Impression Management Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
Published: 12 Sep 2019.

Citation Format:
Abstract
Citra perpustakaan pada masyarakat belum cukup baik. Masih banyak masyarakat yang belum menyadari
pentingnya perpustakaan sebagai sarana pencarian informasi. Berkembangnya teknologi juga menjadi faktor
masyarakat lebih memilih menggunakan internet sebagai media pencarian informasi, padahal informasi yang bisa
kita dapatkan pada internet kualitasnya belum tentu terjamin. Ini merupakan tantangan bagi perpustakaan untuk
tetap menjaga eksistensinya sebagai pusat informasi. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana kegiatan impression
management seorang pustakawan. Subjek penelitian ini adalah pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
Provinsi Jawa Tengah. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan impression management pustakawan Dinas
Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Jenis dan desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif
dengan pendekatan dramaturgi. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua orang dan ditambah tiga orang
pemustaka sebagai data tambahan untuk melakukan triangulasi data. Metode pengumpulan data pada penelitian ini
berupa wawancara dan pengamatan pada kegiatan pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa
Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
telah melakukan impression management dilihat melalui pendekatan dramaturgi pada wilayah front stage dan back
stage. Masih ada hal dapat dimaksimalkan pada wilayah front stage terutama pada aspek setting. Pustakawan Dinas
Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah melakukan impression management yang akan berdampak pada
kepuasan pemustaka untuk meningkatkan citra perpustakaan.
pentingnya perpustakaan sebagai sarana pencarian informasi. Berkembangnya teknologi juga menjadi faktor
masyarakat lebih memilih menggunakan internet sebagai media pencarian informasi, padahal informasi yang bisa
kita dapatkan pada internet kualitasnya belum tentu terjamin. Ini merupakan tantangan bagi perpustakaan untuk
tetap menjaga eksistensinya sebagai pusat informasi. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana kegiatan impression
management seorang pustakawan. Subjek penelitian ini adalah pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
Provinsi Jawa Tengah. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan impression management pustakawan Dinas
Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Jenis dan desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif
dengan pendekatan dramaturgi. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua orang dan ditambah tiga orang
pemustaka sebagai data tambahan untuk melakukan triangulasi data. Metode pengumpulan data pada penelitian ini
berupa wawancara dan pengamatan pada kegiatan pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa
Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
telah melakukan impression management dilihat melalui pendekatan dramaturgi pada wilayah front stage dan back
stage. Masih ada hal dapat dimaksimalkan pada wilayah front stage terutama pada aspek setting. Pustakawan Dinas
Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah melakukan impression management yang akan berdampak pada
kepuasan pemustaka untuk meningkatkan citra perpustakaan.
Keywords: citra perpustakaan; impression management; pustakawan
Article Metrics:
Related articles
Pemanfaatan Akun Facebook Perpustakaan Daerah dan Arsip Kota Salatiga Sebagai Upaya Membangun Citra Perpustakaan
Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata
PEMANFAATAN LAYANAN RUMAH BELAJAR MODEREN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN CITRA PERPUSTAKAAN
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN STIKES TELOGOREJO SEMARANG
Analisis Peran Club Pecinta Buku (CPB) Dalam Promosi Perpustakaan (Studi Kasus Pada MAN 1 Sragen)
- Alfiyah, Elis. 2014. AnalisisManajemen Kesan
- Pengguna Facebook. Jember :Jurnal.
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian
- Suatu Pendekatan Praktik Edisi
- Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif.
- Jakarta: Rineka Cipta.
- Bungin, Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif. Jakarta:
- Kencana Predana Media Group.
- Dewi, A. P., & Suharso, P. (2015). Analisis Layanan
- Perpustakaan Keliling Badan Arsip dan
- Perpustakaan provinsi Jawa Tengah dalam
- Memenuhi Kebutuhan Informasi bagi Santri di
- Pondok Pesantren Yayasan Islam Hamdan
- Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2).
- _____________. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta:
- Kencana Predana Media
- Group.
- Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif:
- Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.
- Goffman, Erving. 1956. The Presentation of Self In
- Everyday Life. Scotland: Doubleda.
- Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian dalam
- Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Bandung
- : Graha Ilmu.
- Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan
- dan Sosial. Jakarta : Referensi.
- Joko Subagyo, P. 2006. Metode Penelitian Dalam
- Teori Dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
- Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif.
- Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- _____________. 2012. Metode Penelitian Kualitatif.
- Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Rakhmat, Jalaludin. 2011. Psikologi Komunikasi.
- Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Robbins, S. P., & Judge, T. A. 2007. Organizational
- behavior. ed. 12. Upper Saddle River, NJ:
- Pearson Prentice Hall.
- Pradiansyah, Arvan. 2004. Life is Beautiful Sebuah
- Jendela untuk Melihat Dunia. Jakarta: PT. Elex
- Media Komputindo.
- Purnamasari, Dian 2013. Strategi Impression
- Management antar Calon Mertuadan Calon
- Menantu Dalam Masa Penyesuaian Sebelum
- Pernikahan. Surabaya: Jurnal.
- Sari, Anggita Puspita. 2010. Impression Management
- Pada Aktivitas Public Relations Officer. Bandung:
- Skripsi.
- Satoto, K. I., Rochim, A. F., Christyono, Y., Handayani, T., Taufiq, A., & Suharso, P. (2011). Studi Perbaikan Pengelolaan Perpustakaan dan Sistim Pengelolaan Arsip & Dokumen di PT Badak NGL. Jurnal Sistem Komputer, 1(1), 21–30.
- Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial.
- Bandung: PT. Refika Aditama.
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif,
- Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
- Sulistyo-Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta:
- Wedatama Widya Sastra.
- Sulistyowati, D., Suharso, P., & Husna, J. (2015). Persepsi Pemustaka terhadap Koleksi Perpustakaan Keliling Kabupaten Semarang Sebagai Penunjang Bimbingan Belajar. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 1–7.
- Suwarno, Wiji. 2007. Dasar-Dasar Ilmu
- Perpustakaan; Sebuah Pendekatan Praktis.
- Yogyakarta: Ar-Ruzz.
- Soehartono, Irawan. 2002. Metode Penelitian Sosial.
- Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.