Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Promosi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Menggunakan Instagram sebagai Sarana Mendekatkan Masyarakat pada Perpustakaan

*Oktavia Lutfi Mu’alifah  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan. Hal ini dilatarbelakangi oleh sebuah perpustakaan yang belum memiliki daya tarik kuat kepada pemustaka. Pemustaka sering merasa kecewa, tidak puas, dan jengkel karena beberapa faktor yang ada di perpustakaan seperti jumlah koleksi yang kurang lengkap, pustakawan yang galak, suasana perpustakaan yang membosankan. Akibatnya masyarakat akan buta dengan informasi dan minat baca masyarakat pun akan turun. Sehingga menyebabkan lemahnya pengetahuan pada masyarakat tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literatur dan pengambilan data melalui observasi secara online. Pengambilan data dilakukan selama kurang lebih 1 minggu yaitu pada tanggal 12–19 Juni 2020. Tulisan berdasar studi pustaka ini menguraikan tentang promosi perpustakaan perguruan tinggi melalui salah satu media sosial untuk meningkatkan masyarakat dalam berkunjung ke perpustakaan. Dalam penelitian ini, penulis secara khusus membahas tentang instagram sebagai sarana promosi perpustakaan.  Instagram digunakan sebagai media promosi karena pada saat ini media sosial yang paling mudah digunakan dan cukup efektif.
Fulltext View|Download
Keywords: Promosi perpustakaan; instagram; perpustakaan perguruan tinggi.
  1. Almas, I., & Krismayani, I. (2019). Kaji Tindak Penggunaan Meme dalam KegiatanPromosi Koleksi Ebook di Perpustakaan SMA Negeri 3 Semarang. Jurnal IlmuPerpustakaan, 6(3), 441–450
  2. Asdam, B. (2015). Minat Baca dan Promosi Perpustakaan sebagai Sarana MendekatkanMasyarakat pada Perpustakaan. JUPITER, XIV(1), 32–37
  3. Dewi, L. (2014). Peran Perpustakaan dan Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah/Madrasah. EduLib, 1(2), 57–83
  4. Hasanah, N., Nugroho, L. E., & Nugroho, E. (2015). Analisis Efektivitas Iklan Jejaring Sosial sebagai Media Promosi Menggunakan EPIC Model. Scientiifc Journal of Informatics, 2(2), 99–110
  5. Islam, Md. Shariful Islam, M. N. (2009). Marketing of Library and Information Products and Services: a Theoretical Analysis. Business Information Review, 26(2), 123–132. https://doi.org/10.1177/0266382109104414
  6. Melfianora. (n.d.). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. UPT Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian, 1–3
  7. Meutia Puspita Sari. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau.JOM FISIP, 4(2), 1–13
  8. Nutsiah, A. (2016). Promosi Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Perpustakaan. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 1(3), 1–22
  9. Suharso, P. (2018). Library Development Strategy for The Community at Coastal Areas. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 166(1), 1–7
  10. Suharso, P. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi di Perpustakaan Universitas Airlangga Library Promotion Through the Instagram: Library Airlangga University. Publication Library and Information Science, 3(2), 66–74

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.