Departemen Psikologi, Universitas Negeri Padang, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI47625, author = {Gita Syawla Fitri Indah}, title = {SELINDA: PERMAINAN PETAK UMPET UNTUK MENIGKATKAN SELF AWARENESS DALAM PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = { Kasus pelecehan seksual sudah semakin marak, tak hanya menyerah orang-orang dewasa akan tetapi juga menyerang anak-anak dibawah umur. Penelitian ini mengkaji bagaimana meningkatkan self-awareness pada anak dengan menggunakan prinsip permainan petak umpet untuk mencegah kasus pelecehan seksual pada anak usia dini (kelompok taman kanak-kanak). Subjek yang terlibat di dalam penelitian ini adalah 16 anak di TK Kartika 1-57 Bukittinggi yang berusia 4-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Hasil yang diperoleh di dalam penelitian ini adalah program Selinda terbukti efektif dapat meningkatkan self awareness pada siswa TK Kartika 1-57 Bukittinggi. Pemberian program Selinda pada anak TK dapat meningkatkan self awareness dan juga pemahaman tentang pelecehan seksual pada anak usia dini. Penelitian ini hanya terfokus pada satu kelompok, untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan kelompok kontrol sebagai pembanding terhadap kelompok yang diberikan intervensi. }, issn = {2829-1859}, pages = {59--66} doi = {10.14710/empati.2025.47625}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/47625} }
Refworks Citation Data :
Kasus pelecehan seksual sudah semakin marak, tak hanya menyerah orang-orang dewasa akan tetapi juga menyerang anak-anak dibawah umur. Penelitian ini mengkaji bagaimana meningkatkan self-awareness pada anak dengan menggunakan prinsip permainan petak umpet untuk mencegah kasus pelecehan seksual pada anak usia dini (kelompok taman kanak-kanak). Subjek yang terlibat di dalam penelitian ini adalah 16 anak di TK Kartika 1-57 Bukittinggi yang berusia 4-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Hasil yang diperoleh di dalam penelitian ini adalah program Selinda terbukti efektif dapat meningkatkan self awareness pada siswa TK Kartika 1-57 Bukittinggi. Pemberian program Selinda pada anak TK dapat meningkatkan self awareness dan juga pemahaman tentang pelecehan seksual pada anak usia dini. Penelitian ini hanya terfokus pada satu kelompok, untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan kelompok kontrol sebagai pembanding terhadap kelompok yang diberikan intervensi.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University