kelompok booklet dan ceramah. Edukasi gizi diberikan oleh orang Dengar dengan bantuan juru bahasa isyarat.  

Hasil : Tidak ada beda pengetahuan (p=0,359), sikap (p=0,063), dan praktik konsumsi sayur dan buah (p=0,692) antara kedua kelompok perlakuan setelah pemberian edukasi gizi. Median nilai pengetahuan mengalami peningkatan. Walaupun kecenderungan hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan, nilai kelompok ceramah lebih baik dibandingkan kelompok booklet kecuali pada praktik konsumsi sayur dan buah.

Simpulan : Tidak ada pengaruh edukasi gizi dengan metode ceramah berbasis bahasa isyarat Indonesia (BISINDO) dan booklet terhadap pengetahuan, sikap dan praktik konsumsi sayur dan buah pada remaja Tuli SLB di Semarang

Fulltext View|Download
Keywords: Edukasi Gizi; Tuli; Ceramah; Booklet; Bahasa Isyarat

Article Metrics:

  1. Salam RA, Hooda M, Das JK, Arshad A, Lassi ZS, Middleton P, et al. Interventions to Improve Adolescent Nutrition: A Systematic Review and Meta-Analysis. Journal of Adolescent Health 2016;59(2):S29–39
  2. Kementerian Kesehatan RI. Laporan Nasional RISKESDAS 2018. Jakarta; 2019
  3. Kementerian Kesehatan RI. Perilaku Berisiko Kesehatan pada Pelajar SMP dan SMA di Indonesia. Jakarta; 2015
  4. Putra IKAS, Adhi KT. Status Gizi Penyandang Cacat ( Tunagrahita dan Tunarungu ) di sekolah luar biasa B negeri Pembina Tingkat Nasional Kelurahan Jimbaran Kabupaten Badung. Community Heatlh. 2014;II(1):32–41
  5. Maulana HDJ. Promosi Kesehatan. Yudha EK, editor. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2009
  6. Safitri NRD, Fitranti DY. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Ceramah dan Booklet terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Overweight. Journal of Nutrition College. 2016;6(Jilid 2):277–84
  7. Baldasso JG, Galante AP, De Piano Ganen A. Impact of actions of food and nutrition education program in a population of adolescents. Revista de Nutricao. 2016;29(1):65–75
  8. Widia YA. Pemerolehan Kosakata Anak Tunarungu berdasarkan Kelas Kata Bahasa Indonesia di SDLB Karya Mulia II Surabaya: Kajian Psikolinguistik. Skriptorium. 2012;1(2):129–42
  9. Worsfold S, Mahon M, Pimperton H, Stevenson J, Kennedy C. Predicting reading ability in teenagers who are deaf or hard of hearing: A longitudinal analysis of language and reading. Research of Development Disabilities. 2018;77(February):49–59
  10. Hartono NP, Wilujeng CS, Andarini S. Pendidikan Gizi tentang Pengetahuan Pemilihan Jajajan Sehat antara Metode Ceramah dan Metode Komik. Indonesian Journal of Human Nutrition. 2015;1(2):135–48
  11. Kuenburg A, Fellinger P, Fellinger J. Health Care Access Among Deaf People. Journal of Deaf Studies and Deaf Education. 2016;21(1):1–10
  12. SignHealth. Sick of It: How the Health Service Is Failing Deaf People [Internet]. 2014. Available from: www.signhealth.org.uk
  13. Deka MK, Malhotra AK, Yadav R, Gupta S. Dietary Pattern and Nutritional Deficiencies Among Urban Adolescents. Journal of Family Medicine and Primary Care. 2015;4(3):364–8
  14. Susetyowati. "Gizi Remaja" dalam Ilmu Gizi : Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2017. p. 160–9
  15. Grunert KG, Wills J, Celemín LF, Lähteenmäki L, Scholderer J, Storcksdieck genannt Bonsmann S. Socio-demographic and Attitudinal Determinants of Nutrition Knowledge of Food Shoppers in Six European Countries. Food Quality and Preference. 2012;26(2):166–77
  16. Philippou E, Middleton N, Pistos C, Andreou E, Petrou M. The Impact of Nutrition Education on Nutrition Knowledge and Adherence to The Mediterranean Diet in Adolescent Competitive Swimmers. Journal of Science and Medicine in Sport. 2017;20(4):328–32
  17. Benedict KM, Rivera MC, Antia SD. Instruction in Metacognitive Strategies to Increase Deaf and Hard-of-Hearing Students’ Reading Comprehension. Journal of Deaf Studies and Deaf Education. 2018;(July):1–15
  18. Psouni S, Hassandra M, Theodorakis Y. Exercise and Healthy Eating Intentions and Behaviors among Normal Weight and Overweight / Obese Adults. Psychology. 2016;7:598–611
  19. Bin X, Peng L, Aiqing Z, Liping Y. Decision-Making in Adolescents with Profound Hearing Loss. Journal of Deaf Studies and Deaf Education. 2018;23(3):219–27
  20. Cawthon SW. Teaching Strategies in Inclusive Classrooms With Deaf Students. Journal of Deaf Studies and Deaf Education. 2001;6(3):212–25
  21. Jones AC, Gutierrez R, Ludlow AK. Confronting the Language Barrier: Theory of Mind in Deaf Children. Journal of Communication Disorders. 2015;56:47–58
  22. Sutjipto. Pandangan Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Khusus. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 2018;3(1):73–98
  23. Ghari Z. The Cognitive, Psychological and Cultural Impact of Communication Barrier on Deaf Adults’ Content of Speech in Iran. Journal of Communcation Disorders, Deaf Studies and Hearing Aids. 2016;4:164
  24. Mohanraj B, Sevalraj I. Psychological Issues Among Hearing Impaired Adolescents. Education Science and Psychology. 2013;2(24)
  25. Roszanadia R, Norazmir MN. Knowledge, Attitude and Practice on Healthy Eating among Special Needs Boarding School Students. International Journal of Dairy Science. 2011;6(5):278–86
  26. Rani MA, Shriraam V, Zachariah R, Harries AD, Satyanarayana S, Tetali S, et al. Does A Nutrition Education Program Change The Knowledge and Practice of Healthy Diets among High School Adolescent in Chennai India ? Health Education Journal. 2012
  27. Machrus HUP. Behavioral Measurement based on Theory of Planned Behaviour. Insan Media Psikologi. 2010;12(01):64–72
  28. Duncan S, Mcphee JC, Schluter PJ, Zinn C, Smith R, Schofield G. Efficacy of a Compulsory Homework Programme for Increasing Physical Activity and Healthy Eating in Children : The Healthy Homework Pilot Study. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity. 2011;8(1):127
  29. Rachman BN, Mustika IG, Kusumawati IGAW. Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Konsumsi Buah dan Sayur Siswa SMP di Denpasar. Jurnal Gizi Indonesia. 2017;6(1)
  30. Klepp KI. Promoting Fruit and Vegetable Consumption among European Schoolchildren: Rationale, Conceptualization and Design of the Pro Children Project. Annals of Nutrition and Metabolism. 2005;49:212–20
  31. Noia J Di, Contento IR. Fruit and Vegetable Enables Adolescent Consumption that Exceeds National Average. Nutrition Research. 2010;30:396–402
  32. Azwar S. 2011. Sikap Manusia. Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  33. Domnich A, Panatto D, Gasparini R. Uncontrolled Web-Based Administration of Surveys on Factual Health-Related Knowledge: A Randomized Study of Untimed Versus Timed Quizzing. J Med Internet Res. 2015;17(4)
  34. Vandenhoff S. Does Hearing Loss Affect Introverts and Extroverts Differently? [Internet]Hearing Education and Rehabilitation for Adults. 2011
  35. Vandenhoff S. Are You Bluffing? [Intenet] Hearing Education and Rehabilitation for Adults. 2011
  36. Meguid EA, Collins M. Students’ Perceptions of Lecturing Approaches: Traditional Versus Interactive Teaching. Advances in Medical Education and Practice. 2017;8:229–41
  37. Herring-Harrison TJ, Gardner R, Lovelace TS. Adapting peer tutoring for learners who are deaf or hard of hearing. Intervention in School and Clinic. 2007;43(2):82–7

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.