Kualitas Layanan Sirkulasi Terhadap Kepuasan Pemustaka Pasca Sentralisasi di Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Pada Mahasiswa Angkatan 2015

Published: 12 Sep 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kualitas layanan sirkulasi terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara pada mahasiswa angkatan 2015. Penelitian ini akan mengukur
kualitas layanan sirkulasi menggunakan metode Libqual+TM dengan dimensi yang meliputi: service of
affect, library as place, personal control, dan information acces. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengetahui kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara pada
mahasiswa angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan desain penelitian
kuantitatif yang menggunakan metode korelasional, Jumlah sampel sebesar 87 responden, yang
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data utama
menggunakan kuesioner, alat ukur jawaban dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah
analisis statistik deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi dan analisis koefisien korelasi
Spearman. Hasil analisis kualitas layanan sirkulasi terhadap kepuasan pemustaka pasca sentralisasi di
Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara pada mahasiswa angkatan 2015 secara umum
responden menilai baik untuk kualitas layanan sirkulasi dan puas untuk menilai kepuasan pemustaka. Hasil
uji koefisien korelasi Spearman adalah 0,406 yakni variabel-variabel berkorelasi positif, hipotesis nilai sig
hitung adalah 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Keywords: kepuasan pemustaka; kualitas layanan sirkulasi; sentralisasi Perpustakaan Unisnu Jepara

Article Metrics:

  1. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu
  2. Pendekatan Praktik. Jakarta, DKI: Rineka Cipta
  3. Cresswell, John W. (2017). Research Design:
  4. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan
  5. Campuran Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka
  6. Pelajar
  7. Fatmawati, Endang. (2013). Matabaru Penelitian
  8. Perpustakaan: Servqual ke LibQualTM. Jakarta,
  9. DKI: Sagung Seto
  10. Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate
  11. dengan Program IBM SPSS. Semarang:
  12. Universitas Diponegoro
  13. Hasan, M. Iqbal. (2005). Pokok – Pokok Materi Statistik
  14. : Statistik Inferensif. Jakarta, DKI: Bumi Aksara
  15. Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan
  16. Sosial. Jakarta: Referensi
  17. Kotler, Philip dan Keller. (2009). Manajemen
  18. Pemasaran. Ed. 13. Jakarta, DKI: ErlanggaKountur, Ronny. (2007). Metode Penelitian Untuk
  19. Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit
  20. PPM
  21. Lasa, HS. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia.
  22. Yogyakarta: Pustaka Book Publiser
  23. Prayitno, Dwi. 2008. SPSS untuk Menganalisis Korelasi
  24. Regresi dan Multivariate. Yogyakrta: Gavamedia
  25. Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif.
  26. Sidoarjo: Zifatama
  27. Qalyubi, S. (2003). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan.
  28. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan
  29. Informasi, Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga
  30. Rahayuningsih, Fransisca. (2015). Mengukur Kepuasan
  31. Pemustaka: Menggunakan Metode Libqual+TM.
  32. Yogyakarta: Graha Ilmu
  33. Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel
  34. Penelitian. Bandung: Alfabeta
  35. Rusiana, Sjahrial. (2000). Pedoman Penyelenggaraan
  36. perpustakaan. Jakarta, DKI: Djambatan
  37. Sudjarwo dan Basrowi, (2009). Manajemen Penelitian
  38. Sosial. Bandung: CV Mandar Maju
  39. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantutatif dan
  40. R&D. Bandung: Alfabeta
  41. Sujarwaeni, V. Wiratna. (2014). SPSS untuk penelitian.
  42. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
  43. Suharso, Putut, and Yulika Setyowulandari. 2014. “Strategi Pemberian Reward Untuk Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa Di Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang.” EDULIB: Journal of Library and Information
  44. Science 4(2): 13–24.
  45. Sutardji dan Sri Ismi Maulidyah. (2006). Analisis
  46. Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Pada
  47. Kepuasan Pengguna Perpustakaan: Studi kasus di
  48. Perpustakaan Balai Penelitian Tanaman Kacangkacangan
  49. dan Umbiumbian. Jurnal Perpustakaan
  50. Pertanian. 15, 33-37. Diakses dari:
  51. http://203.109.37.42./publikasi/ppl52062.pdf.
  52. Sutarno, NS. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu
  53. Pendekatan Praktis. Jakarta, DKI: Sagung Seto
  54. Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi
  55. dan Tesis Bisnis. Jakarta, DKI: Rajawali Pers
  56. Uyanto, Stanislaus S. (2009). Pedoman Analisis Data
  57. dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu
  58. Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,
  59. Kualitatif dan Penelitian gabungan. Jakarta,
  60. DKI: Kencana