skip to main content

Perancangan Kapal Katamaran Untuk Penyeberangan Lombok - Bali

*Wahyu Alfian  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain kapal katamaran untuk penyeberangan antara Pulau Bali dan Pulau Lombok. Desain kapal dilakukan dengan menggunakan metode parametric study dan mempertimbangkan data kapal pembanding serta rute operasional kapal. Selain itu, analisis hambatan kapal juga dilakukan menggunakan metode Slender Body. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran utama kapal yang sesuai adalah panjang 75.3 meter, lebar 19.9 meter, dan draft 3.1 meter. Rencana umum kapal juga telah dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan ruangan dan fungsi kapal. Selanjutnya, analisis stabilitas kapal dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak khusus dan mengacu pada kriteria stabilitas IMO A.749. Hasil analisis menunjukkan bahwa kapal memenuhi kriteria stabilitas yang ditentukan. Dengan demikian, desain kapal katamaran ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi laut dalam penyeberangan antara Pulau Bali dan Pulau Lombok.


Fulltext View|Download
Keywords: Kapal Penyebrangan, Katamaran, Ukuran Utama, Perancangan Kapal
  1. K. Wijaya and K. Kunci, “Masa Depan Pariwisata Bali ( Perspektif Permasalahan Dan Solisinya ),” Jurnal Riset dan Ekonomi Manajemen, vol. 15, no. 1, pp. 118–135, 2015
  2. P. Irfan and A. Apriani, “Analisa Strategi Pengembangan E-Tourism Sebagai Promosi Pariwisata Di Pulau Lombok,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, no. 3, pp. 325–330, 2017, doi: 10.33096/ilkom.v9i3.164.325-330
  3. Y. Pratomo et al., “Potensi Energi Arus Laut Sebagai Energi Terbarukan Di Selat Lombok Berdasarkan Data INSTANT West Mooring Deployment 1 Ocean Current for the Potential Renewable Energy in Lombok Strait Based on INSTANT West Mooring Deployment 1 Data,” vol. 14, no. 2, pp. 121–128, 2016
  4. D. D. Andilas and L. A. Yanggana, “Pelaksanaan Program Tol Laut Pt Pelayaran Nasional Indonesia,” Jurnal Manajemen Transportasi Dan Logistik, vol. 4, no. 1, p. 1, 2017, doi: 10.25292/j.mtl.v4i1.36
  5. J. H. EVANS, “BASIC DESIGN CONCEPTS,” Journal of the American Society for Naval Engineers, vol. 71, no. 4, pp. 671–678, Nov. 1959, doi: https://doi.org/10.1111/j.1559-3584.1959.tb01836.x
  6. M. Santoso, “Studi Perancangan Kapal Ferry Tipe Catamaran 1000Gt,” Studi Perancangan Kapal Ferry Tipe Catamaran 1000Gt, vol. 12, no. 2, pp. 69–77, 2015, doi: 10.12777/kpl.12.2.69-77
  7. M. SEIF and E. Amini, “Performance comparision between planing monohull and catamaran at high froude numbers,” vol. 28, Aug. 2004
  8. H. Ghassemi, H. Bahrami, A. Vaezi, and M. A. Ghassemi, “Minimization of Resistance of the Planing Boat by Trim-tab "Minimization of Resistance of the Planing Boat by Trim-tab,” International Journal of Physics, vol. 7, no. 1, pp. 21–26, 2019, doi: 10.12691/ijp-7-1-4
  9. M. Iqbal and Samuel, “Traditional catamaran hull form configurations that reduce total resistance,” International Journal of Technology, vol. 8, no. 1, pp. 989–997, 2017, doi: 10.14716/ijtech.v8i1.4161
  10. A. Francescutto, “Intact Stability Criteria Of Ships -Past, Present And Future,” Ocean Engineering, vol. 120, pp. 312–317, 2016, doi: 10.1016/j.oceaneng.2016.02.030
  11. A. Papanikolaou, “Ship Design: Methodologies Of Preliminary Design,” Springer, 2014

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.