Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kecamatan Blado terhadap perkembangan perpustakaan Sekolah Dasar . Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu
observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran yang dilakukan UPT terhadap perpustakaan
SD masih belum maksimal. Peran UPT sangat diperlukan bagi perpustakaan SD karena masih banyak SD yang
kurang memiliki pengetahuan mengenai perpustakaan. UPT Kecamatan Blado berperan sebagai perantara bagi SD
dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berkaitan dengan keluhan dan permintaan bantuan bahan
pustaka. Tahapan yang dilakukan yaitu pertama, UPT mendapat keluhan dari SD berupa proposal. Kemudian yang
kedua, tahap pemeriksaan oleh pengawas. Tahap ini menghasilkan keputusan apakah proposal layak untuk
diteruskan kepada Disdikbud atau tidak. Selanjutnya proposal diserahkan pengawas ke Disdikbud melalui sekretaris
dinas. Selain menjadi jembatan antara SD dan Disdikbud, UPT juga melakukan sharing dan evaluasi tentang
perpustakaan ideal kepada setiap SD pada saat kunjungan rapat. Sharing dan evaluasi tersebut dimaksudkan agar
perpustakaan SD mau berbenah dan mengembangkan kualitas perpustakan.