slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Peran Sentra Advokasi Perempuan Difabel Dan Anak Terhadap Kaum Difabel Dalam Pemenuhan Aksesibilitas Informasi | Maulana | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Peran Sentra Advokasi Perempuan Difabel Dan Anak Terhadap Kaum Difabel Dalam Pemenuhan Aksesibilitas Informasi


Citation Format:
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peran Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak terhadap Kaum Difabel dalam
Pemenuhan Aksesibilitas Informasi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Sentra
Advokasi Perempuan, Difabel, dan Anak Kota Yogyakarta dalam memenuhi aksesibilitas informasi penyandang
difabel. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif yang dilakukan di kantor Sentra Advokasi Perempuan, Difabel, dan Anak (SAPDA) Kota
Yogyakarta. Informan penelitian berjumlah 4 orang dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengolahan data
dan analisis menggunakan model analisis Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Uji keabsahan data mengacu pada Sugiyono dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian
membuktikan bahwa peran SAPDA dalam menyediakan aksesibilitas informasi untuk penyandang difabel terdiri
dari tiga upaya khusus, yaitu menjalin kerjasama dengan beberapa perpustakaan serta pemerintah kota Yogyakarta,
membentuk perpustakaan khusus difabel di kantor SAPDA, dan peningkatan kapasitas internal Lembaga SAPDA.
Fulltext View|Download
Keywords: aksesibilitas informasi; penyandang difabel; SAPDA
  1. Aziz, S. (2014). Perpustakaan Ramah Difabel
  2. Yogyakarta: Ar-Ruzz
  3. B. Suyanto, dan Sutinah. (2011). Metode Penelitian
  4. Sosial Berbagai Alternatif. Jakarta: Kencana
  5. Todaro
  6. Boengin, B. (2012). Analisis Data Penelitian
  7. Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  8. Isrowiyanti. (2013). Mewujudkan Perpustakaan
  9. Perguruan Tinggi yang Ramah Difabel
  10. Baca: Jurnal Dokumentasi dan Informasi,
  11. -58
  12. Muhadjir, N. (1996). Metodologi Penelitian
  13. Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin
  14. Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian
  15. Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press
  16. Group
  17. Nations, U. (2006). United Nations Convention on
  18. the Rights of Persons with Disabilities., (p
  19. Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak
  20. Profil SAPDA. Sumber:
  21. < http://sapdajogja.org/?cat=13> diakses
  22. pada [25 Januari 2016]
  23. Soekanto, S. (2002). Sosiologi: Suatu Pengantar
  24. Jakarta: Raja Persada
  25. Sopari, M. (2016). Karakteristik dan Keusangan
  26. Literatur: Suatu Kajian Bibliometrik Pada
  27. Skripsi Fakultas Ilmu Budaya Universitas
  28. Diponegoro Tahun 2015. Semarang
  29. Sumber < http://eprints.undip.ac.id/>
  30. diunduh [27 November 2017]
  31. Sulistyo-Basuki, (1991). Pengantar Ilmu
  32. Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka
  33. Utama
  34. Suci, P. (2014). Kajian Aksesibilitas Terhadap Ruang
  35. Terbuka di Perumahan Terencana Kota
  36. Medan Pada Skripsi Departemen Arsitektur
  37. Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara
  38. Tahun 2014. Medan. Sumber
  39. . diunduh [14
  40. Agustus 2019]
  41. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif,
  42. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.