skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CICURUG SUKABUMI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Mr. Sunario, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Received: 15 Dec 2023; Published: 23 Jul 2025.
Open Access Copyright 2025 Jurnal EMPATI
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Keluarga merupakan tempat pendidikan utama yang berkontribusi penting dalam membentuk kecerdasan emosional remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cicurug Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis studi korelasional. Jumlah siswa kelas X SMA Negeri 1 Cicurug yang menjadi populasi penelitian adalah sebanyak 424 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri atas 206 siswa yang dipilih menggunakan metode cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan skala psikologi, yaitu skala keharmonisan keluarga (35 aitem, a = 0,937) dan skala kecerdasan emosional (21 aitem, a = 0,874). Uji asumsi yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan Rank Spearman. Dari hasil uji hipotesis, diperoleh nilai  = 0,469 dengan p = 0,000 (p<0,005). Kesimpulan dari temuan ini adalah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cicurug Sukabumi, yang artinya semakin tinggi keharmonisan keluarga maka semakin tinggi pula kecerdasan emosionalnya, dan sebaliknya semakin rendah keharmonisan keluarga maka semakin rendah kecerdasan emosionalnya.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Akbar, M. D., & Masykur, A. M. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecemasan menghadapi Ujian Nasional pada siswa kelas XII SMAN 2 Mataram. Jurnal Empati, 7(3), 158–163
  2. Anggraini, S., & Yanto, A. R. (2023). Hubungan kecerdasan emosional dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Journal on Education, 5(4), 12158-12174. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2177
  3. Anitha, P., & Jebaseelan, A. U. S. (2014). A study on emotional intelligence among adolescent women college students at Tiruchirapalli. Indian Journal Of Applied Research, 4(12), 175– 177
  4. Arif, A. (2023, October 15). Krisis kesehatan mental melonjak di kalangan remaja. Kompas
  5. A’yunnisa, U., & Indriana, Y. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan agresivitas pada siswa kelas XI SMK Islamiyah Adiwerna Kabupaten Tegal. Jurnal Empati, 7(4), 132– 136
  6. Aziz, S. (2015). Pendidikan keluarga: Konsep dan strategi. Gava Media
  7. Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik pemuda indonesia 2022. Badan Pusat Statistik
  8. Choirunissa, R., & Ediati, A. (2018). Hubungan antara komunikasi interpersonal remaja orang tua dengan regulasi emosi pada siswa SMK. Jurnal Empati, 7(3), 236–243
  9. Dumbi, K. F. (2023, October 28). Apa benar pelajar masa kini gampang kena mental? Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
  10. Enopadria, C., Neherta, M., & Fernandes, F. (2018). The relationship of aggressive trauma and interpersonal relationships with aggressive adolescent behavior in Padang. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 3(9), 384–387
  11. Furqani, N. N. (2020). The role of emotional intelligence in adolescent development. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 277–280
  12. Goleman, D. (2023). Emotional intelligence: Kecerdasan emosional. Penerbit Gramedia Pustaka Utama
  13. Gottman, J., & DeClaire, J. (2020). Mengembangkan kecerdasan emosional anak. Gramedia Pustaka Utama
  14. Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. D. (2017). Psikologi untuk keluarga. Penerbit Libri
  15. Handayani, N., & Fauziah, N. (2016). Hubungan keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosional pada guru bersertifikasi Sekolah Menengah Atas Swasta Berakreditasi “A” wilayah Semarang Barat. Jurnal Empati, 5(2), 408–412
  16. Indarlia, R. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ), literasi ekonomi dan konsep diri terhadap perilaku konsumsi mahasiswa ekonomi pembangunan Universitas Negeri Malang angkatan 2013. Universitas Negeri Malang
  17. Isminayah, A., & Supandi, D. (2016). Relasi tingkat keharmonisan keluarga dengan konsep diri remaja. Al-Balagh, 1(2)
  18. Jelita, E. N., Sudirman, S., & Minarni. (2021). Dukungan sosial keluarga dan kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial. Jurnal Psikologi Karakter, 1(2), 54–59
  19. Kemenkes. (2021, October 30). Kemenkes beberkan masalah permasalahan kesehatan jiwa di Indonesia. Kementerian Kesehatan. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis- media/20211007/1338675/kemenkes-beberkan-masalah-permasalahan-kesehatan-jiwa-di- indonesia/
  20. Khairunnisa, R., & Alfaruqy, M. Z. (2022). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan cyberbullying di media sosial twitter pada siswa SMAN 26 Jakarta. Jurnal Empati, 11(4), 260-268. https://doi.org/10.14710/empati.0.36471
  21. Lestari, S. D. (2016). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  22. Luthfia, F. (2017). Studi kasus tentang peserta didik yang sulit mengendalikan emosi pada kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(12), 1-11
  23. Mantiri, V. V. (2014). Perilaku menyimpang di kalangan remaja di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Acta Diurna Komunikasi, 3(1), 1-13
  24. Meshkat, M., & Nejati, R. (2017). Does emotional intelligence depend on gender? A study on undergraduate english majors of three Iranian Universities. SAGE Open, 7(3), 1–8
  25. Muhammad, U. (2023). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa kelas XI MAN 10 Jakarta [Skripsi]. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  26. Mukaromah, U. R. (2022). Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kecerdasan emosi pada anak Sekolah Dasar di Dukuh Pintu Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  27. Nebhinani, N. (2018). Editorial role of connectedness in youth suicide prevention. J Indian Assoc Child Adolesc Ment Health, 14, 4–9
  28. Nur, H., & Daulay, N. (2020). Dinamika perkembangan remaja. Kencana
  29. Pratiwi, H. D., Situmorang, N. Z., & Yuzarion. (2019). Gambaran agresivitas remaja. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 227–233
  30. Purwita, T. D. (2017). Hubungan keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosi pada siswa kelas XI SMA N 2 Surakarta [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret
  31. Ramadina, G. D., & Marlina, R. (2023). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 46–51
  32. Ramdhani, S. F., Fanani, M., & Nugroho, D. (2020). Hubungan tingkat kecerdasan emosi dengan derajat depresi pada mahasiswa kedokteran. Wacana, 12(1), 110–132
  33. Rufa, V. (2023). The role of the family in the development of emotional intelligence in adolescents. New Trends in Psychology, 5(1), 16-22
  34. Safari, M., & Hestaliana, A. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Inshafuddin berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 4(6), 1–21
  35. Sahputra, D., Syahniar, & Marjohan. (2016). Kontribusi kepercayaan diri dan kecerdasan emosi terhadap komunikasi interpersonal siswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 5(3), 182–193
  36. Sari, L. P., Asiyah, & Salamah. (2023). Hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 5(1), 17–27
  37. Sari, N. P., & Setiawan, M. A. (2020). Bimbingan dan konseling perspektif indigenous: Etnik Banjar. Deepublish Publisher
  38. Simatupang, M., Sadijah, N. A., & Hemasti, R. A. G. (2021). The commuter family: Keharmonisan keluarga. Eureka Media Aksara
  39. Sukmawati, I. R., & Hernawati, N. (2017). Family interaction and emotional intelligence of school-age children in urban poor areas. Journal of Child Development Studies, 2(1), 35–46
  40. Wardani, I. K. (2019). Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kecerdasan emosi pada siswa SMA Islam NU Pujon [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  41. Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Analisa kecerdasan emosional remaja tahap akhir berdasarkan jenis kelamin . Jurnal Keperawatan Jiwa , 8(4), 477–484
  42. Yunia, S. A. P., Liyanovitasari, & Saparwati, M. (2019). Hubungan kecerdasan emosional dengan kenakalan remaja pada siswa. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(1), 55–64

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.