skip to main content

Analisis Kekuatan Struktur Forward Ramp Door Pada Kapal Ro-Ro Jackwin Dengan Variasi Beban Menggunakan Finite Element Method

*Ahmad Zamzami  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kekuatan struktur forward ramp door pada kapal ro-ro Jackwin 2919 GT perlu dianalisis karena mengalami perubahan variasi beban muatan berupa kendaraan. Penelitian ini menggunakan material KI-A36 dengan beban maksimal yang digunakan16 Ton pada posisi beban Front Wheel, All Wheel dan Rear Wheel dalam sudut kemiringan -10o, 0o, +10o menggunakan finite element method. Hasil simulasi menunjukkan bahwa tegangan maksimum terjadi pada saat ramp door diberi beban truk 16 ton dengan beban pada semua roda (All Wheel) dan sudut ramp door 0°, dengan nilai von mises stress sebesar 224,1 MPa dan defleksi 15,27 mm. Sebaliknya, tegangan minimum terjadi pada saat ramp door diberi beban truk 4 ton dengan beban terletak di roda depan (Front Wheel) dan sudut ramp door -10°, dengan nilai von mises stress 46,62 MPa dan defleksi 2,910  mm. Safety factor yang di dapat struktur ini aman untuk operasi dengan beban hingga 12 Ton. Operasi optimal sebaiknya tidak melebihi beban 12 Ton karena Faktor keamanan pada beban 12 Ton berkisar 1,1 - 2,0, menunjukkan margin keamanan yang lebih kecil. Untuk beban yang lebih tinggi 16 Ton safety factor yang diperoleh dibawah 1, hal ini tidak memenuhi aturan tegangan ijin material sesuai pada BKI Volume II Section 2 sebesar 190 Mpa.

Fulltext View|Download
Keywords: ;
  1. A.I. Wulandari, N.W.D.Rahmasari, L.P.Adnyani, Alamsyah RJI. Fatigue Analysis Of 5000 GT Ferry Ro-Ro s Car Deck Using Finite Element Method. KAPAL J Mar Sci Technol. 2021;18(3):160–70
  2. N.F.Hidayat, I.P.Mulyatno H.Yudo. Analisa Kekuatan Struktur Stern Ramp Door KM.Gambolo dengan Variasi Beban Menggunakan Metode Elemen Hingga. Tek Perkapalan. 2017;5(1):181–8
  3. Alamsyah, A.I.Wulandari, M.U.Pawara, M.Y.Al-Hafidz. “Analisis kekuatan struktur ramp door haluan pada kapal Ferry Ro-Ro 1500 GT dengan variasi beban menggunakan Finite Element Method” Jurnal Teknik Mesin UM metro 2022
  4. Johan, I. P. Mulyatno and GR. Strength Analysis of Stern Ramp Door Construction of Steel Wire Rope System on Ro-Ro 500 GT Passenger Crossing Vessels Due to Static Loads Using the Finite Element Method. Tek Perkapalan. 2018;6(1):111–21
  5. Alamsyah, S.D. Nurcholik, Suardi, M.U. Pawarah, Jumalia. “The Strength and Fatigue Life analysis of Sedan Car Ramp of The Ferry Ro-Ro 5000 GT Using Finite Element Method” Kapal : Journal Of Marine Science and Technology.18(2)(2021):101-111
  6. H. Yudo, Kiryanro, A.F. Adha, R. Wibowo “Strength Analysis of LCT Lady Primus 39.5 m Ramp Door Structure Due to Changes in Tilt Angle Variations and Load Variations” International Journal of Marine Engineering Innovation and Research, Vol. 8(2), Jun. 2023. 124-132
  7. Khusna. D, Indra. 2008. Teknik Konstruksi Kapal Baja. Jilid 1
  8. Dokkum, van Klaas. 2003. “Ship Knowledge – A Modern Encyclopedia”, Dokmar, The Netherlands
  9. E. P. Popov, S. Nagarajan, and Z. A. Lu, Mekanika teknik:(Mechanics of materials). Penerbit Erlangga, 1986
  10. L. L. Daryl, “A first course in the finite element method,” p. C. Incl. Bibliogr. Ref. index, 2007
  11. S. H. Samudro, H. Yudo, and A. F. Zakki, “Analisa Kekuatan Struktur Stern Ramp Door pada Kapal Ferry Ro-Ro 1000 GT,” J. Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 4, 2019
  12. BKI, “Rules For Hull,” Rules Classif. Constr., vol. II, 2018

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.