Kepuasan Peneliti Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Koleksi Manuskrip Di Perpustakaan Museum Sonobudoyo Yogyakarta

*Dea Ramadhan Nugroho  -  Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Jazimatul Husna  -  Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Published: 20 Mar 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Abstract
Skripsi ini berjudul “Kepuasan Peneliti dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Koleksi Manuskrip di
Perpustakaan Museum Sonobudoyo Yogyakarta”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
seberapa besar tingkat kepuasan pemustaka, yang lebih di spesifikasikan pada peneliti yang sedang
mencari bahan atau materi di layanan Manuskrip Perpustakaan Museum Sonobudoyo dengan
menggunakan analisis LibqualTM. Penelitian ini menggunakan desain dan jenis penelitian kuantitatif
dengan menggunakan analisis berdasarkan aspek-aspek menurut LibqualTM. Hasil penelitian menunjukkan
nilai rata-rata skor Persepsi (P) sebesar 4,29 skor Harapan Minimum (HM) sebesar 3,97, skor Harapan
Ideal (HI) sebesar 4,60. Dari data tersebut, menunjukkan bahwa peneliti di Perpustakaan MSB telah
merasa sangat puas, karena skor persepsi berada diantara skor Harapan Minimum (HM) dan Harapan
Ideal (HI). Kepuasan telah terpenuhi, walaupun skor Persepsi (P) belum melampaui skor Harapan Ideal
(HI). Sementara itu skor AG (Adequency Gap) menunjukan skor positif sebesar 0,3. Diketahui bahwa
kepuasan peneliti telah memenuhi harapan minimal dalam kebutuhan informasi, karena menunjukkan sisi
positif. Pada skor Superiority Gap (SG), menunujukan skor minus (-) sebesar -0,31. Diartikan bahwa
kepuasan peneliti, sudah memenuhi harapan minimum dalam pemenuhan kebutuhan informasi, tetapi
belum dapat memenuhi selisih gap dengan harapan ideal yang di harapakan peneliti.
Keywords: kepuasan pemustaka; manuskrip; perpustakaan khusus; LibqualTM

Article Metrics:

  1. Achmad, dkk. 2012. Layanan Cinta Perwujudan
  2. Layanan Prima Perpustakaan. Jakarta: Sagung
  3. Seto.
  4. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu
  5. Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu
  7. Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Fatmawati, Endang. 2011. Kajian Teoritis Mengenai
  9. Metode LibQUALTM untuk Mengevaluasi
  10. Kualitas Layanan Perpustakaan. Semarang:
  11. Libraria. Sumber
  12. oad/4/6>. Diunduh http://kbbi.web.id>manuskrip
  13. Husein, Umar. 2007. Metode Penelitian Untuk Skripsi
  14. Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo
  15. Persada.
  16. Masri Singarimbun et al. (1987). Metode Penelitian
  17. Survai. Edisi Revisi. Penerbit PT. Pustaka
  18. LP3ES Indonesia, Jakarta.
  19. Pendit, Putu Laxman. 1992. “ Makna Informasi, Lanjutan
  20. dari sebuah Perdebatan.” Dalam Bunga
  21. Rampai 40 Tahun Pendidikan Ilmu
  22. Perpustakaan di Indonesia. Jakarta: Kesaint
  23. Blanc
  24. Perpustakaan Nasional RI. 1992. Panduan
  25. Penyelenggaraan Perpustakaan Khusus. Ed.1.
  26. Jilid.1. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
  27. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan
  28. Kuantitatif, Kualitatif dan Research and Design.
  29. Bandung: Alfabeta.
  30. Sunyoto, Danang. 2013. Dasar-dasar Manajemen
  31. Pemasaran. Yogyakarta: Buku Seru.
  32. Sulistyo, Basuki. 1992. Pengantar Ilmu Perpustakaan.
  33. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  34. Sulistyo, Basuki. 2004. Pengantar Ilmu Perpustakaan.
  35. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.
  36. Sutarno. 2006. Tanggung Jawab Perpustakaan: Dalam
  37. Mengembangkan Masyarakat Informasi.
  38. Jakarta :Panta Rei.
  39. Sutarno. 2008. Tanggung Jawab Perpustakaan: Dalam
  40. Mengembangkan Masyarakat Informasi. Jakarta
  41. : Panta Rei.
  42. Venny, Ekowati Indria. 2003. Pengantar Teori Filologi.
  43. Yogyakarta: Badan Penelitian dan Publikasi
  44. Fakultas Seksi Filologi, Fakultas Sastra
  45. Universitas Gajah Mada Yogyakarta [05 Agustus 2017]