skip to main content

HUBUNGAN ASUPAN PROTEIN, SENG DAN SERUM SENG PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar belakang : Defisiensi seng merupakan salah satu penyebab gangguuan pertumbuhan dan perkembangan pada anak dengan prevalensi yang bervariasi di berbagai negara berkembang. Salah satu faktor penyebab defisiensi seng adalah asupan makronutrien dan mikronutrien yang tidak adekuat, seperti asupan protein dan asupan seng.

Tujuan : Untuk menganalisa hubungan antara asupan protein, seng dan serum seng pada anak sekolah dasar

Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan cross-sectional. Jumlah subjek penelitian ini adalah 40 anak sekolah dasar (usia 9-12 tahun) di SD IT Taqwityatul Wathon dan SDN 02 Bandarharjo, Kota Semarang. Subjek dipilih dengan metode simple random sampling. Data yang dikaji meliputi karakeristik subjek, asupan protein, asupan seng, dan kadar serum seng. Data asupan diperoleh dengan menggunakan instrumen Semi Quantitative Food Frequency Questionare. Kadar serum seng menggunakan metode Atomic Absorbant Spechtrophometry (AAS). Uji statistik yang digunakan adalah uji Pearson’s.

Hasil : Sebanyak 92,5% subjek mengalami defisiensi seng dengan nilai rerata 43,98 ± 16,1 µg/dl, dan sebanyak 5% subjek masuk dalam kategori sangat pendek . Terdapat hubungan yang positif antara asupan protein dengan kadar serum seng (r=0,36, p=0,022) dengan nilai rerata asupan protein 51,31 ± 21,5 g. Ada hubungan yang positif antara asupan seng dengan kadar serum seng (r=0,46, p = 0,006) dengan dan rerata asupan seng sebesar 5,71 ± 2,3 mg. Sebagian besar asupan subjek kurang dari kebutuhan, terutama untuk asupan protein dan seng. Presentase asupan protein subjek yang tergolong kurang sebesar 47,5%, dan sebanyak 97,5% subjek memiliki asupan seng yang kurang.

Simpulan : Ada hubungan antara asupan protein, asupan seng dengan kadar serum seng pada anak sekolah dasar.

Fulltext View|Download
Keywords: Asupan seng, asupan protein, serum seng, anak sekolah dasar, defisiensi seng

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.