skip to main content

Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip)?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

PETUNJUK UMUM FORMAT PENULISAN
Tata tulis manuscript harus mengikuti aturan berikut ini:

  1. Manuscript yang didaftarkan harus menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Manuscript ditulis dengan menggunakan Microsoft Word. Huruf yang digunakan adalah Times New Romans dengan besar 12, dalam spsasi 1,5, batas sembir baik kanan kiri dan atas bawah adalah 2 cm pada ukuran kertas A4 dengan kolom tunggal.
  2. Unsur-unsur manuscript terdir dari: (a) Judul, (b) Nama penulis (tanpa gelar) dan dipisahkan dengan tanda koma bila penulis lebih dari satu, (c) Afiliasi penulis (Fakultas, Universitas/Lembaga/Badan)  (d) Abstrak dan kata kunci, (e) Pendahuluan (f) Metode, (g) Hasil dan pembahasan, (h) Kesimpulan, (i) Daftar pustaka.

Petunjuk Penulisan

JUDUL: Judul artikel harus ditulis secara singkat dan jelas, dan harus menunjukkan dengan tepat masalah yang akan diuraikan, tidak memberikan peluang interpretatif yang beragam, ditulis seluruhnya dalam huruf besar simetris. Judul artikel tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak biasa. Mengedepankan gagasan utama dari artikel baru diikuti dengan penjelasan lain.
ABSTRAK: Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris. Jumlah kata dibatasi hingga maksimum 250. Abstrak memuat ringkasan artikel, yang mencakup latar belakang, tujuan dan ruang lingkup penelitian, metode yang digunakan, ringkasan temuan dan kesimpulan serta saran. Kata kunci bisa berupa kata ataupun frasa. Kata kunci bahasa Inggris dari 3-5 kata kunci dimasukkan setelah abstrak bahasa Inggris. Setiap kata kunci dipisahkan oleh koma (,).
PENDAHULUAN: Pendahuluan harus memuat (secara berurutan) latar belakang umum, tinjauan pustaka sebelumnya sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah artikel, analisis kesenjangan atau pernyataan kebaruan ilmiah, masalah penelitian atau hipotesis, pendekatan pemecahan masalah dan tujuan peninjauan artikel. Dalam format artikel ilmiah tidak diperbolehkan tinjauan pustaka seperti dalam laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk tinjauan pustaka sebelumnya untuk menunjukkan kebaruan ilmiah dari artikel tersebut.
METODE PENELITIAN: Metode penelitian menggambarkan tahapan penelitian / pengembangan yang dilakukan untuk mencapai tujuan / sasaran penelitian. Setiap tahap dijelaskan secara singkat (misalnya setiap langkah dalam paragraf). Juga informasikan bahan / platform yang digunakan dalam penelitian, termasuk mata pelajaran / materi yang dipelajari, alat bantu / perangkat lunak yang digunakan, desain atau eksperimen yang digunakan, teknik pengambilan sampel, rencana pengujian (variabel yang akan diukur dan teknik pengambilan data) , analisis dan model statistik yang digunakan.
HASIL & PEMBAHASAN: Hasil berisi temuan penting dari penelitian yang dilakukan yang disampaikan dalam bentuk tabel/gambar/diskripsi sesuai dengan tujuan penelitian. Perlu dihindari duplikasi dalam penyampaian informasi hasil dalam bentuk narasi kalimat dengan data tabel/gambar.  Temuan ilmiah dari hasil penelitian harus dibahas dan dijelaskan secara ilmiah meliputi: Apa temuan ilmiah yang diperoleh? Kenapa ini terjadi? Mengapa tren variabel seperti itu? Semua pertanyaan semacam itu harus dijelaskan secara ilmiah, tidak hanya secara deskriptif, jika perlu didukung oleh fenomena dasar ilmiah yang memadai. Selain itu, juga harus dibandingkan dengan hasil peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil  temuan harus dapat menjawab hipotesis penelitian dalam pendahuluan. Dalam bagian ini juga disarankan untuk menuliskan implikasi dari hasil teoritis dan implementasi.     

SIMPULAN: Kesimpulan hanya menjawab hipotesis dan / atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh dinyatakan dalam narasi kalimat (tidak dalam bentuk bullets/numbering). Kesimpulan tidak mengandung pengulangan dari hasil dan diskusi, melainkan untuk meringkas temuan seperti yang diharapkan dalam tujuan atau hipotesis. Jika perlu pada akhir kesimpulan juga dapat ditulis hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan ide penelitian selanjutnya, serta bila perlu dituliskan saran berdasarkan temuan-temuan hasil riset ini.
UCAPAN TERIMA KASIH: Ucapan terimakasih yang tepat harus ditujukan kepada lembaga atau orang yang dapat memberikan kontribusi pada proses penelitian atau elaborasi naskah.

DAFTAR PUSTAKA: Semua referensi yang dimaksud dalam teks artikel harus terdaftar di daftar pustaka. Referensi harus memuat pustaka referensi yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah) yang diterbitkan dalam 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel mengandung setidaknya 16 (enam belas) referensi bibliografi. Menulis sistem rujukan dalam teks artikel dan bibliografi harus menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau yang lain. Daftar pustaka ditulis dengan modle Vancouver.


DAFTAR TILIK PERSIAPAN PENGAJUAN MANUSCRIPT
Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diminta untuk memeriksa kepatuhan pengiriman mereka dengan semua item berikut, dan pengiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi panduan ini.
1. Pengajuan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah disediakan dalam Komentar untuk Editor).
2. File pengiriman ada dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau WordPerfect.
3. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
4. Teksnya spasi tunggal; menggunakan font 12-titik; menggunakan cetak miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang tepat, daripada di bagian akhir.
5. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis, yang ditemukan di Tentang Jurnal.
6. Jika mengirimkan ke bagian peer-review jurnal, instruksi dalam Memastikan Ulasan Buta telah diikuti.

PEMBERITAHUAN HAK CIPTA
Para penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan ditugaskan untuk Jurnal Kesehatan Masyarakat / JKM ) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal.

Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari Jurnal JKM dan Fakultas Kesehatan  Masyarakat, Universitas Diponegoro.

PERNYATAAN PRIVASI
Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan lain dari jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM, p-ISSN: 2715-5617, e-ISSN:2356-3346) and Faculty of Public Health, Diponegoro University as the publisher of the journal. Copyright encompasses the rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.

JKM journal and Faculty of Public Health, Diponegoro University, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the JKM journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.

The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JKM journal]
The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail or scanned document to jkm@live.undip.ac.id.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.