skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN YOGHURT KACANG MERAH TERHADAP KADAR TRIGLISERIDA PADA WANITA DISLIPIDEMIA

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Jun 2015.

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Penyakit Kardiovaskuler (PKV) merupakan salah satu penyakit degeneratif yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Resistant starch (RS) yang tinggi pada kacang merah dapat menurunkan kadar trigliserida. Kacang merah yang diolah menjadi yoghurt memiliki aktivitas antioksidan berupa isoflavon yang lebih tinggi dibanding tanpa pengolahan sehingga mampu memperbaiki kadar trigliserida darah.

Tujuan: Menganalisis pengaruh pemberian yoghurt kacang merah terhadap kadar trigliserida darah pada wanita dislipidemia

Metode : Jenis penelitian adalah true experimental. Subjek penelitian adalah 37 wanita dengan kadar trigliserida ≥100 mg/dL yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok secara acak. Kelompok perlakuan diberi yoghurt kacang merah sebanyak 225 ml/hari dan kelompok kontrol diberi sirup rendah kalori. Intervensi dilakukan selama 15 hari. Kadar trigliserida diukur menggunakan metode CHOD-PAP. Asupan makanan sebelum dan selama intervensi diukur menggunakan metode food recall 3x24 jam dan dianalisis menggunakan program nutrisurvey. Aktivitas fisik dianalisis menggunakan IPAQ. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon, independent t-test dan Mann Whitney.

Hasil : Median kadar  trigliserida awal  dan akhir pada kelompok perlakuan yaitu 136±47,7 mg/dL dan 114±45,9 mg/dL. Median kadar trigliserida awal  dan akhir pada kelompok kontrol adalah  172±14,8 mg/dL dan 169±28,0 mg/dL. Penurunan kadar trigliserida pada kelompok perlakuan lebih banyak (p=0,006) yaitu sebesar 22 mg/dL  (13,1%) , sedangkan kelompok kontrol sebesar 3 mg/dL (1,7%). Kadar Trigliserida 35% subjek kelompok perlakuan menjadi normal setelah intervensi.

Kesimpulan : Pemberian yoghurt kacang merah 225 ml/hari selama 15 hari menurunkan kadar Trigliserida wanita pre-menopause dengan dislipidemia.
Fulltext View|Download
Keywords: Yoghurt kacang merah; trigliserida; dislipidemia; wanita pre menopause
Funding: expocpnsbumn.blogspot.co.id

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.