Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Upaya Peningkatan Minat Kunjung Pemustaka melalui Pendidikan Pemakai sebagai Media Promosi Perpustakaan

*Lutfiah Lutfiah  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk melakukan upaya peningkatan minat kunjung pemustaka melalui pendidikan pemakai sebagai media promosi perpustakaan. Hal ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan perpustakaan di Indonesia yang pada saat ini masih tergolong rendah. Perpustakaan sebagai pusat sumber pengetahuan dan informasi berperan penting terhadap pemustaka yang sedang mencari kebutuhan informasi. Akibatnya, perpustakaan dituntut untuk dapat menciptakan inisiatif dan ide guna meningkatkan minat kunjung pemustaka. Salah satu cara untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan adalah dengan meningkatkan jumlah kunjungan pemustaka. Cara yang digunakan dalam pembahasan ini untuk meningkatkan jumlah kunjungan pemustaka adalah dengan melakukan kegiatan promosi perpustakaan. Terdapat beberapa macam cara yang dilakukan guna mempromosikan perpustakaan yaitu dengan melakukan pendidikan pemakai. Dimana pendidikan pemakai disini dilakukan dengan dua metode yaitu orientasi perpustakaan dan pengajaran perpustakaan. Dua metode tersebut dapat dilakukan dan dimanfaatkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perpustakaan.
Fulltext View|Download
Keywords: pendidikan pemakai; promosi perpustakaan; minat kunjung pemustaka
  1. Asdam, B. (2015). Minat baca dan promosi perpustakaan sebagai sarana mendekatkan masyarakat pada perpustakaan. Jupiter, XIV(1), 32–37
  2. Fatimah. (2018). Perpustakaan, manfaat, kelebihan dan kekurangan. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 30–35
  3. Hak, A. A. (2004). Pendidikan pemakai : Perubahan prilaku pada siswa madrasah dalam sistem pembelajaran berbasis perpustakaan. Al-Maktabah, 6(1), 112–124. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/1632/1371%5Cnhttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/31092/1/Ade Abdul Hak.pdf
  4. Mustinda, S. (2010). Promosi yang di lakukan di perpustakaan KementrianPendidikan Nasional RI. Jurnal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1–2
  5. Nafiah, S. (2019). Efektivitas brosur sebagai media pendidikan pemakai untuk meningkatkan pengetahuan tentang perpustakaan di Sma Negeri 3 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(04), 249–259
  6. Permata Ganggi, R. I. (2017). Pendidikan Pemakai di Perpustakaan Sebagai Upaya Pembentukan Pemustaka yang Literasi Informasi. Khizanah AlHikmah :Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(1), 121–128. https://doi.org/10.24252/kah.v5i1a11
  7. Santoso, H. (2007). Promosi Sebagai Media Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah. Jurnal Perpustakaan Sekolah, 1(6), 1–8
  8. Santoso, H. (2015). Pelaksanaan pendidikan pemakai perpustakaan (P3) sebagai media promosi melalui pengenalan kehidupan perguruan tinggi (PKPT).Pustakawan Universitas Negeri Malang, 1–12. Retrieved from http://library.um.ac.id/images/stories/pustakawan/pdfhasan/pendidikanpemakai.pdf
  9. Sari, E. A. (2019). Peran Pustakawan Ai (Artificial Intelligent) Sebagai Strategi Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Era Revolusi 4.0. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.17977/um008v3i12019p064
  10. Suharso, P., & Setyowulandari, Y. (2014). Strategi Pemberian Reward untuk Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa di Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. EduLib, 1(2), 13–24
  11. Suharso, P., & Pramesti, A. N. (2020). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi di Perpustakaan Universitas Airlangga. Publication Library andInformation Science, 3(2), 66. https://doi.org/10.24269/pls.v3i2.2074

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.