skip to main content

Analisis Antrian dan Waktu Tunggu Terminal Peti Kemas Semarang

*Fikri Arrasyid  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Wilma Amiruddin scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ahmad Firdhaus scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Waktu tunggu kapal diartikan sebagai jumlah waktu yang dihabiskan sejak permohonan pengajuan tambat setelah kapal tiba di lokasi pelabuhan sampai kapal di gerakkan menuju tambatan. Peningkatan arus peti kemas di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) per tahunnya berbanding lurus dengan peningkatan jumlah kapal yang dapat menimbulkan antrian kapal apabila tidak dilakukan penyesuaian pada fasilitas pelabuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis antrian kapal yang terjadi di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) pada kondisi aktual serta kondisi mendatang serta simulasi untuk menentukan jumlah server paling optimal. Model antrian yang berlaku di Terminal Peti Kemas adalah model Multiple Channel Single Phase. Penelitian ini menggunakan 2 metode analisis, yaitu metode peramalan dengan menggunakan Triple Exponential Smoothing untuk mengetahui jumlah kedatangan kapal di masa mendatang serta metode analisis antrian untuk mengetahui waktu tunggu dan utilitas server antrian yang terjadi di Terminal Peti Kemas Semarang pada kondisi aktual serta kondisi mendatang. Berdasarkan hasil analisis antrian pada Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) jumlah server paling optimal untuk menampung kedatangan kapal hingga tahun 2026 adalah 5 server.

Fulltext View|Download
Keywords: Waktu Tunggu, Utilitas Server, Multiple Channel Single Phase
  1. D. A. Lasee, Manajemen Kepelabuhanan. Jakarta: Rajawali Press, 2014
  2. D. Gross, J. F. Shortle, J. M. Thompson, and C. M. Harris, Fundamentals of Queueing Theory . New Jersey: John Wiley and Sons, 2008
  3. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan. Indonesia, 2011
  4. L. Hilier, Introduction to Operations Research, 2nd ed. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008
  5. F. A. Perdana, “Karakteristik Antrian Kapal dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Kapal (Waiting Time) di Pelauhan Tanjung Perak,” Rekayasa Sipil, vol. 11, no. 3, 2017
  6. Y. L. Romawan, “The Influence of Crane and Pilotage Service Toward Vessel Waiting Time at Terminal Petikemas Semarang Branch Pelabuhan Indonesia III,” Business and Admition, State Polytechnic of Semarang, vol. 22, no. 2, pp. 119–128, 2021
  7. N. Djamal and H. E. Maulana, “Analisis Antrian Kapal di dermaga 5 Pelabuhan Banten,” INTECH Teknik Industri Universitas Serang, vol. 4, no. 1, pp. 33–37, 2018
  8. J. Matasik, Khaeruddin, and A. Ribal, “Simulasi Antrian di Pelabuhan (Studi Kasus : Pelabuhan Soekarno),” Hasanuddin University Repository, 2016
  9. D. C. Montgomery, C. J. Jennings, and M. Kulahci, Introduction to Time Series Analysis and Forecasting, 2nd ed. New Jersey: John Wiley & Sons Inc., 2015
  10. S. Makridakis, S. C. Wheelwright, and V. E. McGee, Metode dan Aplikasi Peramalan, vol. 1. Jakarta: Erlangga, 1999
  11. G. Casella and R. L. Berger, Statistical Inference, 2nd ed. Pacific Grove: Duxbury Press, 2002
  12. S. Singgih, Metode Peramalan Bisnis Masa Kini dengan Minitab dan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2009
  13. J. D. Ramadhan, F. Agus, and I. F. Astuti, “Simulasi Sistem Antrian dengan Metode Multiple Channel Single Phase,” Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, 2017
  14. I. Hoerunisa and Sukanta, “Penerapan Model Antrian Multi Channel Single Phase pada SPBU Sempu Jurong Cikarang Utara,” Jurnal Pendidikan dan Aplikasi Industri, vol. 8, no. 1, 2021
  15. C. I. Nawawi, S. Anwar, T. Supriatiningsih, and I. Purnaningratri, “Analysis of The Influence of Ship Scheduling, Guideline Services, Weather, and Loading Equipment Readiness on Ship Waiting Time in Port,” Asian Journal of Aquatic Sciences, vol. 5, no. 3, pp. 440–446, 2022

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.