skip to main content

Implementasi Metode Critical Chain Project Management (CCPM) Pada Proses Reschedule Kapal TB. Anugrah Lestari 02 dan BG. Alika 102

*Muhammad Hafids Bahtiar  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Andi Trimulyono  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Peran kapal sangat terlihat dalam proses transportasi manusia maupun barang. Sehingga kinerja kapal harus diperhatikan, untuk meningkatkan kinerja dan mutu sebuah kapal diperlukan proses pemeliharaan dan perbaikan kapal untuk mempertahankan kualitas dan status layak jalan dari suatu kelas. Dalam penelitian ini menggunakan metode Critical Chain Project Management (CCPM). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan diagram jadwal jaringan yang baru, mengetahui total durasi waktu penerapan metode ccpm , mengetahui durasi waktu dan penambahan waktu Buffer, mengetahui urutan kritis, dan menghitung produktivitas.Buffer time pada critical chain berfungsi untuk mengantisipasi jika terdapat hal-hal yang tidak pasti pada pelaksanaan suatu proyek Hasil penelitian diperoleh 20 rangkaian kritis dari 56 kegiatan pada diagram jaringan, total waktu durasi yang didapat selama 28 hari, lebih cepat 11 hari dari jadwal sebelumnya. Hasil yang diperoleh dari perhitungan penyangga proyek sebesar 9,15 hari, apabila seluruh penyangga ditambahkan pada waktu pelaksanaan maka waktu penyelesaian proyek menjadi lebih lama dari waktu yang direncanakan. Hasil perhitungan produktivitas individu memperoleh percepatan sebesar 50% dilihat dari perbandingan waktu sebelum dan sesudah menggunakan metode ccpm pada Rantai kritis tanpa memperhatikan pendahulu.

Fulltext View|Download
Keywords: Reparasi Kapal, Critical Chain Project Management (CCPM), Network Diagram, Buffer Time.
  1. N. RANI, “Analysis of Improving the Ship Repair Service,” 2016
  2. B. Proboyo, “Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek : Klasifikasi dan Peringkat dari Penyebab-penyebabnya (Project Implementation Delay : Causes Classification and Ratings),” Dimens. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 49–58, 1999
  3. E. M. Goldratt, Critical chain: A business novel. Routledge, 2017
  4. A. Somantri, “Studi tentang Perencanaan Waktu dan Biaya Proyek Penambahan Ruang Kelas di Politeknik Manufaktur pada PT. Haryang Kuning.” Universitas Widyatama, 2005
  5. M. F. Iqbal, A. W. B. Santosa, and A. Trimulyono, “Reschedule Reparasi Kapal TB. Pancaran 811 Dan BG. Alika 101 Dengan Shop Level Planning and Scheduling Menggunakan Metode Critical Chain Project Management (CCPM),” J. Tek. Perkapalan, vol. 11, no. 2, 2023
  6. J. Hasil, K. Ilmiah, S. Niken, R. Maulida, P. Mulyatno, and O. Mursid, “Optimalisasi Repair Schedule Dengan Metode Critical Chain Project Management Guna Mempercepat Pengerjaan Repair Pada KM Srikandi Line 767 DWT,” J. Tek. Perkapalan, vol. 11, no. 1, pp. 90–96, 2023, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval
  7. T. A. Sudarminto, U. Budiarto, and S. Jokosisworo, “Implementasi Perbandingan Critical Chain Project Management dengan Critical Path Method Repowering Kapal MV. Sinar Ambon,” Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 2, pp. 421–430, 2017
  8. W. Utama and B. Syairudin, “Perencanaan dan Pengendalian Proyek Konstruksi dengan Metode Critical Chain Project Management dan Root Cause Analysis,” J. Tek. ITS, vol. 9, no. 2, pp. F157–F163, 2021
  9. J. S. Hutapea, I. P. Mulyatno, and P. Manik, “Studi Penjadwalan Ulang Pekerjaan Reparasi Pada Kapal MV. Awu Dengan Network Diagram Dan Critical Path Method (CPM),” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 4, pp. 555–562, 2020
  10. R. C. Newbold, Project management in the fast lane: applying the theory of constraints. CRC Press, 1998
  11. Y. T. Andhani and I. P. Mulyatno, “Reschedule Reparasi Kapal KN. KUMBA 470 DWT Dengan Critical Path Method Di Galangan Semarang,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 3, pp. 231–238, 2020

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.