BibTex Citation Data :
@article{JTP47641, author = {Ahmad Zamzami and Imam Mulyatno and Ari Wibawa Santosa}, title = {Analisis Kekuatan Struktur Forward Ramp Door Pada Kapal Ro-Ro Jackwin Dengan Variasi Beban Menggunakan Finite Element Method}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {12}, number = {4}, year = {2024}, keywords = {;}, abstract = { Kekuatan struktur forward ramp door pada kapal ro-ro Jackwin 2919 GT perlu dianalisis karena mengalami perubahan variasi beban muatan berupa kendaraan. Penelitian ini menggunakan material KI-A36 dengan beban maksimal yang digunakan16 Ton pada posisi beban Front Wheel, All Wheel dan Rear Wheel dalam sudut kemiringan -10 o , 0 o , +10 o menggunakan finite element method. Hasil simulasi menunjukkan bahwa tegangan maksimum terjadi pada saat ramp door diberi beban truk 16 ton dengan beban pada semua roda (All Wheel) dan sudut ramp door 0°, dengan nilai von mises stress sebesar 224,1 MPa dan defleksi 15,27 mm. Sebaliknya, tegangan minimum terjadi pada saat ramp door diberi beban truk 4 ton dengan beban terletak di roda depan (Front Wheel) dan sudut ramp door -10°, dengan nilai von mises stress 46,62 MPa dan defleksi 2,910 mm. Safety factor yang di dapat struktur ini aman untuk operasi dengan beban hingga 12 Ton. Operasi optimal sebaiknya tidak melebihi beban 12 Ton karena Faktor keamanan pada beban 12 Ton berkisar 1,1 - 2,0, menunjukkan margin keamanan yang lebih kecil. Untuk beban yang lebih tinggi 16 Ton safety factor yang diperoleh dibawah 1, hal ini tidak memenuhi aturan tegangan ijin material sesuai pada BKI Volume II Section 2 sebesar 190 Mpa. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/47641} }
Refworks Citation Data :
Kekuatan struktur forward ramp door pada kapal ro-ro Jackwin 2919 GT perlu dianalisis karena mengalami perubahan variasi beban muatan berupa kendaraan. Penelitian ini menggunakan material KI-A36 dengan beban maksimal yang digunakan16 Ton pada posisi beban Front Wheel, All Wheel dan Rear Wheel dalam sudut kemiringan -10o, 0o, +10o menggunakan finite element method. Hasil simulasi menunjukkan bahwa tegangan maksimum terjadi pada saat ramp door diberi beban truk 16 ton dengan beban pada semua roda (All Wheel) dan sudut ramp door 0°, dengan nilai von mises stress sebesar 224,1 MPa dan defleksi 15,27 mm. Sebaliknya, tegangan minimum terjadi pada saat ramp door diberi beban truk 4 ton dengan beban terletak di roda depan (Front Wheel) dan sudut ramp door -10°, dengan nilai von mises stress 46,62 MPa dan defleksi 2,910 mm. Safety factor yang di dapat struktur ini aman untuk operasi dengan beban hingga 12 Ton. Operasi optimal sebaiknya tidak melebihi beban 12 Ton karena Faktor keamanan pada beban 12 Ton berkisar 1,1 - 2,0, menunjukkan margin keamanan yang lebih kecil. Untuk beban yang lebih tinggi 16 Ton safety factor yang diperoleh dibawah 1, hal ini tidak memenuhi aturan tegangan ijin material sesuai pada BKI Volume II Section 2 sebesar 190 Mpa.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License