1Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Indonesia
2Jl. Prof. Soedarto SH Tembalang Semarang 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI43094, author = {Weni Safitri and Annastasia Ediati}, title = {HARGA DIRI DAN PRESENTASI DIRI DARING PADA MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {14}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {online self-presentation, self-esteem, instagram, college student}, abstract = { Presentasi diri merupakan usaha menimbulkan kesan tentang dirinya kepada audien. Media sosial yang sering digunakan untuk mempresentasikan diri adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara harga diri dengan presentasi diri daring pada mahasiswa pengguna Instagram. Subjek penelitian berjumlah 226 mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, pengguna Instagram, berusia 18-22 tahun dari angkatan 2017 hingga 2019. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Harga Diri (39 aitem; α = 0,927) dan Skala Presentasi Diri Daring (19 aitem; α=0,851) yang disusun oleh peneliti. Analisis data menggunakan Spearmans’s Rho menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara harga diri dengan presentasi diri daring pada mahasiswa pengguna Instagram (r s =-0,046; p =0,491). Dapat disimpulkan bahwa pada mahasiswa pengguna Instagram, presentasi diri daring mereka di Instagram tidak berkorelasi dengan harga diri mereka. }, issn = {2829-1859}, pages = {127--135} doi = {10.14710/empati.2025.43094}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/43094} }
Refworks Citation Data :
Presentasi diri merupakan usaha menimbulkan kesan tentang dirinya kepada audien. Media sosial yang sering digunakan untuk mempresentasikan diri adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara harga diri dengan presentasi diri daring pada mahasiswa pengguna Instagram. Subjek penelitian berjumlah 226 mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, pengguna Instagram, berusia 18-22 tahun dari angkatan 2017 hingga 2019. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Harga Diri (39 aitem; α = 0,927) dan Skala Presentasi Diri Daring (19 aitem; α=0,851) yang disusun oleh peneliti. Analisis data menggunakan Spearmans’s Rho menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara harga diri dengan presentasi diri daring pada mahasiswa pengguna Instagram (rs=-0,046; p=0,491). Dapat disimpulkan bahwa pada mahasiswa pengguna Instagram, presentasi diri daring mereka di Instagram tidak berkorelasi dengan harga diri mereka.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JP]. The copyright form should be signed originally, scanned and uploaded as supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University