skip to main content

Analisa 2nd Generation Intact Stability Criteria fenomena Parametric Rolling pada Kapal Tanker di Wilayah Perairan Indonesia

*Aldino Ihsan  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
IS-Code 2008 dirancang dengan data penelitian yang berumur sudah lebih dari 50 tahun. Data kecelakaan terbaru menunjukkan banyaknya kelemahan rules tersebut, diantaranya tidak dapat mendeteksi fenomena kegagalan seperti parametric rolling. 2nd Generation Intact Stability criteria (SGISc) adalah rules baru yang tengah dikembangkan oleh IMO untuk menggantikan IS-Code 2008. Pada saat penulisan, SGISc bersifat disarankan untuk digunakan, untuk memperoleh data pendukung selama proses finalisasi oleh IMO. Data penelitian yang mengaplikasikan rules ini di perairan Indonesia masih sangat minim, sedangkan untuk penelitian diluar Indonesia sudah banyak. Sehingga pada tugas akhir ini penulis bertujuan untuk menerapkan aturan baru tersebut pada kapal yang berada di perairan Indonesia, lebih tepatnya pada kapal tanker 6500 LTDW dan 17500 LTDW. Berdasarkan penelitian, kedua kapal lolos untuk level 1 dengan nilai ∆GM/GM < 0,17 untuk kedua kapal. Pada level 2, kedua kapal memenuhi kriteria dimana nilai 1st check C1 dan second check C2 < 0.06, ini terjadi pada semua kondisi permuatan. Level 2 merupakan penentu akhir dari SGISc fenomena parametric rolling. Apabila kapal memenuhi kriteria level 2 ini, maka kapal dianggap tidak rentan terhadap fenomena kegagalan parametric rolling.
Fulltext View|Download
Keywords: Analisa Stabilitas; Parametric Rolling; 2nd Generation Intact Stability Criteria
  1. F. Grinnaert, "Analysis and implementation of second generation criteria in a stability computer code," Université de Bretagne occidentale, Brest, 2017
  2. Z. Szozda, "Examples of weaknesses of the 2nd Generation Intact Stability Criteria," Scientific Journals, vol. 40, no. 112, pp. 80-87, 2014
  3. A. Francescutto, "Intact stability criteria of ships – Past, present and future" Ocean Engineering, vol. 120, pp. 312-317, 2016
  4. N. Petacco and P. Gualeni, "IMO Second Generation Intact Stability Criteria: General Overview and Focus on Operational Measures," Journal of Marine Science and Engineering, pp. 1-20, 2020
  5. S. Kruger, H. Hatecke, H. Billerbeck, A. Bruns and F. Kluwe, "Investigation of the 2nd Generation of Intact Stability Criteria for Ships Vulnerable to Parametric Rolling in Following Seas," in ASME 2013 32nd International Conference on Ocean, Offshore and Arctic Engineering, Nantes, 2013
  6. W. Peters, V. Belenky, C. Bassler, K. Spyrou, N. Umeda, G. Bulian and A. B, "The Second Generation Intact Stability Criteria: An Overview of Development," Transactions - Society of Naval Architects and Marine Engineers, pp. 1-29, 2014
  7. M. Gu, J. Lu, S. Bu, J. Chu, K. Zeng and T. Wang, "The Second Generation Intact Stability Criteria," Encyclopedia of Ocean Engineering, 2021
  8. IMO, "RESOLUTION MSC.267(85)," in IMO, 2008
  9. M. Acanfora and A. Cirillo, "On the intact stability of a ship in head and following sea: an analysis of the dynamic roll angle due to sudden heeling moments," Journal of Marine Science and Technology, no. 22, pp. 734-736, 2017
  10. N. Umeda, "Current Status of Second Generation Intact Stability Criteria Development and Some Recent Efforts," in International Ship Stability Workshop 2013, Brest, 2013
  11. C. Wandji and P. Corrignan, "Test Application of Second Generation IMO Intact Stability Criteria on a Large Sample of Ships," in 11th International Conference on the Stability of Ships and Ocean Vehicles, Brest, 2012

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.