Layanan Administrasi Kependudukan Pasca Penerapan “Arsip Masuk Desa” di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang

*An-Nisaa Kiftina Qurrota A’yun  -  Prodi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Roro Isyawati Permata Ganggi  -  Prodi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Published: 23 Dec 2019.
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Abstract
Layanan yang berada pada sebuah organisasi pemerintahan diharapkan dapat memberikan informasi
layanan administrasi secara efektif bagi kebutuhan masyarakat terutama dalam proses dibidang data
kependudukan. Hal ini dapat dilakukan dengan kegiatan layanan administrasi kependudukan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui layanan administrasi kependudukan pasca penerapan “Arsip Masuk Desa” di
Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan enam orang informan
dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik
(thematic analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Balai Desa Lerep telah melakukan
beberapa tahapan program “Arsip Masuk Desa” yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan
Perpustakaan Kabupaten Semarang. Hasil implementasi program “Arsip Masuk Desa” di Kantor Balai
Desa Lerep yaitu perangkat desa mampu mengelola arsip tekstual sesuai dengan pedoman pengelolaan arsip
dan perangkat desa mampu menggunakan aplikasi E-arsip sebagai bentuk otomasi sistem kearsipan untuk
menyimpan dan mengelola surat masuk atau keluar. Setelah diterapkan “Arsip Masuk Desa” pelayanan
administrasi kependudukan di Kantor Balai Desa Lerep terdapat perubahan yang cukup mendasar terutama
dari segi prosedur pelayanan menjadi lebih mudah, waktu pelayanan semakin cepat, penyediaan fasilitas
fisik yang memadai, terjaminnya biaya pelayanan dan perangkat desa mampu memberikan kepastian dalam
layanan administrasi kependudukan di Kantor Balai Desa Lerep.

Article Metrics:

  1. Arsip Masuk Desa, Solusi Problem DPT dan BLT (2009,
  2. Agustus 31). Kompas Online. Diakses dari
  3. http://www.kompas.com
  4. Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis
  5. in Psychology. Qualitative Research in
  6. Psychology, 3(2), 77–101.
  7. Creswell, John.W. (2010). Research Design: Qualitative,
  8. Quantitative, and Mixed Methods Approaches
  9. (3th ed). Los Angeles: Sage.
  10. Esterberg, K. G. (2002). Qualitative Methods in Social
  11. Research. New York: McGraw Hill.
  12. Jateng Wujudkan Arsip Data di Semua Desa. (2009,
  13. Maret 19). Kompas Online. Diakses dari
  14. http://www.kompas.com.
  15. Presiden Canangkan Arsip Masuk Desa. (2009, Agustus
  16. . Kompas Online. Diakses dari
  17. http://www.kompas.com.
  18. Rokhmatun, B. D. (2017). Implementasi Program Arsip
  19. Masuk Desa. Jurnal of Jurnal Pengembangan
  20. Kearsipan, 10(1), 31-52.
  21. Satoto, K. I., Rochim, A. F., Christyono, Y., Handayani, T., Taufiq, A., & Suharso, P. (2011). Studi Perbaikan Pengelolaan Perpustakaan dan Sistim
  22. Pengelolaan Arsip & Dokumen di PT Badak NGL. Jurnal Sistem Komputer, 1(1), 21–30.
  23. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif,
  24. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  25. Sulistyo-Basuki. (2006). Metode Penelitian. Jakarta:
  26. Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu
  27. Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
  28. Titu, M.A. & Bucur, A. Qual Quant (2016). Models for
  29. Quality Analysis of Services in the Local Public
  30. Administration. Quality and Quantity:
  31. International Journal of Methodology, 50, 921 .
  32. Diakses dari https://doi. org/10.1007/s11135-
  33. -0183-3.
  34. Zumrah, A. R. (2014). Service Quality in Malaysian
  35. Public Sector: The role of transfer of
  36. training. Procedia-Social and Behavioral
  37. Sciences, 144, 111-117. Diakses dari
  38. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.279