Kualitas Layanan Sirkulasi Terhadap Kepuasan Pemustaka Pasca Sentralisasi di Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Pada Mahasiswa Angkatan 2015
Published: 12 Sep 2019.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kualitas layanan sirkulasi terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara pada mahasiswa angkatan 2015. Penelitian ini akan mengukur
kualitas layanan sirkulasi menggunakan metode Libqual+TM dengan dimensi yang meliputi: service of
affect, library as place, personal control, dan information acces. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengetahui kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara pada
mahasiswa angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan desain penelitian
kuantitatif yang menggunakan metode korelasional, Jumlah sampel sebesar 87 responden, yang
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data utama
menggunakan kuesioner, alat ukur jawaban dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah
analisis statistik deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi dan analisis koefisien korelasi
Spearman. Hasil analisis kualitas layanan sirkulasi terhadap kepuasan pemustaka pasca sentralisasi di
Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara pada mahasiswa angkatan 2015 secara umum
responden menilai baik untuk kualitas layanan sirkulasi dan puas untuk menilai kepuasan pemustaka. Hasil
uji koefisien korelasi Spearman adalah 0,406 yakni variabel-variabel berkorelasi positif, hipotesis nilai sig
hitung adalah 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara pada mahasiswa angkatan 2015. Penelitian ini akan mengukur
kualitas layanan sirkulasi menggunakan metode Libqual+TM dengan dimensi yang meliputi: service of
affect, library as place, personal control, dan information acces. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengetahui kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara pada
mahasiswa angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan desain penelitian
kuantitatif yang menggunakan metode korelasional, Jumlah sampel sebesar 87 responden, yang
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data utama
menggunakan kuesioner, alat ukur jawaban dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah
analisis statistik deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi dan analisis koefisien korelasi
Spearman. Hasil analisis kualitas layanan sirkulasi terhadap kepuasan pemustaka pasca sentralisasi di
Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara pada mahasiswa angkatan 2015 secara umum
responden menilai baik untuk kualitas layanan sirkulasi dan puas untuk menilai kepuasan pemustaka. Hasil
uji koefisien korelasi Spearman adalah 0,406 yakni variabel-variabel berkorelasi positif, hipotesis nilai sig
hitung adalah 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Keywords: kepuasan pemustaka; kualitas layanan sirkulasi; sentralisasi Perpustakaan Unisnu Jepara
Article Metrics:
Others articles
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KEARSIPAN DINAMIS (SIKD) DALAM PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS DI SUBBAG UMUM DAN KEPEGAWAIAN BAPPEDA PROVINSI JAWA TENGAH
PENGARUH TATA RUANG KANTOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI ARSIP DI BADAAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus Di Bidang Arsip Dinamis Dan Arsip Statis)
ANALISIS PENGELOLAAN ARSIP KEPEGAWAIAN DALAM PROSES TEMU KEMBALI ARSIP DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA SEMARANG
PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN : STUDI KASUS LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN STIKES WIDYA HUSADA SEMARANG
ANALISIS PRESERVASI ARSIP STATIS DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA SEMARANG
ANALISIS PEMANFAATAN BUKU ELEKTRONIK ( E-BOOK ) OLEH PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 SEMARANG
- Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu
- Pendekatan Praktik. Jakarta, DKI: Rineka Cipta
- Cresswell, John W. (2017). Research Design:
- Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan
- Campuran Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka
- Pelajar
- Fatmawati, Endang. (2013). Matabaru Penelitian
- Perpustakaan: Servqual ke LibQualTM. Jakarta,
- DKI: Sagung Seto
- Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate
- dengan Program IBM SPSS. Semarang:
- Universitas Diponegoro
- Hasan, M. Iqbal. (2005). Pokok – Pokok Materi Statistik
- : Statistik Inferensif. Jakarta, DKI: Bumi Aksara
- Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan
- Sosial. Jakarta: Referensi
- Kotler, Philip dan Keller. (2009). Manajemen
- Pemasaran. Ed. 13. Jakarta, DKI: ErlanggaKountur, Ronny. (2007). Metode Penelitian Untuk
- Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit
- PPM
- Lasa, HS. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia.
- Yogyakarta: Pustaka Book Publiser
- Prayitno, Dwi. 2008. SPSS untuk Menganalisis Korelasi
- Regresi dan Multivariate. Yogyakrta: Gavamedia
- Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif.
- Sidoarjo: Zifatama
- Qalyubi, S. (2003). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan.
- Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan
- Informasi, Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga
- Rahayuningsih, Fransisca. (2015). Mengukur Kepuasan
- Pemustaka: Menggunakan Metode Libqual+TM.
- Yogyakarta: Graha Ilmu
- Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel
- Penelitian. Bandung: Alfabeta
- Rusiana, Sjahrial. (2000). Pedoman Penyelenggaraan
- perpustakaan. Jakarta, DKI: Djambatan
- Sudjarwo dan Basrowi, (2009). Manajemen Penelitian
- Sosial. Bandung: CV Mandar Maju
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantutatif dan
- R&D. Bandung: Alfabeta
- Sujarwaeni, V. Wiratna. (2014). SPSS untuk penelitian.
- Yogyakarta: Pustaka Baru Press
- Suharso, Putut, and Yulika Setyowulandari. 2014. “Strategi Pemberian Reward Untuk Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa Di Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang.” EDULIB: Journal of Library and Information
- Science 4(2): 13–24.
- Sutardji dan Sri Ismi Maulidyah. (2006). Analisis
- Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Pada
- Kepuasan Pengguna Perpustakaan: Studi kasus di
- Perpustakaan Balai Penelitian Tanaman Kacangkacangan
- dan Umbiumbian. Jurnal Perpustakaan
- Pertanian. 15, 33-37. Diakses dari:
- http://203.109.37.42./publikasi/ppl52062.pdf.
- Sutarno, NS. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu
- Pendekatan Praktis. Jakarta, DKI: Sagung Seto
- Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi
- dan Tesis Bisnis. Jakarta, DKI: Rajawali Pers
- Uyanto, Stanislaus S. (2009). Pedoman Analisis Data
- dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,
- Kualitatif dan Penelitian gabungan. Jakarta,
- DKI: Kencana