Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Mr. Sunario, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI42202, author = {Sania Pangesti and Dinie Ratri Desiningrum}, title = {HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CICURUG SUKABUMI}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = { Keluarga merupakan tempat pendidikan utama yang berkontribusi penting dalam membentuk kecerdasan emosional remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cicurug Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis studi korelasional. Jumlah siswa kelas X SMA Negeri 1 Cicurug yang menjadi populasi penelitian adalah sebanyak 424 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri atas 206 siswa yang dipilih menggunakan metode cluster random sampling . Data penelitian dikumpulkan menggunakan skala psikologi, yaitu skala keharmonisan keluarga (35 aitem, a = 0,937) dan skala kecerdasan emosional (21 aitem, a = 0,874). Uji asumsi yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan Rank Spearman . Dari hasil uji hipotesis, diperoleh nilai = 0,469 dengan p = 0,000 (p<0,005). Kesimpulan dari temuan ini adalah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cicurug Sukabumi, yang artinya semakin tinggi keharmonisan keluarga maka semakin tinggi pula kecerdasan emosionalnya, dan sebaliknya semakin rendah keharmonisan keluarga maka semakin rendah kecerdasan emosionalnya. }, issn = {2829-1859}, pages = {118--126} doi = {10.14710/empati.2025.42202}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/42202} }
Refworks Citation Data :
Keluarga merupakan tempat pendidikan utama yang berkontribusi penting dalam membentuk kecerdasan emosional remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cicurug Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis studi korelasional. Jumlah siswa kelas X SMA Negeri 1 Cicurug yang menjadi populasi penelitian adalah sebanyak 424 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri atas 206 siswa yang dipilih menggunakan metode cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan skala psikologi, yaitu skala keharmonisan keluarga (35 aitem, a = 0,937) dan skala kecerdasan emosional (21 aitem, a = 0,874). Uji asumsi yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan Rank Spearman. Dari hasil uji hipotesis, diperoleh nilai = 0,469 dengan p = 0,000 (p<0,005). Kesimpulan dari temuan ini adalah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cicurug Sukabumi, yang artinya semakin tinggi keharmonisan keluarga maka semakin tinggi pula kecerdasan emosionalnya, dan sebaliknya semakin rendah keharmonisan keluarga maka semakin rendah kecerdasan emosionalnya.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JP]. The copyright form should be signed originally, scanned and uploaded as supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University