Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Refleksi Diri Pustakawan dalam Program Reflective Listening di Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana

*Atik Zuliana  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Gani Nur Pramudyo  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kegiatan rohani merupakan salah satu kegiatan yang mempraktikkan refleksi diri. Refleksi diri merupakan hal penting dalam menjalankan kehidupan profesi. Pustakawan yang melakukan refleksi diri dapat melakukan evaluasi terhadap dirinya sehingga dapat menunjang kehidupan profesinya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui refleksi yang dilakukan pustakawan dalam program reflective listening di Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Sedangkan untuk teknik penentuan sampelnya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan melakukan proses refleksi berasal dari mendengarkan renungan yang kemudian direfleksikan guna menjadikan pelajaran agar tidak terulang kembali. Pustakawan mendapatkan empat poin pemaknaan terhadap profesinya yakni pustakawan sebagai profesi yang melayani pemustaka, pustakawan mengikuti perkembangan zaman, pustakawan yang bertanggung jawab pada profesi, dan sudut pandang pustakawan sebagai profesi serba bisa.

Fulltext
  1. Borgias, F. (2015). Arti Penting “Refleksi” dalam Dunia Pendidikan. Unpar.Ac.Id. https://unpar.ac.id/arti-penting-refleksi-dalam-dunia-pendidikan/
  2. Christiani, L. (2021). Kerangka Dasar Kepustakawanan Indonesia: Redefinisi Kepustakawanan Indonesia. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 5(2), 251–262. https://doi.org/10.14710/anuva.5.2.251-262
  3. Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Rineka Cipta
  4. Galil, M. A. Al, & Galil, H. A. Al. (2019). The Effect of Using Reflective Listening on Developing EFL Adults’ Oral Fluency [Ain Shams University]. In Ain Shams University. https://eric.ed.gov/?id=ED592977
  5. Graham, M., & Johns, C. (2019). Becoming Student Kind: a Nurse Educator′s Reflexive Narrative Inquiry. Nurse Education in Practice, 39, 111–116. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2019.07.007
  6. Helyer, R. (2015). Learning through Reflection: The Critical Role of Reflection in Work-Based Learning (WBL). Journal of Work-Applied Management, 7(1), 15–27. https://doi.org/10.1108/JWAM-10-2015-003
  7. Republik Indonesia. (2014). Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa. In Undang-undang. https://peraturan.bpk.go.id/Details/38646/uu-no-18-tahun-2014
  8. Latifah, N. (2022). Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Bimbingan Rohani Islam di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16998/1/Skripsi_1601016033_Nurul_latifah.pdf
  9. Oktaviani, N. E., Yanto, A., & Rachmawati, T. S. (2018). Makna Profesi Pustakawan: Studi Fenomenologi tentang Profesi Pustakawan Lulusan Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli (CPTA). Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 190. https://doi.org/10.22146/bip.33434
  10. Pendit, P. L. (2002). Kepustakawanan Berbasis Inklusi Sosial. Perpusnas.Go.Id, 4(2). https://www.perpusnas.go.id/majalah-online/visi-pustaka/vol-04-no-2-desember-2002/kepustakawanan-berbasis-inklusi-sosial
  11. Sudarsono, B. (2014). Kerangka Dasar Kepustakawanan Indonesia. https://www.academia.edu/33665432/KERANGKA_DASAR_KEPUSTAKAWANAN_INDON ESIA1
  12. Sudarsono, B. (2018). Cerita tentang Pustakawan Dan Kepustakawanan. In הארץ (Issue 8.5.2017). Perpustakaan Nasional RI
  13. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta
  14. Tutpai, G., Martini, M., Maratning, A., & Andi, L. (2022). Kegiatan Refleksi Diri Dalam Manajemen Stres Kerja Perawat. Jurnal Suaka Insan Mengabdi, 4(2), 44–50
  15. https://doi.org/10.51143/jsim.v4i2.409
  16. Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan dalam Persfektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 275–2742
  17. Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif dan Penelitian Gabungan. Kencana
  18. Zuriah, N. (2007). Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. PT Bumi Aksara

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.