skip to main content

Analisa Teknis Kapal Ikan Tradisional 75 GT Tipe Batang

*M. Nafis Setiawan  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Kapal ikan kayu tradisional daerah Batang pada umumnya dibangun menggunakan pengetahuan secara turun temurun sehingga memungkinkan terjadinya beberapa perbedaan karakteristik teknis dalam tinjauan akademiknya. Pada penelitian ini dilakukan analisis teknis terhadap kapal ikan kayu tradisional berukuran 75 GT yang telah eksis di daerah Batang. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis teknis berupa analisis hambatan, stabilitas serta olah gerak kapal untuk mengetahui karakteristik kapal ikan yang dianalisis. Hasil penelitian membuktikan bahwa kapal ikan kayu tradisional 75 GT yang dianalisis memiliki hambatan total sebesar 17,7 kN pada kecepatan 11 knot, stabilitas yang dianalisis berdasarkan empat kondisi dinyatakan telah sesuai dengan kriteria IMO, dan untuk olah gerak kapal yang dianalisis menggunakan kriteria Tello telah memenuhi seluruh kriteria kecuali deck wetness kapal. Kemiringan terbesar terjadi pada rolling dengan nilai 4,05 deg, dan nilai probabilitas deck wetness terbesar terjadi pada gelombang 1,25 meter dan sudut masuk 90° dengan nilai 0,508.
Fulltext View|Download
Keywords: Kapal Ikan; Batang; Analisa Teknis
  1. I. R. Anggraeni, A. N. Bambang, and I. Setiyanto, “Analisis Sosial Ekonomi Penangkapan Ikan di TPI Roban Timur Kabupaten Batang,” Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, vol. 7, no. 3, pp. 9–13, Aug. 2018
  2. B. Sa’ Dana, W. Amiruddin, and A. W. B. Santosa, "Analisa Teknis Dan Ekonomis Modifikasi Desain Lambung Kapal Ikan Tradisional 30 GT Tipe Batang," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 5, no. 4, Dec. 2017
  3. M. Rahmawati, A. D. Purnama Fitri, and D. Wijayanto, "Analisis Hasil Tangkapan Per Upaya Penangkapan Dan Pola Musim Penangkapan Ikan Teri (Stolephorus Spp.) Di Perairan Pemalang," Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, vol. 2, no. 3, pp. 213-222, Aug. 2013
  4. W. Suryotanjung, W. Amiruddin, and G. Rindo, "Analisa Teknis Kapal Ikan 33 GT Tipe Slerek," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 8, no. 1, pp. 113-119, Dec. 2019
  5. M. H. Sidiq, D. Chrismianto, and I. P. Mulyatno, "Analisa Olah Gerak Dan Kekuatan Kapal Ikan PVC 15 GT di Laut Jawa," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 7, no. 1, Jan. 2019
  6. M. Enrico, D. Chrismianto, and A. W. B. Santosa, "Analisa Stabilitas dan Olah Gerak Kapal Ikan Tradisional Terhadap Penggantian Alat Tangkap Cantrang Menjadi Bottom Longline Untuk Daerah Batang," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 5, no. 4, Dec. 2017
  7. D. Siswanto, Teori Tahanan Kapal I Fakultas Teknologi Kelautan. Surabaya: Institut Teknologi 10 November, 1988
  8. International Maritime Organization, “Intact Stability Code (IS Code),” no. 01, p. 4, 2008
  9. I. Ibinabo and D. T. Tamunodukobipi, “Determination of the Response Amplitude Operator(s) of an FPSO,” Engineering, vol. 11, no. 09, pp. 541–556, 2019, doi: 10.4236/eng.2019.119038
  10. M. Tello, S. Ribeiro E Silva, and C. Guedes Soares, “Seakeeping performance of fishing vessels in irregular waves,” Ocean Engineering, vol. 38, no. 5–6, pp. 763–773, Apr. 2011, doi: 10.1016/j.oceaneng.2010.12.020

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.