Peran Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (UPT DISDIKBUD) Kecamatan Blado Dalam Pengembangan Perpustakaan Sekolah Dasar

Published: 12 Sep 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kecamatan Blado terhadap perkembangan perpustakaan Sekolah Dasar . Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu
observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran yang dilakukan UPT terhadap perpustakaan
SD masih belum maksimal. Peran UPT sangat diperlukan bagi perpustakaan SD karena masih banyak SD yang
kurang memiliki pengetahuan mengenai perpustakaan. UPT Kecamatan Blado berperan sebagai perantara bagi SD
dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berkaitan dengan keluhan dan permintaan bantuan bahan
pustaka. Tahapan yang dilakukan yaitu pertama, UPT mendapat keluhan dari SD berupa proposal. Kemudian yang
kedua, tahap pemeriksaan oleh pengawas. Tahap ini menghasilkan keputusan apakah proposal layak untuk
diteruskan kepada Disdikbud atau tidak. Selanjutnya proposal diserahkan pengawas ke Disdikbud melalui sekretaris
dinas. Selain menjadi jembatan antara SD dan Disdikbud, UPT juga melakukan sharing dan evaluasi tentang
perpustakaan ideal kepada setiap SD pada saat kunjungan rapat. Sharing dan evaluasi tersebut dimaksudkan agar
perpustakaan SD mau berbenah dan mengembangkan kualitas perpustakan.

Keywords: peran, perkembangan perpustakaan sekolah dasar, unit pelaksana

Article Metrics:

  1. Badan Standarisasi Nasional. 2009. SNI 7329:2009
  2. tentang Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Badan
  3. Standarisasi Nasional.
  4. Darmono, 2007. Perpustakaan Sekolah: Pendekatan
  5. Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta:
  6. Grasindo.
  7. Dewi, A. P., & Suharso, P. (2015). Analisis Layanan Perpustakaan Keliling Badan Arsip dan Perpustakaan provinsi Jawa Tengah dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi bagi Santri di Pondok Pesantren Yayasan Islam Hamdan Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2).
  8. Kabupaten Batang. 2016. Peraturan Bupati Batang
  9. No. 50 Tahun 2016 tentang Kedudukan,
  10. Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta
  11. Tata Kerja Dinas Pendidikan dan
  12. Kebudayaan. Batang: Sekretariat Daerah
  13. Kabupaten Batang.
  14. Lasa HS. 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah.
  15. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
  16. Prastowo, A. 2012. Manajemen Perpustakaan
  17. Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press.
  18. Republik Indonesia. 2003. UU NO.20 Tahun 2003
  19. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:
  20. Sekretariat Negara.
  21. _____. 2005. Peraturan Pemerintah Tahun 2005
  22. tentng Standar Nasional Pendidikan. Jakarta:
  23. Sekretariat Negara.
  24. _____. 2007. UU No.43 Tahun 2007 tentang
  25. Perpustakaan. Jakarta: Sekretariat Negara.
  26. _____. 2010. Peraturan Pemerintah No.17 Tahun
  27. tentang Pengelolaan dan
  28. Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta:
  29. Sekretariat Negara.
  30. Saefulloh, Asep. 2010. Program Pengembangan
  31. Perpustakaan Kelurahan oleh Perpustakaan
  32. Umum Kota Bogor.
  33. http://lib.ui.ac.id/bo/uibo/detail.jsp?id=201610
  34. &lokasi=lokal. [Diakses pada tanggal 3
  35. Oktober 2017].
  36. Sjahrial-Pamuntjak, Rusina. 2000. Pedoman
  37. Penyelenggaraan Penelitian. Jakarta:
  38. Djambatan.
  39. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan
  40. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
  41. Bandung: Alfabeta.
  42. Suharso, P., & Sarbini, S. (2018). Coastal Community Response to the Movement of Literacy: a study on literacy culture in Demak pesantren’s. E3S Web of Conferences: SCiFiMaS 2018, 47(7004), 1–6. https://doi.org/10.1051/e3sconf/20184707004
  43. Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu
  44. Perpustakaan. PT Gramedia Pustaka Utama:
  45. Jakarta.
  46. Sutarno, NS. 2006. Manajemen perpustakaan: Suatu
  47. Pendekatan Praktik. Jakarta: SagungSeto.
  48. Winardi. 2000. Kepemimpinan dalam Manajemen.
  49. Jakarta: Rineka Cipta.
  50. Yusuf, Pawit M dan Suhendar, Y. 2005. Pedoman
  51. Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah.
  52. Jakarta: Kencana Prenada Group.
  53. _____. 2007. Pedoman Penyelenggaraan
  54. Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana