skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP MERCHANDISE PADA ANGGOTA KOMUNITAS CARAT DI KOTA SEMARANG

1Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

2 Jl. Prof. Soedarto, S.H. Tembalang, Semarang, 50275, Indonesia

Received: 26 Mar 2023; Published: 23 Jul 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap merchandise pada anggota komunitas carat di Kota Semarang. Perilaku konsumtif adalah kegiatan individu ketika membeli barang atau jasa yang terlalu berlebihan tanpa dipikirkan secara rasional, untuk memenuhi kepuasan maksimal dalam diri. Konformitas teman sebaya adalah sikap individu yang dipengaruhi oleh teman sebaya agar perilaku dan kepercayaannya sama serta identik dengan lingkungan teman sebaya, sehingga sesuai dengan standar kelompok teman sebaya yang diikutinya. Sampel penelitian sebanyak 161 anggota komunitas carat di Kota Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Konformitas Teman Sebaya (27 aitem, α = 0,894) dan Skala Perilaku Konsumtif terhadap merchandise (27 aitem, α = 0,929). Berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi dapat diketahui bahwa koefisien korelasi sebesar rxy = 0,219 dengan tingkat signifikansi sebesar p=0,005 (p<0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap merchandise pada anggota komunitas carat di Kota Semarang. Sumbangan efektif konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif terhadap merchandise sebesar 4,8%, sedangkan sisanya adalah faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: konformitas teman sebaya, perilaku konsumtif terhadap merchandise, komunitas carat

Article Metrics:

  1. Academy, M. (2020). Mengenal sejarah k-pop dan generasinya. Moco Academy. https://www.mocoacademy.id/mengenal-sejarah-k-pop-dan-generasinya/
  2. Adi, G. K. H. (2019). Korean wave (Studi tentang pengaruh budaya Korea pada penggemar k-pop di Semarang). Universitas Diponegoro
  3. Alfaruqy, M. Z. (2020). Relasi sosial milenial. In M. Z. Alfaruqy (ed.), Psikologi milenial (pp 42 - 51). Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
  4. Anjani, P. S., & Astiti, D. P. (2020). Hubungan kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku konsumtif remaja penggemar animasi Jepang (anime) di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1, 144–155
  5. Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Social psychology (10th ed.). Pearson Education Inc
  6. Bearden, W. O., Netemeyer, R. G., & Teel, J. E. (1989). Measurement of consumer susceptibility to interpersonal influence. Journal of Consumer Research, 15(4), 473. https://doi.org/10.1086/209186
  7. Burnkrant, R. E., & Cousineau, A. (1975). Informational and normative social influence in buyer behavior. Journal of Consumer Research, 2(3), 206–215. https://doi.org/10.1086/208633
  8. Cialdini, R. B., & Goldstein, N. J. (2004). Social influence: Compliance and conformity. Annual Review of Psychology, 55(1974), 591–621. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.55.090902.142015
  9. Ciptaningtyas, P., & Pratesyto, A. R. (2022). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pembelian merchandise pada remaja penggemar grup K-Pop NCT (Neo Culture Technology) di Indonesia. Jurnal Empati, 11(6), 381–385
  10. Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi, 12(1), 55–68. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-14
  11. Gaga, L., & Cooper, B. (2018). K-Profile: Seventeen, Grup K-Pop yang dijuluki self-producing idols. KumparanK-Pop. https://kumparan.com/kumparank-pop/k-profile-seventeen-grup-k-pop-yang-dijuluki-self-producing-idols-1536137389836232319/3
  12. Haryono, P. (2014). Hubungan gaya hidup dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada remaja siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4), 268–273. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3674
  13. Ioanăs, E., & Stoica, I. (2014). Social media and its impact on consumers behavior. International Journal of Economic Practices and Theories, 4(2), 295–303
  14. Khandelwal, U., Yadav, S. K., Tripathi, V., & Agrawal, V. (2018). E-consumer conformity and its impact on consumer attitude. Journal of Asia Business Studies, 12(4), 455–468. https://doi.org/10.1108/JABS-09-2015-0161
  15. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Peaarson Education Limited
  16. Lascu, D.-N., & Zinkhan, G. (1999). Consumer conformity: Review and applications for marketing theory and practice. Journal of Marketing Theory and Practice, 7(3), 1–12. https://doi.org/10.1080/10696679.1999.11501836
  17. Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000
  18. Levine, J. M. (1999). Solomon Asch’s legacy for group research. Personality and Social Psychology Review, 3(4), 358–364. https://doi.org/10.1207/s15327957pspr0304
  19. Lina, & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsumtif berdasarkan locus of control pada remaja putri. Psikologika, 2(4), 5–13
  20. Mahrunnisya, D., Indriayu, M., & Wardani, D. K. (2018). Peer conformity through money attitudes toward adolescence’s consumptive behavior. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 30. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.163
  21. Mangkunegara, A. P. (2002). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya
  22. Micomonaco, J. P. (2003). Borrowing against the future: practices, attitudes and knowledge of financial management among college students [Tesis]. Virginia Polytechnic Institute and State University
  23. Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku konsumen jilid 1 (5th ed.). Erlangga
  24. Myers, D. G. (2010). Social psychology (10th ed.). McGraw-Hill
  25. Park, J. K., & Feinberg, R. (2010). E-formity: Consumer conformity behaviour in virtual communities. Journal of Research in Interactive Marketing, 4(3), 197–213. https://doi.org/10.1108/17505931011070578
  26. Pratama, H. S. (2017). Hubungan konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap merchandise liverpool pada anggota suporter klub sepakbola Liverpool di Bekasi. Jurnal Psikologi, 10(2), 138–147
  27. Ritonga, M., Windari, F., Sihite, T. H., Al Ihsan, M. A., & Siregar, M. (2021). The influence of financial literacy, financial inclusion and consumptive behavior on student interests in using financial institution products and services. Budapest International Research and Critics Institute, 4(3), 4005–4013. https://doi.org/10.33258/birci.v4i3.2168
  28. Ruan, W. J., Wong, I. K. A., & Lan, J. (2022). Uniting ecological belief and social conformity in green events. Journal of Hospitality and Tourism Management, 53(August), 61–69. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2022.09.001
  29. Salancik, G. R., & Pfeffer, J. (2014). An examination of els of job attitudes. Administrative Science Quarterly, 22, 427-456. https://doi.org/10.2307/2392182
  30. Santor, D. A., Messervey, D., & Kusumakar, V. (2000). Measuring peer pressure, popularity, and conformity in adolescent boys and girls: Predicting school performance, sexual attitudes, and substance abuse. Journal of Youth and Adolescence, 29(2), 163–182. https://doi.org/10.1023/A:1005152515264
  31. Santrock, J. W. (2018). Perkembangan masa-hidup (13th ed.). Penerbit Erlangga
  32. Solichah, N., & Dewi, D. K. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap produk fashion pada mahasiswa. Character : Jurnal Psikologi, 6(3), 1–8
  33. Swastha, B., & Handoko, H. T. (2000). Manajemen pemasaran (Analisa perilaku konsumen). BPFE UGM
  34. Tambunan, T. T. H. (2001). Perekonomian Indonesia teori dan temuan empiris. Ghalia Indonesia
  35. Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2003). Social psychology (11th ed.). Pearson Education LTD
  36. Triningtyas, D. A., & Margawati, T. M. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap online shopping pada remaja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan, 5(1), 16. https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1388
  37. Venkatesan, M. (1966). Experimental study of consumer behavior. Journal of Marketing Research, III(November), 384–387
  38. https://doi.org/10.1177/002224376600300407
  39. Wijaya, N. (2009). Hubungan antara minat terhadap budaya korea dan konformitas dengan perilaku konsumtif dalam membeli produk korea pada komunitas Sahabat Korean Drama Lovers (SKDL) Semarang. Prosiding Seminar Nasional Psikologi 2016:“Empowering Self”, 161–167
  40. Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Remaja dan konformitas teman sebaya. Ahlimedia Press
  41. Zhang, Y., Wong, I. K. A., Duan, X., & Chen, Y. V. (2021). Craving better health? Influence of socio-political conformity and health consciousness on goal-directed rural-eco tourism. Journal of Travel and Tourism Marketing, 38(5), 511–526. https://doi.org/10.1080/10548408.2021.1952149

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.