skip to main content

Analisis Pengembangan Tim Pendataan Kunjungan Rumah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Puskesmas Manyaran Kota Semarang

*Etik Nindiya Setiya Ningrum  -  Diponegoro University, Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  , Indonesia
Nurhasmadiar Nandini  -  , Indonesia
Received: 20 Sep 2019; Published: 7 Oct 2019.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: Puskesmas Manyaran merupakan puskesmas dengan cakupan pendataan terendah di Kota Semarang dengan capaiannya sebesar 75%. Keberhasilan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga sangat dipengaruhi kegiatan pengembangan tim dalam melaksanakan pendataan kunjungan rumah PIS-PK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan tim pelaksanaan pendataan kunjungan rumah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Puskesmas Manyaran Kota Semarang.

Metode: Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik metode indepth interview. Penelitian dilakukan pada Juni-Agustus 2019. Subjek penelitian merupakan kepala Puskesmas dan Koordinator PIS-PK Puskesmas Manyaran sebagai informan utama. Sedangkan informan triangulasi yaitu Petugas PIS-PK Puskesmas Manyaran. Faktor yang dianalisis meliputi keterampilan manajemen umum dan pelaksanaan pelatihan.

Hasil: Hasil penelitian yaitu Puskesmas Manyaran sudah merencanakan pelaksanaan kegiatan pendataan, pelatihan pengisian form profil kesehatan tidak diberikan kepada seluruh petugas melainkan hanya kepada pegawai PNS, petugas telah mendapatkan pelatihan menghitung indeks keluarga sehat serta petugas lapangan sudah mampu menggunakan alat pengukur tekanan darah.

Simpulan dan Saran: Keterampilan manajemen umum petugas pendataan kunjungan rumah sudah memiliki keterampilan sesuai tugasnya masing-masing. Pelaksanaan pelatihan untuk menunjang pendataan kunjungan rumah belum optimal, pelatihan yang tersedia hanya berasal dari dinas dan diperuntukkan bagi petugas yang termasuk dalam golongan PNS saja. Penelitian ini menyarankan kepada Puskesmas Manyaran untuk melaksanakan pelatihan rutin bagi seluruh petugas agar mendukung baik kemampuan maupun keterampilan manajemen umum petugas dalam pelaksanaan pendataan kunjungan rumah sehingga dapat berjalan lebih baik dan mampu mencapai target secara optimal.

 

Kata Kunci: Pengembangan tim, pendataan, PIS-PK

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Untitled
Subject
Type Other
  Download (B)    Indexing metadata
 Research Results
Untitled
Subject Team development, data collection, PIS-PK
Type Research Results
  Download (49KB)    Indexing metadata
Keywords: Team development, data collection, PIS-PK

Article Metrics:

Article Info
Section: Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Language : ID
Recent articles
ANALISIS PENYELENGGARAAN PENGAWASAN PROGRAM PENDAMPINGAN IBU HAMIL DAN IBU NIFAS RISIKO TINGGI OLEH TIM PENGGERAK PKK KECAMATAN PEDURUNGAN (DALAM PERSPEKTIF PERENCANAAN DAN MEKANISME) ANALISIS MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN KLINIK PRATAMA UNDIP HUBUNGAN PENDIDIKAN, BUDAYA, TEMAN SEBAYA DENGAN PERNIKAHAN USIA MUDA DI KECAMATAN KANDANGHAUR INDRAMAYU TAHUN 2018 The Association Some Factors With Anxiety Postpartum in Semarang City HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PENGENDALIAN VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DENGAN PRAKTIK PENGGUNAAN INSEKTISIDA RUMAH TANGGA DI KELURAHAN TEMBALANG HUBUNGAN ANTARA KEBERSIHAN DIRI DAN PRAKTIK HIGIENE PENJUAL DENGAN KEBERADAAN Escherichia coli PADA NASI RAMES DI PASAR TRADISIONAL KOTA SEMARANG PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN MEDIA SAMPUL BUKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG ANEMIA REMAJA PUTRI (studi pada siswi kelas VII di SMP Teuku Umar Semarang) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA TERKAIT PENCEGAHAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (Studi pada Remaja Putri SMA Kelas XI di SMA Negeri 14 dan SMA Negeri 15 Kota Semarang) HUBUNGAN BEBAN KERJA, IKLIM KERJA, DAN POSTUR KERJA TERHADAP KELUHAN MUSCULOSKELETAL PADA PEKERJA BAGGAGE HANDLING SERVICE BANDARA (Studi Kasus di Kokapura, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang) FAKTOR-YANG-BERHUBUNGAN-DENGAN-STRES KERJA-PADA-PEKERJA PENANGANAN PRASARANA DAN-SARANA UMUM JAKARTA BARAT (Studi Kasus di KeIurahan Pinangsia dan KeIurahan Krukut Jakarta Barat) EVALUASI KINERJA INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DENGAN SISTEM LUMPUR AKTIF (ACTIVATED SLUDGE) DI RUMAH PEMOTONGAN UNGGAS PENGGARON SEMARANG Analisis Sebaran Kasus TB Paru BTA Positif di Kota Semarang Tahun 2018 berdasarkan Suhu Udara STRATEGI COPING STRESS KEJADIAN BULLYING (PERUNDUNGAN) SISWA SMP DI WILAYAH KECAMATAN BANYUMANIK ANALISIS PERSEPSI STAKEHOLDER DALAM KEBUTUHAN PENDIDIKAN TERINTEGRASI PENCEGAHAN PERILAKU BERISIKO REMAJA More recent articles

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.