1Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
2 Jl. Prof. Soedarto, S.H. Tembalang, Semarang, 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI38194, author = {Vika Fitri Andini and Endang Sri Indrawati}, title = {HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP MERCHANDISE PADA ANGGOTA KOMUNITAS CARAT DI KOTA SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {konformitas teman sebaya, perilaku konsumtif terhadap merchandise, komunitas carat}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap m erchandise pada anggota komunitas carat di Kota Semarang. Perilaku konsumtif adalah kegiatan individu ketika membeli barang atau jasa yang terlalu berlebihan tanpa dipikirkan secara rasional, untuk memenuhi kepuasan maksimal dalam diri. Konformitas teman sebaya adalah sikap individu yang dipengaruhi oleh teman sebaya agar perilaku dan kepercayaannya sama serta identik dengan lingkungan teman sebaya, sehingga sesuai dengan standar kelompok teman sebaya yang diikutinya. Sampel penelitian sebanyak 161 anggota komunitas carat di Kota Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Konformitas Teman Sebaya (27 aitem, α = 0,894) dan Skala Perilaku Konsumtif terhadap m erchandise (27 aitem, α = 0,929). Berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi dapat diketahui bahwa koefisien korelasi sebesar rxy = 0,219 dengan tingkat signifikansi sebesar p=0,005 (p<0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap m erchandise pada anggota komunitas carat di Kota Semarang. Sumbangan efektif konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif terhadap m erchandise sebesar 4,8%, sedangkan sisanya adalah faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. }, issn = {2829-1859}, pages = {102--112} doi = {10.14710/empati.2025.38194}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/38194} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap merchandise pada anggota komunitas carat di Kota Semarang. Perilaku konsumtif adalah kegiatan individu ketika membeli barang atau jasa yang terlalu berlebihan tanpa dipikirkan secara rasional, untuk memenuhi kepuasan maksimal dalam diri. Konformitas teman sebaya adalah sikap individu yang dipengaruhi oleh teman sebaya agar perilaku dan kepercayaannya sama serta identik dengan lingkungan teman sebaya, sehingga sesuai dengan standar kelompok teman sebaya yang diikutinya. Sampel penelitian sebanyak 161 anggota komunitas carat di Kota Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Konformitas Teman Sebaya (27 aitem, α = 0,894) dan Skala Perilaku Konsumtif terhadap merchandise (27 aitem, α = 0,929). Berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi dapat diketahui bahwa koefisien korelasi sebesar rxy = 0,219 dengan tingkat signifikansi sebesar p=0,005 (p<0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap merchandise pada anggota komunitas carat di Kota Semarang. Sumbangan efektif konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif terhadap merchandise sebesar 4,8%, sedangkan sisanya adalah faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JP]. The copyright form should be signed originally, scanned and uploaded as supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University