skip to main content

Analisa Stabilitas Kapal General Cargo 11280 DWT Dengan Rute Pelayaran Surabaya - Makassar

*Harjito Prayitno Mukti  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Kapal general cargo adalah kapal yang mengangkut bermacam-macam muatan berupa barang. Barang yang diangkut biasanya merupakan barang yang sudah dikemas. Kapal general cargo dilengkapi dengan crane pengangkut barang untuk memudahkan bongkar-muat muatan. Pada penelitian ini direncanakan desain lambung kapal. Ukuran utama kapal didapatkan dengan menggunakan metode regresi yang didasarkan pada data 10 kapal pembanding. Penelitian ini juga dilakukan dengan berbagai kondisi muatan. Tujuannya adalah untuk mendapat nilai GZ dan periode oleng yang sesuai dengan standar kriteria umum. Metode yang digunakan adalah dengan membuat model 3D dari ukuran utama kapal yang sudah didapatkan, nantinya akan digunakan untuk menganalisa stabilitas. Hasil alternatif ukuran utama kapal didapatkan panjang kapal keseluruhan (Loa) = 139,1 m, panjang kapal (Lpp) = 132,48 m, lebar kapal (B) = 19,48 m, tinggi kapal (H) = 11,68 m, sarat kapal (T) = 8,18 m, dan kecepatan dinas (Vs) = 13,57 knot, Cb = 0,76, Cm = 0,99, Cp = 0,77, Cw = 0,85, displacement = 11280 ton. Hasil dari analisa kemudian disesuaikan dengan kriteria IMO A.749 (18) untuk stabilitas. Dari analisa stabilitas didapatkan nilai GZ maksimum kapal = -0,040 m pada 90 deg dengan nilai GM = -0,705 m. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa kapal ini tidak layak secara stabilitas sehingga tidak aman untuk digunakan mengangkut barang muatan.
Fulltext View|Download
Keywords: stabilitas, general cargo, maxsurf
  1. H. Ivandri, I. P. Mulyatno, and Kiryanto, “Jurnal Teknik Perkapalan,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 4, p. 785, 2022
  2. S. Ali and R. Japri, “Perancangan Bangunan Kapal General Cargo 17000 Dwt Untuk Rute Pelayaran Jakarta - Semarang,” Zo. Laut J. Inov. Sains Dan Teknol. Kelaut., vol. 2, no. 1, pp. 20–24, 2021, doi: 10.62012/zl.v2i1.13481
  3. A. Adrian, B. Arswendo, and A. B. S. Wibawa, “Perancangan Kapal General Cargo 7000 Dwt Sebagai Sarana Tol Laut Untuk Wilayah Indonesia Bagian Barat,” Dep. Nav. Archit., vol. 4, no. 3, pp. 586–595, 2016
  4. H. Triyanto, B. A. A, and Samuel, “Perancangan Kapal General Cargo 3292 Dwt Rute Pelayaran ‘Jakarta-Hongkong,’” J. Tek. Perkapalan, vol. 3, no. 2, pp. 213–221, 2015
  5. R. A. Nabawi, S. Syahril, and S. Salmat,“Stability Study of Flat Hull Ship for Fishing Tourism,” Teknomekanik, vol. 3, no. 2, pp. 80–85, 2020, doi: 10.24036/teknomekanik.v3i2.9272
  6. P. K. D. N. Y. Putra, B. H. Iskandar, and Y. Novita, “Using Length of Bilge Keel to Length of Waterline Ratio to Reduce Ship Rolling Motion,” Eng. Technol. Appl. Sci. Res., vol. 8, no. 2, pp. 2731–2734, 2018, doi: 10.48084/etasr.1861
  7. Asiva Noor Rachmayani, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” p. 6, 2015
  8. C. B. Barrass and D. R. Derrett, “Ship Stability for Masters and Mates, Seventh Edition,” Sh. Stab. Masters Mates, Seventh Ed., pp. 1–567, 2012, doi: 10.1016/C2010-0-68323-4
  9. G. W. Kayadoe, H. V. Dien, and R. D. C. Pamikiran, “Kajian tentang stabilitas KM. Surya Prima yang dibuat di Desa Borgo, Kec. Tanawangko, Kab. Minahasa,” J. Ilmu Dan Teknol. Perikan. Tangkap, vol. 2, no. 1, pp. 19–22, 2015, doi: 10.35800/jitpt.2.1.2015.8330
  10. N. S. A. Shahrom et al., “Feasibility study of monsoon effect on wave power for wave energy converter in Sabah, Malaysia,” Trans. Marit. Sci., vol. 10, no. 2, pp. 396–403, 2021, doi: 10.7225/toms.v10.n02.w05
  11. D. Jin, H. L. Kite-Powell, E. Thunberg, A. R. Solow, and W. K. Talley, “A model of fishing vessel accident probability,” J. Safety Res., vol. 33, no. 4, pp. 497–510, 2002, doi: 10.1016/S0022-4375(02)00050-6
  12. R. H. Ardiansyah, Samuel, and I. P. Mulyatno, “Analisa Stabilitas Kapal Roro Passanger 5000GT Merak-Bakauheni Dengan Variasi Lebar Dan Panjang Bilge Keel,” Tek. Perkapalan, vol. 2, no. 3, pp. 345–351, 2014
  13. J. V. Taboada and H. G. Lemu, “Analysis of wave energy sources in the north atlantic waters in view of design challenges,” Proc. Int. Conf. Offshore Mech. Arct. Eng. - OMAE, vol. 6, no. October, 2016, doi: 10.1115/OMAE2016-54042
  14. K. Kiryanto and S. Samuel, “Analisa Hidrostatis Dan Stabilitas Pada Kapal Motor Cakalang Dengan Modifikasi Penambahan Kapal Pancing,” Kapal J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Kelaut., vol. 11, no. 2, pp. 62–68, 2014
  15. K. Pengangkut and I. Hidup, Stabilitas
  16. R. Al Usman, Sistem Ballast. 2021
  17. C. A. Adhitama, E. S. Hadi, and S. Jokosisworo, “Analisa Stabilitas Dan Olah Gerak (Seakeeping) Kapal Pada MV. Pan Marine Setelah Dikonversi Dari Kapal Kru Menjadi Kapal Wisata,” J. Tek. Perkapalan, vol. 07, no. 1, pp. 37–48, 2019
  18. I. A. Bintoro, B. H. Iskandar, Y. Novita, and M. Imron, “Vol . 8 No . 1 April 2013 POTENSI CNG ( COMPRESSED NATURAL GAS ) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN BAKAR KAPAL PENANGKAP IKAN BERUKURAN PANJANG 11 M CNG ( COMPRESSED NATURAL GAS ) POTENTION AS AN FUEL ALTERNATIVE FOR 11 M LONG FISHING SHIP,” vol. 8, no. 1, pp. 9–16, 2013

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.